Jurnal Retur Penjualan Beserta Jenis dan Contohnya

Pernah mengalami retur dalam usaha? Hal ini wajar terjadi, apabila Anda kurang teliti dalam pengiriman barang baik sebagai pembeli atau penjual, banyak jenis retur itu sendiri salah satunya jurnal retur penjualan.

Dalam konsep dasar akuntansi memuat juga tentang pencatatan yang benar terutama dalam transaksi jual-beli barang. Anda sebagai pebisnis juga perlu mengetahui risikonya dan cara pencatatannya ketika terjadi pengembalian barang atau yang biasa disebut retur.

Adanya kebijakan retur penjualan tersebut dapat menjamin konsumen dan penjual untuk tetap saling menguntungkan dan tidak saling merugikan.  Tentu alasan retur penjualan dilakukan karena barang yang dikirim dan diterima oleh konsumen tidak sepenuhnya lengkap atau bahkan rusak. Untuk itu perlunya Anda dapat mengetahui jenis transaksi apa saja yang berkaitan dengan jurnal retur penjualan serta pencatatannya, mari kita pelajari selengkapnya.

Apa Jurnal Retur Penjualan?

Jurnal retur penjualan dalam hal entri jurnal penggajian dapat diartikan sebagai yang akan digunakan untuk menghitung retur pelanggan dalam pembukuan atau untuk mempertanggungjawabkan ketika ada pengembalian barang yang dijual oleh pelanggan karena barang yang dijual cacat atau ketidakcocokan dalam kebutuhan pelanggan.

Pada pencatatan retur penjualan, akun piutang atau tagihan oleh pihak penjual kepada pihak pembeli menjadi berkurang. Setelah itu pencatatan retur penjualan pada jurnal keua ngan, di bagian sisi kolom debit terdapat akun retur penjualan sedangkan piutang dagang dicatat pada sisi kredit.

Dalam menjual produk yang sesuai dan diinginkan oleh konsumen merupakan fokus utama khususnya dalam perusahaan dagang. Ketika kegiatan Anda dalam mengelola stok produk hingga keamanan produk tidak terjaga secara profesional, usaha yang Anda kembangkan saat ini bisa saja berakhir dengan kerugian yang besar.

Oleh sebabnya, Anda membutuhkan sebuah jasa dalam mengontrol dan memantau stok barang dan pelaporan retur barang maupun invoice secara otomatis yang bisa memudahkan seluruh kegiatan bisnis usaha Anda.

Baca Juga : Pahami 4 Jenis Jurnal Penjualan dan Cara Pencatatannya

Jenis Transaksi Retur Penjualan

Pada sebuah transaksi jual-beli, pihak perusahaan dapat membagi 3 jenis retur penjualan yaitu :

• Terdapat retur penjualan yang mengembalikan kas pihak pembeli.

• Terdapat retur penjualan yang mengurangi piutang pihak pembeli.

• Terdapat retur penjualan untuk mengganti barang yang rusak dari pihak pembeli dengan barang baru.

Tentu adanya transaksi retur tersebut dapat berkaitan dengan faktur pembelian dan penjualan, sehingga mengurangi risiko kerugian dalam bisnis. Sebaiknya pebisnis atau pihak penjual dapat lebih memperhatikan jenis dan spesifikasi barang yang akan dikirimkan supaya resiko tersebut tidak terlalu merugikan.

UU No.8 Tahun 1999 (Bab 1 Pasal 1: 1-3)

Tentang Perlindungan Konsumen

1.Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen.

2. Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan.

3. Pelaku usaha adalah setiap orang perseorangan atau badan usaha, baik yang berbentuk badan hukum maupun bukan badan hukum yang didirikan dan berkedudukan atau melakukan kegiatan dalam wilayah hukum negara Republik Indonesia, baik sendiri maupun bersama-sama melalui perjanjian menyelenggarakan kegiatan usaha dalam berbagai bidang ekonomi.

Sehingga ketika sejak awal ada kesengajaan pengiriman dari penjual untuk mengirimkan barang yang rusak atau barang yang salah, maka pembeli tetap dijaga oleh UU tentang perlindungan konsumen dan penjual yang melanggar dapat terkena sanksi hukum yang sesuai dengan ketentuan.

Contoh Retur Penjualan

Pada dasarnya setiap perusahaan dagang telah meyiapkan retur yang bisa saja terjadi pada masa yang akan datang. Jika diperhatikan retur penjualan ini mempunyai kriteria seperti retur penjualan yang mengurangi piutang, retur penjualan dengan mengembalikan kas serta retur penjualan yang menggantikan barang lagi dan perkiraan retur penjualan.

Jurnal Retur Penjualan

PT Sentra Jaya mengestimasi retur penjualan yang akan terjadi sepanjang tahun 2020 ialah 20% dari penjualan. Di tanggal 1 Januari PT Sentra Jaya menjual barang seharga Rp 20.000.000 kepada PT Awan secara kredit. Ternyata di bulan Maret 2020 PT Awan melakukan retur ke PT Sentra Jaya dengan alasan ketiakpuasan senilai Rp 400.000. Berikut contoh pembuatannya.

Contoh Jurnal Retur Penjualan

Kesimpulan

Dalam akuntansi akan berlaku ketika pendapatan dikurangi dari ekuitas dan Aset berkurang baik dalam bentuk kas atau piutang.

Selanjutnya, ketika persediaan dan harga pokok penjualan disesuaikan, yang satu dinaikkan dan yang kedua dikurangi, semua menjadi milik ekuitas dan oleh karena itu neraca dihitung.

Retur penjualan harus diperhitungkan untuk suatu waktu karena mungkin ada kasus di mana perusahaan mungkin meningkatkan penjualan dan mencatat pengembalian dalam periode akuntansi berikutnya.

Sekarang ini untuk mempermudah Anda dalam mencatat jurnal penjualan dan juga mencatat laporan keuangan, maka Anda bisa menggunakan software akuntansi dari MASERP. Tidak hanya untuk pencatatan transaksi penjualan atau laporan keuangan, MASERP juga bisa membantu Anda untuk mengelola bisnis yang dijalani.

Apalagi MASERP juga sudah dilengkapi dengan banyak fitur modul seperti persediaan, pembelian, dan penjualan. Sehingga ini nantinya bisa memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelola kegiatan bisnis.

Anda tidak perlu lagi melakukannya secara manual yang bisa memungkinkan adanya kesalahan. Hanya dengan menginput beberapa data yang diperlukan, maka Anda bisa langsung mendapatkan laporan keuangan yang praktis, akurat, dan cepat.

Hal ini tentu saja akan memudahkan proses kegiatan akuntansi di perusahaan, sehingga semuanya bisa tertata dengan rapi, detail, dan baik. Jika laporan keuangan dibuat dengan baik, maka itu bisa digunakan dan dibaca sebagai bahan evaluasi untuk perkembangan perusahaan kedepannya.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga : Jurnal Khusus dan Jurnal Umum Yang Harus Anda Ketahui

New call-to-action