Indonesia Berlaga di Olympic Games Tokyo 2020!

Akhir-akhir ini banyak kita sedang menyambut ajang olah raga yaitu Olympic Games Tokyo 2020. Tetapi apakah kalian tahu apa itu Olympic Games? Olympic Games dalam bahasa Prancis “les Jeux Olympiques” merupakan ajang olahraga yang paling dinantikan oleh para pecinta olahraga, yang digelar setiap empat tahun sekali.

Pada awalnya, olimpiade identik dengan cabang atletik di masa Yunani Kuno sejak 3000 tahun lalu dan diadakan setiap empat tahun selama festival keagamaan bertujuan untuk menghormati dewa Yunani Zeus. Dimana, moto olimpiade dalam bahasa Latin yaitu Citius, Altius, Fortius yang artinya lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat.

Semboyan tersebut diperkenalkan Bapak Olimpiade yaitu Baron Pierre de Coubertin pada akhir abad XIX. Di awal Olympic Games, pertandingan yang diadakan juga masih terbatas seperti lomba lari, kemudian ditambahkan olahraga baru seperti tinju, balap kuda, dan kompetisi militer.

Di masa sekarang, ada berbagai cabang olahraga yang dipertandingkan dan diikuti oleh ribuan atlet diantaranya olahraga musim panas dan musim dingin seperti basket, berenang, sepak bola, bulu tangkis, voli, tolak peluru, dan sebagainya.

Mengutip dari Channel News Asia, Olympic Tokyo 2020 diikuti oleh ribuan atlet dari berbagai negara yang akan bertanding di berbagai cabang olahraga dan akan ditambahkan 5 cabang olahraga baru seperti skateboarding, selancar, baseball, panjat tebing, dan karate. Di mana penambahan cabang olahraga atas permintaan dari Jepang selaku tuan rumah dan sudah mendapat persetujuan dari International Olympic Committee.

International Olympic Committee / IOC sebagai pembuat keputusan bertanggung jawab untuk mengatur dan menentukan program Olimpiade seperti cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Olimpiade, menentukan kota tuan rumah untuk Olympic selanjutnya, dan mendanai Olympic sesuai dengan Piagam Olympic. Dimana pemenang akan mendapatkan medali emas, perak, dan perunggu.

Kamu tahu tidak kapan Indonesia pertama kali ikut berpartisipasi pada Olimpiade? Indonesia pertama kali ikut berpartisipasi dalam Olimpiade Helsinki 1952 di Finlandia. Sejak saat itu, Indonesia pernah dua kali tidak mengikuti Olimpiade diantaranya Olimpiade Tokyo 1964 dan Olimpiade Moskow 1980 karena boikot berkaitan dengan perang antara Soviet dan Afganistan. Selain itu, Indonesia secara rutin mengikuti Olimpiade musim panas.

Pada Olyimpic Games Tokyo 2020 Indonesia memberangkatkan sebanyak 28 atlet dan 17 ofisial dari 8 cabang olahraga (cabor).

Delapan cabor ini sudah sepenuhnya siap bertanding secara sportif dan berpotensi meraih medali juara. Kedelapan cabor tersebut yaitu atletik, panahan, rowing, menembak, bulu tangkis, angkat besi, renang, dan selancar.

Daftar 28 Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Bulu Tangkis

1. Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra)

2. Jonatan Christie (tunggal putra)

3. Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri)

4. Greysia Polii (ganda putri)

5. Apriyani Rahayu (ganda putri)

6. Kevin Sanjaya Sukamuljo (ganda putra)

7. Marcus Ferlandi Gideon (ganda putra)

8. Mohammad Ahsan (ganda putra)

9. Hendra Setiawan (ganda putra)

10. Praveen Jordan (ganda campuran)

11. Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran)

Atletik

12. Lalu Muhammad Zohri (100 m putra)

13. Alvin Tehupeiory (100 m putri – wildcard)

Panahan

14. Diananda Chairunisa (recurve perorangan putri)

15. Riau Ega Salsabila (recurve perorangan dan beregu putra)

16. Aried Dwi Pangestu (recurve beregu)

17. Bagas Prastayadi (recurve beregu) Menembak

18. Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba (10m air rifle)

Dayung

19. Mutiara Rahma Putri (lightweight women double)

20. Melani Putri (ligtweight women double)

Selancar

21. Rio Waida (man shortboard)

Angkat Besi

22. Eko Yuli Irawan (61 kg putra)

23. Denin (67 kg putra)

24. Rahmat Erwin Abdullah (73 kg putra)

25. Windy Cantika Aisah (49 kg putri)

26. Nurul Akmal (+87 kg putri)

Renang

27. Aflah Fadlan Prawira (wildcard)

28. Azzahra Permatahani (wildcard)

5 Atlet Indonesia Peraih Medali Olimpiade Tokyo 2020

Enam dari 28 atlet Indonesia yang mewakili Tanah Air di Olympic Games Tokyo 2020 berhasil membawa oleh-oleh medali. Enam atlet tersebut terdiri atas lima nomor dari dua cabang olahraga (cabor), yakni angkat besi dan bulu tangkis.

Tiga atlet angkat besi dan tiga atlit bulu tangkis Indonesia yang meraih medali yakni:

Sejauh ini, Indonesia total sudah mengoleksi 37 medali olimpiade sejak edisi Olimpiade Seoul 1988. Delapan dari 37 medali tersebut merupakan medali emas yang semuanya disumbangkan lewat cabor bulu tangkis.

Perolehan medali tim Merah Putih di Olympic Games Tokyo 2020 diawali oleh kejutan dari angkat besi kelas 49 kg putri. Windy Cantika Aisah yang merupakan debutan dan tidak diberi target medali, berhasil membawa pulang perunggu.

Eko Yuli Irawan sukses menambah pundi-pundi medali lewat angkat besi kelas 61 kg putra. Dia harus bersusah payah melawan musuh bebuyutannya, Li Fabin (China), dan harus mengakui keunggulan lawannya itu. Alhasil, Eko Yuli Irawan hanya mampu meraih medali perak di Olimpiade Tokyo 2020.

Kejutan kembali datang dari angkat besi 73 kg putra. Rahmat Erwin Abdullah merangsek ke podium ketiga dan berhak membawa pulang medali perunggu. Kemudian di cabor bulu tangkis, Indonesia awalnya dirundung dengan kabar-kabar kurang menyenangkan ketika andalan-andalan Tanah Air gugur.

Akan tetapi, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu mampu memperpanjang tradisi emas bulu tangkis Indonesia di olimpiade. Dia berhasil mengalahkan unggulan ke-2 dari China, Chen Qing-chen/Jia Yi-fan, dengan skor 21-19, 21-15.

Terakhir, Anthony Sinisuka Ginting menyumbang medali perunggu untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Medali Anthony menjadi yang terakhir lantaran 28 atlet Tanah Air sudah berlaga kendati Olimpiade Tokyo 2020 baru berakhir pada 8 Agustus 2021.

Baca Juga: Bisnis Go Internasional? Ini 5 Cara Melakukan Pemasaran Global

New call-to-action