Jenis dan 5 Tahapan Pembuatan Data Mart untuk Bisnis

Pengolahan data atau data management memang telah menjadi kebutuhan utama bagi mayoritas perusahaan di era sekarang. Inilah sebabnya, para data analyst harus menguasai berbagai macam bidang terkait pengolahan hingga analisis data. Salah satunya adalah data mart. Data mart adalah sub set data dalam data warehouse.

Seperti yang kita tahu, saat ini mayoritas perusahaan menggunakan data sebagai acuan untuk mengambil keputusan bisnis (business decision making). Sebab dengan menganalisis data, perusahaan bisa menemukan pola yang sesuai dengan situasi dan kondisi bisnis saat ini. Melalui pola tersebut, perusahaan bisa mencari peluang untuk melakukan analisis bisnis dan memprediksi apa yang terjadi di masa depan. 

Sehingga, perusahaan dapat merumuskan strategi bisnis yang tepat, sekaligus memanajemen risiko bisnis yang mungkin terjadi. Dalam proses data analytics sendiri, ada berbagai macam hal yang harus seorang data analyst pahami.

Pengertian Data Mart

Data mart adalah sebuah sub set dari penyipanan informasi directorial, pada umumnya berorientasi pada tujuan tertentu pada subjek data primer yang bisa didistribusikan untuk menyediakan kebutuhan bisnis.

Data mart juga sebagai tempat penyimpanan analitis yang dirancang untuk fokus pada fungsi bisnis-bisnis tertentu dalam organisasi. Data mart juga merupakah bagian data dalam data warehouse, meskipun dalam metodologi desain data warehouse bottom-up.

Jenis Data Mart

Dependen

Jenis data market ini akan mengambil sumber data dari data warehouse tunggal, sehingga sifatnya tersentralisasi. Melansir dari IBM, data market dependen mengekstraksi sub set dari primary data kapan pun data analyst membutuhkannya. Terdapat dua pendekatan untuk menyusun data warehouse dependen.

Yang pertama yaitu pengguna bisa mengakses data warehouse dan data market secara bebas (berdasarkan kebutuhan). Sedangkan yang kedua adalah pengguna hanya memiliki akses data market saja.

Independen

Jenis selanjutnya adalah independen. Berbeda dari dependen, data market independen ini tidak menggunakan data warehouse sebagai pusat data. Umumnya, jenis data market yang satu ini lebih sesuai untuk kelompok kecil dalam sebuah organisasi. Ini karena independen cenderung berfokus pada satu fungsi bisnis saja.

Selain itu, jenis data market ini bisa diperoleh dari sumber data internal maupun eksternal. Akan tetapi, cukup sulit untuk mengembangkan jenis independen ini. Sehingga biasanya, independen lebih cocok dan berguna untuk mencapai tujuan bisnis dalam jangka pendek.

Hybrid

Sementara itu, jenis terakhir adalah hybrid. Sesuai dengan namanya, jenis ini akan menggabungkan sumber data selain dari data warehouse perusahaan. Biasanya, jenis ini sangat berguna jika ingin menambahkan kelompok baru ke dalam organisasi.

Tahapan Membuat Data Mart

Perancangan

Tahap perancangan meliputi pengumpulan persyaratan bisnis serta teknis, identifikasi sumber data, pemilihan data yang tepat, dan perancangan struktur logis serta fisik dari data mart.

Pembangunan

Tahapan ini meliputi pembuatan database fisik dan struktur penyimpanan misalnya tablespace yang berkaitan dengan data mart, menghasilkan obyek skema misalnya tabel dan indeks yang dijelaskan dalam langkah desain, serta menentukan cara yang terbaik dan struktur akses.

Pengisian

Tahapan ini meliputi pemetaan sumber data dalam rangka mentargetkan struktur data, menggali data, membersihkan serta mengubah data, memasukkan data dalam data mart, dan membuat serta menyimpan meta data.

Akses Data

Pada tahapan ini perlu untuk menempatkan data dengan menggunakan query data serta menganalisanya dan membuat laporan serta grafik.

Pengelolaan

Pada tahapan ini perlu dilakukan pengelolaan data mart dengan cara menyediakan akses data yang aman, mengelola perkembangan data, mengoptimalkan sistem untuk kinerja yang baik, serta memastikan tersedianya data dalam situasi apapun, bahkan pada saat terjadi kegagalan sistem.

Kesimpulan

Jadi, data mart adalah suatu sub set yang disimpan di dalam data warehouse. Di dalam era teknologi dan informasi seperti saat ini, memahami digitalisasi akan sangat penting untuk perkembangan bisnis. Dengan membuat data mart, berarti Anda sudah ikut serta memasuki dunia digital.

Selain itu, cobalah untuk menggunakan software ERP online yaitu MASERP.

Dengan menggunakan software akuntansi ini, Anda bisa memantau keuangan bisnis di manapun dan kapanpun, terlebih MASERP juga menyediakan banyak fitur yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.

Selain itu, MASERP akan mempermudah Anda untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan kegiatan pengelolaan keuangan dengan mudah, cepat dan tepat.

Dengan menggunakan MASERP, seluruh proses analisis keuangan, pelaporan pajak, pembukuan, pemantauan stok, sampai ke hitungan aset semua bisa dilakukan dengan mudah, tepat, dan cepat.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action