3 Manfaat dan Cara Membangun Customer Relation di Bisnis

Menjaga hubungan baik dengan klien, konsumen atau customer merupakan salah satu kewajiban dalam sebuah bisnis. Pasalnya bisnis akan berkembang berkat adanya konsumenOleh sebab itu, penting bagi Anda pemilik bisnis untuk mengetahui customer relation. 

Keberadaan konsumen atau klien menjadi demikian pentingnya. Oleh sebab itu, bagi setiap pebisnis hendaknya selalu melakukan hubungan baik dengan membangun komunikasi yang baik, guna mengikat konsumen agar dapat melakukan pembelian berulang. 

Penting harus diketahui bahwa setiap pebisnis tidak harus fokus pada inovasi produk semata. Walaupun hal tersebut merupakan bagian yang penting. Namun, menjaga customer relation pun sangat jauh lebih penting. Bisnis Anda dapat berkembang lebih cepat. 

Walaupun terkesan sulit, namun membangun komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Komunikasi dapat membuat perusahaan menjadi lebih baik dalam peluncuran produk, serta bentuk pelayanan kepada konsumen. 

Pengertian Customer Relation

Customer relation adalah strategi pemasaran dalam mempertahankan klien atau konsumen yang ada, dengan cara mengelola, mengatur dan membuat program agar klien atau konsumen tersebut melakukan pembelian berulang dan tidak pindah ke kompetitor.

Pengertian lainnya, customer relation adalah cara perusahaan dalam berhubungan dengan pelanggan sehingga dapat memberikan pengalaman terbaik untuk para pelanggan.

Dengan bahasa yang lebih sederhana, bisa kita simpulkan bahwa customer relationship adalah upaya yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan mereka. Strategi ini juga disebut dengan customer relationship management atau CRM.

Pengertian CRM adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan kegiatan pra penjualan dan pasca penjualan dalam sebuah perusahaan. Definisi lainnya, CRM adalah strategi bisnis yang bertujuan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan yang memadukan proses antara manusia dan tekonologi.

Customer relationship management atau CRM berorientasi bagaimana menciptakan hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dengan pelanggan melebihi sekedar dari pembelian pertama. Hubungan yang baik antara perusahaan dan pelanggan akan meningkatkan nilai retensi pelanggan. Hal itu akan berdampak pelanggan menjadi loyal dan membuat perusahaan semakin berkembang.

Baca Juga: Apa Perbedaan CRM dan ERP? Berikut Ini Fiturnya!

Manfaat Customer Relation

Ada beberapa manfaat menggunakan strategi ini untuk perusahaan, antara lain:

Customer Retentio

Customer retention merupakan tindakan yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan agar tetap menggunakan produk dan layanan yang mereka jual. Perusahaan yang dapat mengelola customer relation dengan baik akan meningkatkan customer retention.

Customer Loyalty

Dalam bisnis, para customer yang loyal berpotensi beberapa kali lipat membeli produk dibandingkan customer baru. Oleh karena itu perusahaan harus mempertahankan dan meningkatkan customer loyalty dengan mengelola hubungan dengan para pelanggan.

Customer Satisfaction

Customer relation juga bisa mendorong terciptakan customer satisfaction atau kepuasan pelanggan. Perusahaan yang bisa mengelola hubungan baik dengan pelanggan akan lebih disukai sehingga tingkat kepuasan pelanggan bisa dipenuhi.

Cara-cara seperti melakukan survey kepuasan pelanggan, meminta feedback dan meminta saran bisa membuat hubungan antara perusahaan dan pelanggan lebih hangat.

Fungsi Customer Relation

Customer relationship memiliki 2 fungsi utama, yaitu :

Fungsi Reaktif 

Fungsi reaktif merupakan usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk menyelesaikan kendala yang dilaporkan oleh customer. Dalam hal ini perusahaan harus merespon dan menyelesaikan komplain customer. Perusahaan harus selalu siap siaga dalam menghadapi dan menyelesaikan permasalahan yang tak terduga dari customer.

Fungsi Proaktif 

Fungsi proaktif merupakan indikator untuk memastikan hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Tujuan dari fungsi proaktif yaitu memberikan kepuasan pelanggan dengan memenuhi kebutuhan mereka. Beberapa hal yang bisa dilakukan dalam fungsi ini misalnya memberikan informasi produk terbaru, diskon, atau harga spesial.

Perusahaan harus mengelola hubungan dengan baik dan berorientasi untuk jangka panjang agar bisa memberikan kesan yang baik dan membekas ke pelanggan sehingga mereka menjadi loyal. Perusahaan juga harus membangun komunikasi baik verbal dan non-verbal kepada pelanggan agar customer merasa selalu diperhatikan dan bisa menyampaikan aspirasi terhadap produk atau jasa yang mereka gunakan.

Cara Membangun Customer Relation

Meminta Feedback dan Saran Pelanggan

Bisnis yang akan berkembang adalah yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggannya secara spesifik. Hal itu bisa dilakukan dengan meminta feedback kepada pelanggan. Setelah mendapatkan feedback, Anda juga bisa meminta saran untuk perbaikan produk atau layanan yang mereka gunakan.

Meningkatkan Komunikasi dengan Pelanggan

Pada dasarnya pelanggan suka diajak berkomunikasi, baik tentang pelanggan itu sendiri maupun tentang produk atau layanan yang mereka gunakan. Meningkatkan komunikasi yang bermutu lewat aplikasi pesan, email, ataupun secara langsung bisa menciptakan hubungan erat dan menjadikan positioning produk atau layanan Anda semakin baik di pikiran pelanggan.

Memberikan Reward ke Pelanggan Setia

Anda bisa membuat program untuk pelanggan setia dengan cara memberikan reward atau hadiah kepada mereka. Misalnya pada hari ulang tahun mereka akan mendapatkan voucher belanja atau mengirimkan parcel pada hari raya agama pelanggan tersebut dan lain sebagainya.

Dengan melakukan ini, pelanggan cenderung akan mengingat produk atau layanan Anda dan berdampak pada loyalitas mereka terhadap produk atau layanan tersebut.

Kesimpulan

Konsumen yang senang dengan pelayanan merupakan salah satu ciri keberhasilan pelayanan yang diberikan. Sehingga mereka pun akan merasa nyaman dan dipastikan tidak akan beralih ke kompetitor. Oleh sebab itu, pentingnya untuk membangun komunikasi melalui customer relationship.

Lakukan juga pencatatan pembukuan pada bisnis Anda, karena tanpa pembukuan yang baik dan sesuai standar bisa dipastikan Anda tidak akan mengetahui keuntungan atau kerugian yang dialami bisnis Anda selama ini.

Bahkan, buat Anda yang bisnisnya baru ingin dikembangkan ke pasar internasional, juga bisa untuk mulai menggunakan software ERP yaitu MASERP. 

Terlebih, jika bisnis Anda di pasar internasional sangat baik, dan memberikan banyak keuntungan. Maka catatan laporan keuangan laba rugi, bisa tercatat dengan baik, tertata, rapi, dan pastinya akurat, menggunakan MASERP. 

Tidak sulit untuk menggunakan MASERP, bahkan bagi Anda yang bukan spesialisasi akuntansi, juga bisa dengan mudah menggunakan software ERP ini. 

Karena MASERP bisa menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Bahkan, MASERP yang bisa membantu menyederhanakan pembukuan keuangan bisnis, ketimbang menggunakan cara manual.

New call-to-action