Customer Data Plan (CDP): Jenis, Fungsi, dan Cara Kerja

Platform penyimpanan data yang aman dan terintegrasi menjadi salah satu hal penting bagi perusahaan. Salah satunya mengenai customer data platform (CDP) yang menjadi tonggak penting bagi perusahaan yang ingin menggali potensi penuh dari informasi pelanggan mereka. Dengan mampu mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data dari berbagai sumber yang tersebar, CDP adalah salah satu cara membuka pintu menuju personalisasi customer dan mengambil keputusan yang tepat sesuai data customer dalam marketing

Dalam artikel ini, akan dibahas lebih mendalam mengenai CDP ini, bagaimana cara kerjanya, dan apa perbedaannya dengan platform serupa seperti data management platform (DMP).

Apa itu Customer Data Platform (CDP)?

Customer data platform (CDP) adalah platform yang digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data pelanggan dari berbagai sumber yang berbeda sepeti customer relationship management (CRM), platform e-commerce, media sosial, email, situs web, dan transaksi offline dengan tujuan utama meningkatkan pengalaman pelanggan dan efektivitas marketing.

CDP berfungsi sebagai pusat data pelanggan yang terpusat dan terintegrasi, membantu perusahaan untuk memahami pelanggan lebih baik dan menggunakan informasi ini untuk menciptakan pengalaman yang lebih personal dan relevan.

Baca Juga: Buat Customer Happy dengan 5 Loyalty Program Ini!

Karakteristik CDP

CDP memiliki beberapa karakteristik utama:

Integrasi Data yang Komprehensif

Melalui pengumpulan dan pengintegrasian data dari berbagai saluran, CDP memberikan gambaran yang menyeluruh dan lengkap mengenai pelanggan bisnismu.

Profil Pelanggan yang Lengkap

Berdasarkan data yang dikumpulkan, CDP membantu Anda membuat profil pelanggan yang lebih rinci. Profil ini meliputi informasi seperti nama, alamat, usia, jenis kelamin, perilaku pembelian, preferensi produk, riwayat transaksi, interaksi dengan brand, dan lainnya.

Segmentasi Pelanggan yang Lebih Baik

Segmentasi dari CDP berupa karakteristik, perilaku, dan preferensi customer. Dengan hal ini perusahaan dapat membuat campaign yang lebih tersegmentasi dan relevan, meningkatkan efektivitas pemasaran, dan keterlibatan pelanggan.

Personalisasi Strategi

CDP memungkinkan adanya personalisasi penawaran berdasarkan profil pelanggan. Ini membantu perusahaan mengirimkan pesan yang disesuaikan dengan minat, kebutuhan, dan preferensi elanggan, meningkatkan relevansi, dan efektivitas marketing campaign.

Analisis dan Pemantauan Kinerja

CDP dilengkapi dengan fitur analisis yang kuat untuk memantau kinerja campaign dan interaksi dengan pelanggan. Ini memungkinkan perusahaan untuk melacak jumlah klik, konversi,  serta mengidentifikasi tren dan pola perilaku pelanggan.

Dengan memanfaatkan CDP membantu perusahaan untuk menjadi lebih responsif terhadap kebutuhan dan preferensi pelanggan yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan pencapaian target bisnis. 

Mengenal Jenis Customer Data Platform 

Analytics CDP

Jenis CDP ini berfokus pada penggunaan data untuk analisis mendalam dan pembuatan keputusan strategis jangka panjang. Platform ini dibuat untuk memberikan insight yang mendalam mengenai perilaku pelanggan, trend pasar, dan peluang bisnis, yang kemudian dapat digunakan sebagai bahan dalam membuat strategi marketing dan pengambilan keputusan bisnis.

Jenis ini bisa menjadi strategi utama perusahaan dalam membongkar potensi yang ada dalam data pelanggan karena melalui tahapan analisis yang mendalam. 

Komponen utama dalam analytics CDP berupa:

  • Pengumpulan data
  • Integrasi dan pembersihan data
  • Analisis data
  • Segmentasi pelanggan
  • Pengambilan keputusan strategis
  • Prediksi dan optimasi strategi pemasaran

Delivery CDP 

Delivery CDP adalah platform yang digunakan untuk mengoptimalkan pengiriman pesan dan interaksi dengan pelanggan. Platform ini mengintegrasikan data pelanggan dari berbagai sumber dan channel untuk memastikan pengiriman pesan yang tepat waktu, relevan, dan efektif kepada pelanggan.

Melalui CDP jenis ini, kamu dapat meningkatkan efektivitas campaign serta memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui pesan yang personal dan relevan. 

Komponen utama dalam delivery CDP berupa:

  • Integrasi data secara komprehensif
  • Segmentasi dan personalisasi
  • Automatisasi pengiriman pesan
  • Analisis dan pemantauan kinerja
  • Optimasi berkelanjutan

Data Customer Data Platform (CDP)

Jenis CDP ini adalah komponen inti dari keseluruhan CDP karena berfungsi sebagai pusat data pelanggan yang terpusat dan terpadu, mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola semua informasi yang terkait dengan pelanggan dari berbagai sumber.

Melalui data CDP, perusahaan dapat membangun basis data customer yang terpusat, terpadu, dan komprehensif, sehingga memungkinkan perusahaan membuat keputusan yang lebih cerdas, meningkatkan efisiensi operasional, dan memperkuat hubungan dengan pelanggan mereka.

Komponen utama dalam data CDP berupa:

  • Pengumpulan data yang komprehensif
  • Integrasi dan pembersihan data
  • Pembuatan profil pelanggan 
  • Segmentasi pelanggan yang lebih detail 
  • Analisis dan pemantauan kinerja campaign
  • Memastikan privasi dan keamanan data sesuai regulasi privasi data

Campaign CDP

CPD ini membantu perusahaan mengoptimalkan strategi campaign perusahaan dan berfungsi sebagai pusat kontrol yang mengintegrasikan data pelanggan dari berbagai sumber untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, dan analisis campaign.

Dengan campaign CDP, perusahaan dapat memanfaatkan data pelanggan secara lebih efektif, menghasilkan campaign yang lebih terarah dan personal, serta mencapai hasil pemasaran yang lebih baik secara keseluruhan. 

Komponen utama dalam campaign  CDP berupa:

  • Integrasi data yang komprehensif 
  • Segmentasi pelanggan yang terperinci
  • Personalisasi pesan dalam campaign
  • Ketepatan waktu pengiriman pesan terhadap customer 
  • Analisis kinerja selama campaign 
  • Optimasi yang berkelanjutan terhadap campaign 
  • Memastikan privasi dan keamanan data sesuai regulasi privasi data

Jenis Customer Data

Data pelanggan yang dikumpulkan oleh CDP dapat beragam dan umumnya berupa.

Identitas 

Data utama dan paling penting yang dikumpulkan CDP adalah mengenai identitas customer yang bisa membantu perusahaan untuk mengidentifikasi dan memahami customer lebih jauh. Biasanya berupa nama lengkap, data demografis (usia dan jenis kelamin), alamat rumah dan kode pos, pekerjaan, dan kontak.

Data Deskriptif 

Informasi dalam data deskriptif menyajikan informasi lebih detail dari pelanggan. Data yang termasuk biasanya yaitu informasi status kawin serta jumlah anak, gaya hidup, karier, dan hobi.

Data Kuantitatif (Behavioral)

Data ini dikumpulkan berdasarkan keterlibatan pelanggan dengan merek melalui transaksi, tindakan yang diambil, dan reaksinya dengan merek tersebut. Melalui data kuantitatif perushaan dapat memanfaatkannya untuk mengukur kinerja campaign dan memahami preferensi customer lebih dalam.

Data yang dikumpulkan yaitu email, kunjungan ke website, interaksi pelanggan di media sosial, serta data pembelian atau transaksi.

Data Kualitatif 

Melalui data kualitatif, tim pemasaran perusahaan dapat mengetahui feedback atau review pelanggan, respon, serta motivasi pelanggan terhadap suatu barang atau merek.

Baca Juga: Intip 6 Strategi Marketing Paling Ampuh Beserta Manfaatnya

Fungsi Customer Data Platform

Integrasi Data

Melalui CDP, perusahaan dapat mengumpulkan, mengatur, dan mengelola data pelanggan yang terintegrasi dengan menggabungkan data dari berbagai sumber yang berbeda menjadi satu sumber data yang terpusat. Oleh karena itu, CDP dapat membantu perusahaan untuk memastikan adanya manajemen data pelanggan yang lebih terorganisir.

Pembersihan Data dan Menghindari Data Silo

CDP membantu perusahaan dalam membersihkan, memperbarui, dan menghapus data yang tidak akurat atau tidak relevan. Selain itu, CDP dapat membantu masalah data silo karena adanya penggabungan data pelanggan dan karyawan dalam satu tempat.

Membantu Segmentasi Pelanggan

Mengelompokkan pelanggan berdasarkan karakteristik dan perilaku yang sama untuk membuat marketing yang lebih tersegmentasi.

Personalisasi Konten dengan Buyer Persona

Menggunakan data pelanggan untuk menyesuaikan konten dan penawaran agar sesuai dengan preferensi individu.

Analisis Prediktif

Menggunakan data untuk memprediksi perilaku pelanggan di masa depan dan mengidentifikasi peluang bisnis.

Membantu Keamanan dan Privasi Pelanggan

Perlindungan privasi dan keamanan data pelanggan sangat penting untuk selalu perusahaan perhatikan dan upaya untuk menjaganya yaitu dengan penerapan CDP yang mempunyai pengaturan dan teknologi keamanan tinggi.

Mengoptimalkan Strategi Digital Marketing

Dengan CDP perusahaan dapat membuat strategi digital marketing yang lebih terarah dengan pemanfaatan dalam satu channel atau omnichannel.

Cara Kerja Customer Data Platform 

Pengumpulan Data

Data pelanggan dikumpulkan dari berbagai sumber termasuk situs web, customer relationship management (CRM), media sosial, dan lainnya.

Pengintegrasian Data

Data yang dikumpulkan diintegrasikan dan disatukan ke dalam satu sumber data terpusat di dalam CDP.

Pembersihan dan Pengolahan Data

Data di-filter, diperbarui, dan diperbaiki untuk memastikan data tersebut akurat dan dapat digunakan untuk keperluannya.

Analisis Data

Analisis data merupakan aktivitas untuk mengidentifikasi pola, trend, dan kesempatan bisnis.

Penggunaan Data

Data digunakan untuk personalisasi konten, segmentasi pelanggan, dan pengambilan keputusan dalam marketing.

Perbedaan Customer Data Platform (CDP) dengan Data Management Platform (DMP)

CDP dan DMP seringkali disalahartikan sebagai satu hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan seperti yang dilansir dalam Hubspot, yaitu.

  • CDP berpengaruh terhadap keseluruhan aktivitas marketing, sedangkan DMP hanya fokus pada iklan dan strategi penjangkauan audience yang lebih baik. 
  • CDP melakukan pengumpulan data langsung dari sumbernya yaitu CRM, website atau aplikasi mobile, dan lainnya, sedangkan DMP mengumpulkannya melalui data cookies, data browsing, data iklan, atau sebagian besarnya mengumpulkan data melalui pihak ketiga.
  • CDP melakukan identifikasi data personalisasi seperti nama, email, atau ID pelanggan, sedangkan MDP melakukannya secara anonim yang bisa melalui cookies
  • Dalam segi penyimpanan data, CDP menyimpannya secara long term untuk membuat user persona yang lebih detail dalam menjaga hubungannya dengan customer, sedangkan DMP hanya menyimpan data secara singkat untuk kepentingan target audience iklan.

Baca Juga: 5 Contoh dan Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Kesimpulan

Customer data platform (CDP) adalah solusi penting bagi perusahaan untuk mengelola dan memanfaatkan data pelanggan dengan lebih efisien, membantu Anda dan tim untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih personal, dan mendapatkan hasil dari marketing menjadi lebih baik.

Loyalitas pelanggan tentu membutuhkan usaha dari internal bisnis Anda juga, salah satunya adalah dengan mengimplementasikan sistem ERP (all in one business software) seperti MASERP.

ERP menyediakan informasi yang akurat mengenai produk, persediaan barang, dan pesanan secara real time sehingga Anda dan tim dapat selalu memberikan layanan yang lebih baik dan memuaskan untuk pelanggan. Anda dapat merespons dengan cepat terhadap permintaan pelanggan dan memastikan produk selalu tersedia.

Data pelanggan di ERP dapat digunakan untuk menawarkan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan individual. ERP dapat terintegrasi dengan CRM yang dapat digunakan untuk melacak interaksi dengan pelanggan, history pembelian, dan mengelola campaign marketing. Ini akan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan.

Ceritakan kebutuhan dan kendala bisnis Anda dengan konsultan ahli MASERP dan dapatkan demo produknya sekarang! Gratis!