8 Manfaat Brand Value dan Cara Menghitungnya

Apa itu brand value? Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, brand value artinya nilai dari merek yang Anda jual. Untuk apakah itu? Nilai yang dimaksud di sini tidaklah bermakna abstrak, tetapi benar-benar dihitung dalam nilai uang.

Namun, bagaimana menerjemahkan nilai sebuah perusahaan ke dalam angka finansial? Ada cara atau metode tertentu untuk mengukurnya. Jika Anda mau menaikkan nilai ini, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan.

Salah satunya adalah dengan memperhatikan aspek brand equity. Berikut ini penjelasan lebih lanjut apa itu brand value dan bagaimana menghitungnya. Yuk, dibaca sampai habis!

Pengertian Brand Value

Brand value adalah sebuah nilai yang akan menyatakan jumlah keseluruhan berapa banyak konsumen yang rela membayar merek tersebut. Nilai ini akan dibandingkan dengan nilai yang dimiliki oleh merek lain.

Secara mudahnya, bisa dipahami bahwa brand value adalah intensitas berapa sering konsumen memilih juga mengingat merek dari sebuah produk dibandingkan yang lain. Sampai di sini bisa dipahami bahwa brand value ini menjadi sebuah kekuatan penting bagi sebuah brand.

Brand value juga bisa diartikan sebagai sebuah premi yang akan diberikan konsumen kepada sebuah produk dengan merek tertentu. Dari pengertian ini bisa ditarik kesimpulan bahwa semakin besar brand value yang dimiliki maka akan semakin tinggi pula penjualan yang diperoleh.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Membuat Value Proposition untuk Pemula

Manfaat Brand Value untuk Penjualan

Ada beberapa manfaat nilai brand yang bisa diperoleh bisnis, antara lain:

Memperoleh Loyalitas Pelanggan

Biasanya, apabila sebuah brand bisa memberikan kesan dan pengalaman yang positif terhadap pelanggan, mereka akan bersikap loyal. Adanya loyalitas tersebut memungkinkan terjadinya pembelian secara berkala. Tidak hanya itu saja, kemungkinan besar mereka juga akan merekomendasikannya kepada orang lain.

Meningkatkan Kredibilitas Brand

Brand menjadi pembeda diantara produk-produk dengan jenis yang sama namun diproduksi oleh perusahaan yang berbeda. Jika bisnis memiliki brand image dan nilai brand yang baik, hal ini bisa meningkatkan kredibilitasnya.

Mengembangkan Sikap Toleransi Pelanggan

Bila karyawan loyal terhadap suatu produk atau layanan biasanya mereka akan lebih mudah toleransi bila terjadi kesalahan yang minim.

Meningkatkan Pengalaman Positif Pelanggan

Apabila ada beberapa perusahaan yang menjual produk dengan material, kualitas, dan potongan yang sama, biasanya merk dengan image dan value yang kuat akan lebih berhasil. Pasalnya, brand tersebut bisa meningkatkan pengalaman positif bagi pelanggan.

Memberikan Kesempatan untuk Menetapkan Harga Premium

Jika branding dilakukan dengan baik dan berhasil, biasanya akan tercipta permintaan yang tinggi. Dengan demikian, karena permintaannya tinggi, pada umumnya perusahaan akan menaikkan harganya. Seperti yang kerap terjadi saat ini di era milenial, produk yang memiliki brand image yang kuat umumnya dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada produk dari brand lainnya yang kurang dikenal.

Meningkatkan Nilai Bisnis

Sebagian besar nilai perusahaan berasal dari nilai brand yang kuat. Branding memberikan kontribusi kurang lebih 50-75% dari kapitalisasi pasar perusahaan yang terdaftar.

Menaikkan Rasio Keuangan Perusahaan

Performa brand yang baik bisa memberikan efek positif yang signifikan terhadap rasio keuangan perusahaan. Perusahaan yang memiliki nilai brand yang kuat biasanya akan memiliki rasio likuiditas yang baik. Artinya, perusahaan mempunyai kemampuan untuk memenuhi kebutuhan cash dalam bisnis dengan baik.

Menaikkan Performa Pasar Saham

Perusahaan dengan nilai brand yang kuat biasanya akan memperoleh rata-rata return bulanan sekitar 1% lebih besar daripada perusahaan dengan nilai brand yang lemah.

Cara Menghitung Brand Value

Brand value adalah nilai ketika suatu barang dapat dijual di atas harga yang ditentukan oleh kurva penawaran atau permintaan. Berikut cara menghitungnya:

Mengidentifikasi Margin Produk

Cara menghitung brand value pertama yaitu dengan mengidentifikasi margin masing-masing produk dan membandingkannya dengan berbagai merek lainnya. Bila perusahaan bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dari produk yang jenisnya sama, dapat disimpulkan bahwa brand tersebut lebih kuat.

Melihat Perusahaan Secara Keseluruhan

Kedua melihat perusahaan secara keseluruhan. Apabila investor bersedia untuk membayar biaya ekstra untuk perusahaan A daripada perusahaan B, kita juga bisa menyimpulkan bahwa brand milik perusahaan A lebih kuat daripada brand milik perusahaan B.

Menggunakan Rasio PEG

Rasio PEG merupakan rasio yang mengukur harga saham berdasarkan potensi kenaikan laba di masa depan.

Rasio PEG = Harga (Price) / Potensi Pendapatan (Earnings to Growth)

Menggunakan Rumus

Rumus untuk mengukur brand value yaitu:

V = F x R x S

Keterangan:

F adalah financial performance yang bisa dihitung melalui profit. F diperoleh dari hasil hitung antara laba operasi bersih setelah pajak dikurangi biaya modal rata-rata industri.

R adalah role of brand yang mengukur bagian purchase decisions sebuah brand.

S adalah strength of brand yang mengukur kemampuan sebuah merek dalam mencapai pendapatan yang diharapkan di masa mendatang.

Kesimpulan

Jadi, dua hal utama yang bisa Anda jalankan untuk meningkatkan brand value adalah menggabungkan kegiatan personal selling dan advertising, lalu menjalin kolaborasi yang tepat dengan influencer.

Bila kedua hal tersebut bisa Anda lakukan secara baik, maka brand value Anda pun akan meningkat seiring berjalannya waktu, dan bersiaplah untuk mendapatkan banyak pesanan.

Tapi, satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah mentransformasikan bisnis Anda ke arah digital. Kenapa? karena di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini, Anda akan dituntut untuk lebih cepat, dan solusinya adalah dengan menerapkan digitalisasi di dalam bisnis.

Oleh sebab itu sebaiknya perusahaan memfokuskan hal tersebut serta memiliki sistem yang salah satunya melalui penggunaan produk atau software yang sesuai, contohnya dengan menggunakan software ERP modern seperti MASERP.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud.

Software tetap bisa dipakai meskipun tidak ada koneksi internet, kemudian MASERP dapat digunakan lebih dari satu perusahaan tanpa biaya tambahan.

Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!