6 Cara Mudah Membuat Value Proposition untuk Pemula

Value proposition adalah salah satu elemen penting yang harus diperhatikan oleh setiap pebisnis jika produk barang atau jasanya ingin laku dan dipilih oleh banyak pelanggan.

Dengan adanya value proposition, maka akan memudahkan pemilik bisnis untuk menunjukkan kelebihan produknya pada pelanggan.

Secara sederhana, value proposition adalah penjelasan terkait kenapa pelanggan harus bisa memilih menggunakan produk ataupun layanan yang Anda tawarkan. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang value proposition dan cara tepat dalam membuat value proposition.

Pengertian Value Proposition

Value proposition berbeda dengan tagline atau slogan. Tagline dibuat untuk menarik perhatian calon pelanggan sehingga mereka mengenal produk yang Anda tawarkan.

Sedangkan value proposition lebih mengarah pada pernyataan mengenai manfaat atau benefit yang akan diperoleh oleh calon pelanggan ketika mereka memilih dan membeli produk Anda. Value proposition sangat penting untuk dibuat dan ditampilkan dalam setiap campaign yang Anda lakukan.

Baca Juga: 4 Tahapan Product Life Cycle dan Strategi Pemasaran Produk

Cara Membuat Value Proposition

Value proposition yang baik dapat menjadi faktor kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Untuk membuat value proposition yang baik bukanlah hal mudah. Berikut tips-tips untuk membantu Anda membuat value proposition:

Mengenal Pelanggan

Sebelum membuat sebuah value proposition, Anda harus menganalisis pasar dan calon pelanggan. Mengidentifikasi calon pelanggan dan segmen pasar supaya memahami apa yang mereka butuhkan. Saat pebisnis mengevaluasi value proposition yang dimiliki, mereka harus sadar apa yang dibutuhkan pelanggan dan bagaimana cara perusahaan memenuhi kebutuhan tersebut.

Produk yang Baik

Inti dari value proposition adalah produk atau layanan yang akan Anda tawarkan ke pasaran. Satu pertanyaan utama yang harus dicari solusinya oleh para pebisnis adalah Solusi apa yang akan saya tawarkan? Nilai apa yang saya bawa dengan produk ini?

Memahami Biaya dan Keuntungan

Pahami dan ukur keuntungan yang bisa diambil dari produk Anda, sekaligus potensi biaya yang harus dikeluarkan. Ini penting karena pelanggan akan mengukur dengan detail biaya yang harus dikeluarkan apakah setimpal dengan manfaat yang didapat.

Jangan Lupakan Kompetitor

Setelah menganalisis target pelanggan, selanjutnya Anda bisa mengevaluasi persaingan pasar. Teliti dalam menilai kekurangan dan kelebihan para kompetitor, dan cari cara bagaimana produk Anda hadir di tengah-tengah persaingan.

Meskipun Anda melihat persaingan di pasar sangat ketat dan ada beberapa perusahaan yang menawarkan produk serupa, Anda perlu menentukan apa yang membuat produk Anda lebih baik dari yang sudah ada.

Singkat dan Jelas

Selalu ingat bahwa value proposition yang efektif adalah singkat dan jelas. Target pelanggan Anda harus bisa dengan cepat memahami pesan yang Anda sampaikan. Kalau bisa jangan sampai lebih dari dua atau tiga kalimat.

Desain Adalah Segalanya

Buat media promosi yang bagus dan mencolok di setiap materi-materi pemasaran seperti di website atau media sosial. Selalu ingat bahwa value proposition yang baik tetapi tidak didukung oleh strategi pemasaran yang baik pula, itu akan sia-sia. Karena itu, dibutuhkan tim pemasaran yang baik supaya mampu menerjemahkan value proposition ke pasaran dengan maksimal.

Struktur Value Proposition

Secara umum, value proposition terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

Headline dan Sub-headline

Headline merupakan informasi paling besar dan paling menonjol untuk ditampilkan kepada calon pelanggan. Headline harus mampu membuat pelanggan Anda melirik dan menarik untuk membaca lebih lanjut.

Biasanya headline ditemani oleh sub-headline. Sub-headline digunakan untuk menyampaikan informasi inti dari manfaat produk yang Anda tawarkan.

Paragraf

Biasanya headline tidak akan cukup untuk menampung value proposition secara keseluruhan. Maka dari itu, Anda bisa juga menambahkan paragraf tambahan untuk menyampaikan secara detail mengenai suatu pernyataan singkat dari sebuah headline yang telah dibuat.

Elemen Visual

Menyampaikan informasi tidak hanya bisa dilakukan dalam bentuk verbal, namun juga visual. Visual mampu menyampaikan pesan lebih baik dan cepat. Maka dari itu, sebaiknya value proposition dibuat dengan desain yang menarik, elegan dan mampu menyampaikan informasi lebih kuat. Elemen bisa berupa gambar ilustrasi, video, infografis, elemen bentuk dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Pelanggan adalah kunci terpenting yang harus didapatkan untuk memperoleh keuntungan. Sebagai pebisnis, Anda harus memahami cara agar pelanggan Anda bisa merasa puas akan produk barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Sehingga, bisnis Anda mampu bertahan dalam kurun waktu yang lama, bisa bersaing dengan bisnis lain, memperoleh banyak keuntungan, mencapai kesuksesan dan bisa memperoleh pelanggan setia. Oleh karena itu, value proposition harus dilakukan untuk dijadikan sebagai tolak ukur dimata pelanggan Anda.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa value proposition yang baik saja tidak cukup untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis. Anda harus mampu mengelola keuangan bisnis Anda secara tepat dan rapi, sehingga setiap anggaran perusahaan bisa dilakukan dengan tepat, termasuk anggaran promosi produk.

Biasanya, perusahaan yang dapat memenangkan pangsa pasar memiliki sistem yang sudah berjalan baik, yaitu dengan menggunakan software dalam kegiatan operasional perusahaan. Anda dapat berinvestasi pada software ERP yang terintegrasi seperti MASERP yang memiliki berbagai fitur dan modul seperti penjualan, pembelian, produksi, general ledger, persediaan barang, aset dan masih banyak lagi.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda dan dapat juga diintegrasi dengan software lain. Biarkan software yang beradaptasi dengan bisnis flow Anda, bukan bisnis Anda yang mengikuti flow software.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

New call-to-action