Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Akuntansi

Tahukah kamu bahwa istilah artificial intelligence (AI) atau biasa kita tahu dengan kecerdasan buatan bukan hanya sekadar fiksi ilmiah, melainkan sedang dikembangkan di dunia nyata? Dilansir dari Stanford Computer Science, artificial intelligence adalah ilmu dan rekayasa pembuatan mesin cerdas, melibatkan mekanisme untuk menjalankan suatu tugas menggunakan komputer.

Tetapi kali ini kita akan mengajak kalian untuk membahas lebih jauh tentang artificial intelligence pada akuntansi ya. Yuk kita simak pembahasan berikut ini!

Masuknya Sistem AI dalam Dunia Akuntansi

AI atau artificial intelligence adalah gagasan teknologi canggih masa kini berbasis data. Artificial intelligence merupakan kecerdasan buatan dengan simulasi dalam mesin yang diprogram untuk menyerupai proses kecerdasan manusia dan meniru tindakannya, sehingga sistem sekarang mampu berpikir serupa dengan manusia secara sistematis dan lebih cepat, sehingga output dapat dihasilkan seketika itu juga.

Teknologi AI merupakan salah satu pertanda dari terjadinya revolusi industri 4.0. Deloitte (Deloitte insight, Desember 2017) mendeskripsikan industri 4.0 sebagai integrasi dari informasi digital dari banyak sumber dan lokasi yang dimulai dari aktivitas manual dalam berbisnis menjadi lebih mudah dan efisien.

Bahkan berdasarkan data Bloomberg.com tahun 2016, perusahaan besar didominasi oleh perusahaan berbasis teknologi dan menghasilkan produk teknologi informasi. Dan tentu saja, kedepannya, bahkan mulai dari apa yang kita sudah rasakan sekarang akan banyak sekali pekerjaan manusia yang kemudian digantikan oleh mesin akibat hadirnya industri digital, dan akuntansi adalah termasuk salah satunya.

Baca Juga: Penting! Pelajari 9 Tips Ini Sebelum Membeli Accounting Software

Pengertian Artificial Intelligence

Artificial intelligence merupakan kecerdasan buatan dengan simulasi dalam mesin yang diprogram untuk menyerupai proses kecerdasan manusia dan meniru tindakannya. Proses-proses ini termasuk dalam pembelajaran (perolehan informasi dan aturan untuk menggunakan informasi), penalaran (menggunakan aturan untuk mencapai perkiraan kesimpulan yang pasti) dan persepsi. Hadirnya teknologi ini sudah mulai menghapus dan mempersempit beberapa lapangan pekerjaan pada semua perusahaan.

Kelebihan Artificial Intelligence

  • Bersifat permanen, tidak berubah (tergantung pada sistem komputer dan program).
  • Dapat menyimpan berbagai informasi atau data tanpa adanya batasan (dapat disesuaikan dengan kebutuhan)
  • Penggunaan waktu yang lebih efisien serta akurat dalam mengerjakan suatu pekerjaan (dalam sistem kerjanya)
  • Kemampuan memecahkan masalah yang kompleks serta meningkatkan produktivitas pekerjaan
  • Bisa menduplikasi dan mentransfer suatu kemampuan dengan mudah dari satu komputer ke komputer lain

Kelemahan Artificial Intelligence

  • Kecerdasan yang ada pada artificial intelligence tergantung pada apa yang diinput oleh programmer (terbatas pada suatu program)
  • Terbatas berdasarkan sample yang diinput, tidak bisa berinovasi atau tidak bisa menciptakan hal yang baru
  • Tidak memiliki common sense. Common sense adalah kemampuan yang tidak hanya sekedar memproses sebuah informasi, melainkan mengerti akan informasi tersebut
  • Tidak memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan, pengembangan pengetahuan pada AI tergantung pada sistem yang dibangun.

Penerapan Teknologi AI dalam Dunia Akuntansi

Artificial intelligence sudah mulai digunakan dalam dunia akuntansi dan juga mulai diterapkan dalam beberapa bidang, contohnya:

Audit

Dengan menggunakan komputerisasi, AI tersebut dapat dengan mudah memeriksa lebih teliti serta melakukan analisa data dalam jumlah besar (big data) dan meringkasnya dengan waktu yang cepat. Hal ini dapat menghemat waktu auditor karena tidak perlu menggunakan metode sampling serta meringankan pekerjaan akuntan.

Manajemen Risiko

Dengan bantuan AI, perusahaan dapat mengenal bentuk data atau angka yang berbeda. Selain itu, AI dapat menganalisis teks serta menemukan perbedaan guna mengungkap adanya kasus penipuan serta kecurangan.

Rekonsiliasi Vendor

Pengolahan faktur, penjualan, data biaya dapat dilakukan secara otomatisasi sehingga mempermudah pekerjaan. Selain otomatisasi, AI juga membuka pekerjaan dengan perusahaan akuntansi yang dapat memfasilitasi berbagai pekerjaan untuk orang yang memiliki keahlian dan fleksibilitas untuk menyesuaikan perkembangan teknologi yang terus berubah.

Peraturan Penyesuaian dan Pelaporan

AI akan banyak berperan dalam sistem tata regulasi yang berjalan seperti mengatur data mengenai portofolio investasi dengan regulasi sekaligus peraturan dalam organisasi.

Analisis Trend

AI membantu akuntan dengan mengumpulkan data dan menganalisanya sehingga menghasilkan hasil prediksi yang berkualitas berdasarkan data tersebut sehingga dapat memberikan nilai tersendiri kepada klien. AI memiliki fokus yang lebih luas pada bagaimana analisis data menggunakan teknologi tersebut dapat mengubah cara keputusan bisnis yang kritis dibuat.

Kesimpulan

Dalam perkembangan dunia yang dinamis seperti sekarang, kecanggihan teknologi termasuk artificial intelligence adalah salah satu teknologi yang tidak dapat terelakan. AI lebih efisien dalam mendeteksi penipuan, menganalisis data dalam jumlah data besar secara instan, mengevaluasi keberhasilan dan kegagalan dalam masa lalu, dan memprediksi masa depan secara akurat.

Adanya AI ini tidak dapat juga mengantikan peran akuntan karena, perusahaan akan selalu membutuhkan akuntan yang dapat menganalisis dan menginterpretasikan data AI, serta memberikan layanan konsultasi. Itu sebabnya penting untuk kita dapat menyelaraskan perkembangan teknologi yang ada dengan keahlian yang dimiliki.

Jadi sekarang lebih bagus lagi jika perusahaan memanfaatkan pembukuan yang saling terintegrasi menjadi satu kesatuan, salah satunya dengan menggunakan software akuntansi. Saat ini software akuntansi memang banyak, tapi tidak semua software bisa mengcustom kebutuhan yang sesuai dengan bisnis flow perusahaan. MASERP adalah salah satu software akuntansi yang dapat mengintergasikan banyak fungsi bisnis seperti keuangan, pembelian, manufaktur, dan masih banyak yang lainnya.

MASERP tentunya akan memudahkan untuk mencatat dan memantau data dan informasi bisnis dari mana saja dan kapan saja. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Pentingnya Peran Teknologi Informasi dalam Bisnis

New call-to-action