4 Skill yang Dibutuhkan Software Engineering

Apa itu software engineering? Software engineering adalah serangkaian proses yang pasti ada di dunia teknologi informasi. Bukan hanya di dalam perusahaan teknologi, secara umum proses ini juga dibutuhkan oleh jenis perusahaan lainnya. Hal ini didorong oleh percepatan teknologi masa kini yang membuat seluruh bisnis harus bergerak bersama teknologi dan digitalisasi berbagai aspek bisnis. Tidak terkecuali untuk layanan-layanan yang pada awalnya masih dilakukan secara manual.

Apa Itu Software Engineering?

Software engineering adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mengembangkan sebuah software. Apa yang dimaksud dengan software? Software adalah data yang diformat dan disimpan secara digital. Sehingga wujudnya tidak bisa kita lihat begitu saja.

Software adalah bagian-bagian dari teknologi yang tidak berwujud. Jadi software adalah sesuatu yang tidak memiliki wujud fisik seperti hardware. Wujud dari software hanya bisa Anda lihat dari hasil produknya saja. Contohnya adalah aplikasi. Aplikasi yang Anda gunakan di handphone atau laptop Anda adalah contoh dari software yang dikembangkan dalam proses software engineering.

Baca Juga: Kenali 4 Program Manufaktur untuk Bisnis Anda

Skill Apa Saja yang Dibutuhkan?

Ada beberapa hard skill dan soft skill yang diperlukan di dalam proses software engineering. Skill tersebut adalah:

Programming

Salah satu hal yang harus dikuasai untuk menjadi software engineering adalah menguasai progamming beserta bahasa pemrogramannya seperti C++, Java, Python, C#/.Net, dan Ruby. Jika Anda merupakan lulusan dari universitas dengan studi IT kemungkinan besar Anda akan lebih banyak mengetahui bahasa pemrograman lainnya. Nah, hal ini bisa menjadi salah satu nilai plus untuk menunjukkan kelebihan.

Teliti

Menjadi seorang software engineering pastinya akan dihadapkan dengan barisan kode yang membuat pusing setiap harinya. Nah, Anda harus memiliki ketelitian yang luar biasa untuk menjadi software engineering yang handal.

Mengapa begitu? software engineering akan dihadapkan dengan tantangan dalam mengembangkan software dengan bahasa pemrograman yang kompleks. Belum lagi, jika ada kendala yang mengharuskan seorang software engineering bekerja secara manual.

Tidak hanya menciptakan dan mengembangkan software saja, seorang software engineering juga harus siap untuk testing atau debugging yang dibutuhkan kesabaran dan ketelitian.

Menjadi seorang yang teliti akan membuat menyelesaikan masalah dan memastikan bahwa tidak akan ada kesalahan sama yang akan terjadi

Kerjasama Tim

Dalam berkutat dengan software-nya, software engineering tidak bekerja secara individual. Sering kali, software engineering akan bekerja dengan para developerengineer di bidang lainnya.

Mereka juga bahkan akan bekerja denga orang-orang yang tidak ada hubungannya dengan masalah teknis seperti pengguna yang hanya menggunakan program.

Hal ini tentunya membuat seorang software engineering tidak dapat memposisikan terus-menerus bahwa semua orang yang bekerja sama dengannya mengerti bahasa pemrograman. Software engineering harus bisa bekerja sama dengan baik di dalam sebuah tim besar maupun kecil.

Untuk bisa bekerja sama dengan baik, Anda dapat memulainya sesederhana mendengarkan dan belajar dari kolega lainnya.

Mudah Beradaptasi

Hal ini juga termasuk dengan memiliki fleksibilitas dan kemauan untuk belajar skillskill baru. Seorang software engineering bekerja di bidang teknologi yang terus berubah dan berkembang secara cepat. Hal ini membuat software engineering akan dihadapkan banyak tantangan dan membuat terus beradapasi.

Oleh karena itu, penting untuk beradaptasi dengan kerja yang cepat, beradaptasi untuk kerja di mana saja, bahkan beradaptasi dengan orang-orang baru.

Kesimpulan

Software engineering adalah bagian dari gabungan ilmu komputer dan informatika yang berperan dalam pembuatan serta pengembangan suatu sistem. Penerapan software engineering sangat bermanfaat bagi semua sektor bisnis dalam menyederhanakan operasional proyeknya. Melalui keunggulan masing-masing metode, Anda dapat menjalankannya sesuai kebutuhan.

Layaknya software lain, dalam melakukan pencatatan pada keuangan perusahaan juga dibutuhkan teknologi yang dikembangkan dengan bahasa pemrograman. Salah satu software, misalnya MASERP adalah contoh dari pengembangan bahasa pemrograman. Ya, MASERP adalah software yang bisa mengakomodasi kepentingan perusahaan maupun bisnis milikmu dalam melakukan pencatatan keuangan.

Selain itu, MASERP juga sudah didukung dengan standar keuangan Multi Currency, Multi Warehouse, dan E-Faktur. Dengan menggunakan MASERP, perusahaan milikmu dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Dengan berbagai fitur dan kelengkapan yang ada dan dibutuhkan perusahaan dalam melakukan pencatatan keuangan, perusahaan akan lebih terbantu dalam melakukan pencatatan keuangan karena MASERP sudah terintegrasi dengan teknologi yang mampu memfasilitasi segala keperluan perusahaan. MASERP memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan dan kegiatan akuntansi lainnya

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kendala yang ada kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action