Apa Itu Konsultan? Kenali 5 Profesi Konsultan Beserta Tugasnya

Bagi dunia profesional, profesi konsultan mungkin tidak asing lagi karena banyak perusahaan maupun individu saat ini yang menggunakan jasa konsultan untuk mendapatkan solusi dan pemecahan masalah bisnis, entah dari segi performa bisnis maupun hal lainnya. Biasanya kita mengenal konsultan untuk berbagai bidang, ada konsultan bisnis, konsultan keuangan, konsultan hukum dan lain sebagainya. Sebenarnya, apa itu konsultan? Kenapa ada perusahaan maupun individu yang menggunakan jasa konsultan? Apa saja tugas konsultan di bidangnya tersebut? Yuk simak bahasannya di bawah ini!

Apa Itu Konsultan?

Mungkin Anda pernah mendengar profesi konsultan pajak atau mungkin konsultan bisnis, nah orang-orang yang bekerja sebagai konsultan ini harus memahami bidangnya atau minimal pernah menempuh pendidikan atau sertifikasi terkait bidangnya.

Konsultan diambil dari consultare to deliberate yang merupakan orang yang bertugas memberikan saran dan solusi secara profesional untuk individu dan organisasi yang bertujuan untuk membenahi atau membuat target klien dapat tercapai dengan baik.

Ada dua jenis konsultan yaitu konsultan internal dan eksternal. Konsultan internal adalah orang yang bekerja di dalam perusahaan yang sama dan dapat memberikan nasehatnya di bidang tertentu secara profesional dan spesifik. Sedangkan konsultan eksternal adalah konsultan dari luar perusahaan, konsultan ini bekerja untuk klien lain baik untuk perusahaan maupun individu.

Secara umum, tugas pokok seorang konsultan meliputi pemberian layanan dalam bentuk rencana dan strategi perkembangan yang dibutuhkan klien, identifikasi permasalahan dan problem solvingnya, dan lain-lain.

Baca Juga: HCM (Human Capital Management): Tugas dan Manfaatnya

Macam Konsultan

Konsultan Bisnis

Konsultan bisnis tidak hanya memberikan nasihat saja, tetapi konsultan bisnis juga harus bisa memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi sebuah bisnis, urusan perencanaan dan pengembangan bisnis pun juga menjadi layanan mereka.

Beberapa keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang konsultan bisnis adalah dapat berkomunikasi aktif dalam memberikan informasi yang relevan untuk bisnis klien, paham beberapa software (ERP, CRM dan lain-lain), memiliki problem solving yang tepat, dapat menyusun strategi dan target untuk jangka panjang sebuah bisnis, detail dan teliti terhadap informasi bisnis, manajemen waktu yang baik dan keterampilan lain yang berhubungan dengan bisnis.

Nah, keuntungan apa yang dapat diperoleh sebuah bisnis jika menggunakan jasa konsultan? Perusahaan dapat menghindari kerugian finansial karena strategi yang kurang tepat, memiliki banyak plan dan cara mengatasi berbagai permasalahan bisnis, target dan profit perusahaan dapat tercapai dengan cara yang tepat, memperluas relasi (networking), dan lain sebagainya.

Selain itu, menggunakan layanan konsultan bisnis juga dapat meningkatkan penjualan, mengoptimalkan kinerja karyawan, membuat kinerja perusahaan menjadi lebih efisien dan para konsultan dapat membantu dalam melakukan audit perusahaan.

Waktu yang tepat bagi pemilik bisnis untuk menggunakan jasa konsultan adalah ketika merasa bisnis hanya jalan di tempat atau mungkin sudah tiga tahun terakhir tidak ada peningkatan terutama dalam penjualan. Begitu pun ketika perusahaan sudah tidak dapat bersaing di pasar, maka sebaiknya perusahaan menggunakan jasa konsultan bisnis untuk mendapatkan solusi terbaik dan bisnis dapat berjalan lebih baik.

Baca Juga: Daftar Harga 6 ERP Terbaik Beserta Fitur Lengkapnya!

Konsultan Pajak

Konsultan pajak adalah orang yang memiliki tugas memberikan layanan konsultasi mengenai segala hal yang berhubungan dengan pajak kepada wajib pajak untuk melaksanakan kewajiban dan haknya sesuai dengan undang-undang perpajakan. Ada persyaratan khusus untuk menjadi konsultan pajak yaitu perlu ujian sertifikasi dan kelengkapan lainnya, aturan badan hukumnya juga tertera di Peraturan Menteri Keuangan Nomor 111/PMK.03.2014 mengenai konsultan pajak. Konsultan pajak harus memiliki izin yang diterbitkan oleh Dirjen Pajak dan mengikuti USKP (Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak).

Perusahaan yang menggunakan layanan konsultan pajak akan mendapatkan banyak keuntungan antara lain perusahaan tidak terbebani oleh urusan administratif dan pelaporan pajak karena sudah ada yang menangani, menghindari kesalahan dalam perhitungan dan pembayaran pajak, perusahaan dapat fokus pada operasional dan perkembangan bisnis, dapat memiliki dokumen pajak yang sesuai dengan aturan, dapat menyusun perencanaan pajak, dan lain sebagainya.

Banyak perusahaan yang menggunakan layanan konsultan pajak karena dapat membuat urusan perpajakan menjadi lebih efisien. Sebenarnya, apa saja layanan yang dikerjakan oleh konsultan pajak? Konsultan pajak dapat memberikan layanan seputar kepatuhan pajak (perhitungan, pembayaran dan pelaporan pajak), perencanaan pajak agar perusahaan mendapatkan keuntungan optimal, pemeriksaan laporan dengan melakukan evaluasi data dan informasi yang mengakibatkan munculnya beban pajak, konsultasi mengenai permasalahan pajak perusahaan, restitusi pajak atau pengembalian dari kelebihan pembayaran pajak, pendampingan dalam pemeriksaan pajak termasuk penyiapan dokumennya, layanan sengketa pajak, dan layanan lain yang berhubungan dengan perpajakan.

Baca Juga: Apa Itu Akuntansi Pajak? Bagaimana Cara Menghitungnya?

Konsultan Keuangan

Apa itu konsultan keuangan? Konsultan keuangan adalah orang yang ahli dalam bidang keuangan yang saran dan solusinya dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan keuangan. Konsultan keuangan biasanya akan membantu klien baik itu individu maupun organisasi dalam merencanakan keuangan serta target dan cara mencapainya, membantu menyusun laporan dan posisi keuangan, serta mengelola urusan keuangan klien untuk jangka panjang.

Untuk dapat menjadi konsultan keuangan, Anda harus memiliki sertifikasi yang menjadi bukti kemampuan dan profesionalitas kerja. Dua sertifikat yang dapat dimiliki konsultan keuangan antara lain CMA (Certified Management Accountant), CFA (Certified Financial Planner) dan CIA (Certified Internal Auditors).

apa itu konsultan sipil

Konsultan Sipil

Konsultan sipil atau konsultan pembangunan memiliki peranan besar dalam pembangunan struktur dan bangunan. Konsultan sipil merupakan pihak yang bergerak di bidang jasa untuk dapat melakukan perencanaan sebuah proyek pembangunan. Perencanaannya dapat berupa perencanaan struktur, mekanikal, elektrikal dan lain sebagainya.

Beberapa tugas yang umumnya dikerjakan oleh konsultan sipil antara lain menyusun seluruh rencana pembangunan, memberikan pendapat dan saran yang tepat untuk mencapai tujuan pembangunan, membuat gambar detail yang akan dibuat, menghitung rencana kerja dan volume pekerjaan, membuat rencana anggaran dan memastikan proyek di lapangan berjalan sesuai rencana.

Kesimpulan

Apa itu konsultan? Konsultan merupakan pihak yang bertugas memberikan saran, nasihat dan problem solving dari sebuah permasalahan yang dialami sebuah perusahaan maupun individu. Konsultan memberikan layanan dalam perencanaan dan strategi perkembangan sebuah bidang misalnya bisnis, keuangan, pajak, proyek dan masih banyak lagi.

Umumnya sebuah bisnis akan membutuhkan konsultan bisnis atau keuangan jika sudah merasa bisnis hanya jalan di tempat. Masalah keuangan memang terkadang menjadi permasalahan, bisa jadi karena pencatatannya yang tidak jelas sehingga membuat cash flow bisnis menjadi berantakan, bahkan pelaporan yang ada tidak sesuai dengan data.

Untuk menghindari permasalahan keuangan karena kesalahan pencatatan dan tidak ada transparansi dalam sistemnya, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan software akuntansi seperti MASERP.

Tidak hanya urusan keuangan dan akuntansi, MASERP juga memiliki banyak modul dan fitur dari mulai pembelian, penjualan, manufaktur, persediaan barang, pajak, 300+ laporan bisnis siap cetak, aset tetap dan masih banyak lagi.

Yang terpenting, MASERP dapat dicustom sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai MASERP, yuk jadwalkan demo program dengan konsultan ahli kami sekarang, gratis!

New call-to-action