Apa Itu Allowance? Jenis dan Manfaatnya Bagi Pekerja

Apa itu allowance? Karyawan yang bekerja di perusahaan tidak hanya mendapatkan gaji pokok saja, tetapi juga memberikan kompensasi lain berupa allowance. Allowance atau biasa kita kenal dengan tunjangan, adalah tambahan pendapatan yang diterima oleh karyawan, tidak hanya berupa uang namun bisa juga berbentuk benefit lain yang ditawarkan perusahaan untuk menarik karyawan agar mau bekerja di perusahaan tersebut.

Allowance ini juga tergantung dari kebijakan-kebijakan perusahaan, setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda-beda sesuai kondisi masing-masing perusahaan. Nah, di bawah ini kita akan bahas lebih jauh tentang apa itu allowance.

Definisi Allowance

Apa itu allowance? Sebuah pemberian uang kepada seseorang dengan memiliki maksud dan tujuan tertentu, misalnya saja sebagai upah atas suatu pekerjaan atau jasa yang telah dilakukan. Makna yang kedua yaitu sebuah penghargaan atas sesuatu dalam bentuk tukar tambah, misalnya saja pada pembentukan harga.

Allowance atau tunjangan sudah di atur oleh UU, jenis tunjangan wajib perusahaan yang diatur oleh pemerintah adalah tunjangan hari raya (THR). Tunjangan hari raya atau THR ini diatur melalui Kementerian Ketenagakerjaan No 6 tahun 2016. Dan sebenarnya, ini satu-satunya kewajiban yang harus dibayarkan perusahaan kepada karyawan. Namun ada beberapa tunjangan lain yang diatur oleh pemerintah.

Melalui Surat Edaran (SE) Menteri Tenaga Kerja No 7 tahun 1990. Tunjangan dibagi menjadi dua, tunjangan tetap dan juga tunjangan tidak tetap. Namun, besaran tunjangan tergantung kebijakan masing-masing perusahaan.

Baca Juga: 3 Jenis Uang Pesangon yang Bisa Karyawan Peroleh

Jenis-Jenis Allowance

Untuk mengetahui tunjangan yang ditawarkan perusahaan kepada calon karyawan dan jenis-jenisnya yang cukup beragam, beserta manfaatnya, simak penjelasan di bawah ini.

Yang perlu Anda ingat adalah seluruh jenis allowance di bawah ini telah disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan umum yang dimiliki oleh para pekerja.

Kompensasi Umum

Jenis allowance berikutnya adalah kompensasi umum. Jenis tunjangan satu ini akan diberikan kepada seluruh karyawan yang tidak memiliki jabatan tinggi. Sederhananya, kompensasi umum adalah sebuah tanda apresiasi perusahaan terhadap kinerja karyawannya selama bertugas di kantor.

Tunjangan Keluarga

Tunjangan keluarga merupakan jenis kompensasi yang akan disediakan perusahaan untuk karyawannya yang sudah berkeluarga. Contohnya adalah kompensasi istri, yang akan diberikan bila istri seorang karyawan tidak memiliki pekerjaan. Ada pula kompensasi anak, yang ditujukan bagi karyawan dengan seorang anak dengan usia di bawah 21 tahun dan belum bekerja.

Tunjangan Jabatan

Tunjangan jabatan adalah jenis allowance yang juga perlu Anda ketahui. Jenis kompensasi ini akan diberikan kepada para karyawan yang sudah memiliki jabatan tinggi di dalam perusahaan. Alasannya adalah karena para pemegang jabatan ini dirasa telah memikul beban yang lebih berat dibandingkan dengan karyawan lainnya.

Kompensasi Kesehatan

Jenis tunjangan berikutnya yang akan diberikan perusahaan adalah kompensasi kesehatan. Allowance ini disediakan sebagai cara perusahaan untuk memberikan asuransi kesehatan fisik dan psikis karyawannya. Dengan adanya tunjangan ini, perusahaan mengharapkan bahwa seluruh karyawan berada dalam kondisi yang prima untuk terus bekerja dan produktif.

Kompensasi Pensiun

Sesuai dengan namanya, jenis kompensasi ini akan disiapkan perusahaan sebagai bentuk jaminan hari tua untuk karyawan mereka. Kompensasi ini disediakan dengan maksud untuk menyejahterakan karyawan perusahaan di hari tua nanti, agar kelak mereka tak perlu merasa khawatir saat sudah berhenti bekerja.

Tunjangan Akomodasi

Jenis kompensasi selanjutnya yang akan diberikan perusahaan adalah tunjangan akomodasi. Akan tetapi, perlu kamu ingat bahwa biaya akomodasi sifatnya tidak tetap. Jadi, jenis allowance ini hanya bisa diberikan selama karyawan sedang bertugas atau berada di luar kantor atas perintah perusahaan.

Agar dapat menerima tunjangan ini, karyawan perlu memastikan bahwa mereka telah mengisi formulir kehadiran. Tujuannya adalah agar tim keuangan dapat mengambil keputusan apakah biaya akomodasi merupakan hak yang wajib diterima karyawan.

THR

Sepertinya, jenis kompensasi ini sudah tidak asing lagi di telinga para pekerja. Ya, THR atau tunjangan hari raya, wajib disediakan oleh perusahaan. Jenis kompensasi ini ditujukan agar karyawan dapat memenuhi kebutuhan mereka ketika hari raya keagamaan. THR umumnya diberikan sebanyak satu tahun sekali, khususnya sebelum hari raya keagamaan tiba.

Manfaat Tunjangan

Sebagai benefit yang diperoleh dari sebuah pekerjaan, tunjangan memiliki manfaat baik bagi karyawan maupun perusahaan yang menyediakannya. Tidak hanya sebagai cara untuk meningkatkan loyalitas karyawan, allowance juga memiliki manfaat lainnya, lho.

Manfaat dari tunjangan adalah seperti berikut ini:

  • Meningkatkan produktivitas karyawan. Tunjangan kesehatan, misalnya. Jika banyak karyawan yang sakit, tentu saja perusahaan juga akan merasakan rugi.
  • Memberikan kenyamanan dan keselamatan kerja. Dengan merasa nyaman dan terjamin keselamatan kerjanya, para keryawan tentunya akan dapat bekerja lebih efisien.
  • Menyejahterakan kehidupan karyawan. Sebagai bagian dari perusahaan yang sudah membantu memajukan perusahaan, sudah selayaknya karyawan mendapatkan kehidupan yang sejahtera. Kesejahteraan hidup akan meningkatkan loyalitas karyawan terhadap perusahaan.
  • Mengurangi tuntutan karyawan atas upah kerja.

Kesimpulan

Ada banyak sekali manfaat dari memiliki program allowance, agar meningkatkan kualitas karyawan. Namun beberapa hal yang harus menjadi concern HR perusahaan adalah harus memiliki sistem yang jelas dan juga saling terintegrasi. Pengelolaan tunjangan, gaji dan juga absensi karyawan terlalu ribet saatnya Anda membutuhkan software HRIS dari MASERP yaitu AqtiveHR.

Dengan AqtiveHR by MASERP, para HR bisa memonitor kinerja karyawan dari banyak fitur-fitur yang tersedia. Mulai dari absensi kehadiran dengan teknologi face recognition, attendance history, dan masih banyak lagi. 

Jika monitoring sudah bisa dilakukan dengan mudah pakai AqtiveHR, selanjutnya HR atau pimpinan bisa menghitung insentif karyawan dengan sistem HR yang sudah terintegrasi dengan sistem ERP dari MASERP. 

Karena, kamu bisa menghitung dengan lebih mudah dari data perusahaan yang tersedia. Seperti nilai penjualan, pembelian, persediaan, project management, dan lainnya. 

Yuk, ketahui lebih banyak terkait AqtiveHR dan sistem ERP dari MASERP, untuk memudahkan pekerjaan HR dan juga finance, dengan menjadwalkan konsultasi dengan ahli dari tim kami, gratis! 

New call-to-action