Fungsi dan 3 Komponen Entity Relationship Diagram

Dalam sebuah kumpulan data, terdapat susunan file yang membentuk database dalam suatu program komputer saat informasi tertentu sedang dibutuhkan, agar dapat menjadi sistem database yang rapi dan terstruktur dibutuhkan entity relationship diagram (ERD).

ERD yaitu sebuah model untuk menyusun database agar dapat menggambarkan data yang mempunyai relasi dengan database yang akan didesain. Pasti anda masih asing dengan istilah entity relationship diagram (ERD) ya?

Untuk memahami lebih dalam tentang ERD, simak ulasan artikel apa itu entity relationship diagram (ERD) dan contohnya berikut ini.

Apa Itu Entity Relationship Diagram?

ERD merupakan singkatan dari Entity Relationship diagram atau diagram hubungan entitas. ERD juga sering dinamakan dengan ER Diagram atau model ER.

Singkatnya, ERD adalah salah satu jenis diagram struktural yang biasa digunakan dan dimanfaatkan dalam desain sebuah database maupun rencana bisnis. Ada banyak komponen yang menjadikan ERD seperti simbol dan juga konektor yang berbeda. Komponen ini akan melakukan visualisasi pada dua informasi yang penting.

Informasi pertama yaitu entitas utama yang ada di dalam ruang lingkup sistem. Sedangkan, informasi kedua adalah hubungan yang ada di antara entitas-entitas tersebut. Dari penjelasan di atas, mungkin Anda sudah bisa menangkap sistem ini dinamakan dengan ERD karena menggambarkan hubungan antar entitas.

Saat membicarakan masalah entitas di dalam ERD, biasanya entitas ini adalah objek yang berkaitan dengan bisnis. Objek itu bisa berwujud atau berbentuk benda seperti produk, maupun bentuk tidak berwujud seperti entry log dan masih banyak lagi.

Nah, kemudian yang dimaksud dengan hubungan atau relationship pada entity relationship diagram adalah bagaimana cara entitas tersebut saling berhubungan atau berkaitan satu sama lain pada sebuah sistem.

Baca Juga: Perbedaan Single Entry dan Double Entry Bookkeeping

Komponen Susunan ERD

Sebenarnya, ada beberapa komponen yang ada dalam susunan ERD. Berikut adalah urutan komponennya:

Entitas

Entitas merupakan kumpulan dari objek yang akan diidentifikasi. Saat membuat ERD, biasanya entitas digambarkan dalam simbol persegi panjang. Sedangkan, entitas yang dinilai lemah digambarkan dengan menggunakan simbol persegi panjang kecil di dalam persegi panjang besar. Setiap entitas pasti memiliki perbedaan satu dengan yang lainnya. Jika ada kesamaan maka entitas tidak akan bisa dituliskan.

Atribut

Semua entitas selalu memiliki elemen atau atribut untuk mendeskripsikannya. Atribut biasanya akan digambarkan sebagai simbol. Dalam ERD, ada beberapa jenis atribut beberapa contohnya adalah atribut kunci, atribut simple, atribut multinilai, atribut gabungan dan atribut derivatif.

Relasi

Relasi atau hubungan adalah sebuah keterkaitan beberapa entitas yang berasal dari himpunan lain. Relasi biasanya digambarkan dalam simbol belah ketupat. Dalam ERD relasi atau hubungan dibagi ke beberapa jenis seperti One to One, One to Many, dan juga Many to Many.

Fungsi Entity Relationship Diagram

Entity relationalship diagram (ERD) dikembangkan dengan tujuan dan fungsi, adapun fungsi dari ERD tersebut adalah sebagai berikut:

  • Memberikan kemudahan dalam menganalisis sebuah basis data (database) dengan cara yang cepat serta murah.
  • Menjalankan hubungan antar data yang memiliki keterkaitan berdasarkan objek yang dihubungkan dengan suatu relasi.
  • Mendokumentasikan data yang ada dalam sebuah basis data dengan cara menganalisis serta mengidentifikasi setiap objek atau entitas dan relasinya.
  • Melakukan pengujian model yang telahh dibuat.

Langkah dan Cara Membuat ERD

  • Menentukan entity: tentukan lah entity apa saja yang diperlukan
  • Menentukan relationalship antar entity: tentukan lah relationalship antar entity
  • Menentukan atribut : tentukan atribut-atribut yang diperlukan dari tiap entity
  • Menentukan key: tentukan key antara atribut-atribut
  • Menentukan LRS: tentukan LRS dari masing-masing table

Demikian pembahasan ERD (entity relationalship diagram) secara lengkap, mulai dari pengertian fungsi, tujuan, metode, kardinalitas hingga contoh menggunakan beberapa kasus dan relasi.

Untuk memudahkan dalam membuat ERD, sebaiknya kalian menggunakan aplikasi baik online maupun offline. Aplikasi yang dapat digunakan seperti Microsoft Visio, linux, ClickChart, Rational Rose dan masih banyak lagi. Kalian dapat mendapatkan aplikasi tersebut di situs resmi mereka.

Kesimpulan

Definisi dari entity relationship diagram (ERD) merupakan model data berupa notasi grafis dalam pemodelan data konseptual yang menggambarkan hubungan antara sistem penyimpan.

Model data sendiri merupakan sekumpulan cara, peralatan untuk mendeskripsikan data-data yang hubungannya satu sama lain, semantiknya, serta batasan konsistensi. Ada beberapa komponen penyusun dari ERD ini yang Anda bisa terapkan.

Diantaranya ialah entitas, atribut, hingga garis. Dalam setiap prosesnya Anda dapat membedakan satu sama lain dari simbol yang ada pada ERD ini. Sehingga anda dapat membuat diagram ERD.

Banyak keuntungan yang didapatkan ketika perusahaan menerapkan sistem ini. Oleh karena itu banyak perusahaan menerapkan sistem pembukuan ini. Saat ini, sudah banyak aplikasi atau software yang memberikan kemudahan dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan. Salah satunya adalah MASERP.

MASERP dapat menjadi pilihan dalam melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan untuk menunjang bisnis Anda. MASERP hadir sebagai accounting software yang tak hanya bisa melakukan pencatatan transaksi keuangan perusahaan tetapi bisa menunjang keseluruhan operasional bisnis perusahaan milik anda.

Selain itu, MASERP adalah software ERP yang sudah didukung dengan standar keuangan Multi Currency, Multi Warehouse, dan E-Faktur. Dengan menggunakan MASERP, perusahaan dapat melakukan kustomisasi sesuai dengan keinginan perusahaan dalam melakukan pencatatan keuangan secara lebih terintegrasi dengan teknologi.

Lalu, tunggu apa lagi? Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP, segera konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda dengan konsultan ahli kami!

Baca Juga: Apa Itu ERP? Daftar Harga dan Fitur 3 ERP Terbaik 2021

New call-to-action