9 Strategi Pemasaran Online yang Paling Efektif. Berani Coba?

Di era yang serba cepat dan digital semua sudah beralih ke berbagai metode online, begitu juga dengan strategi pemasaran yang saat ini sudah mulai menerapkan strategi pemasaran online untuk memasarkan produk atau jasa dari sebuah perusahaan atau brand. Strategi pemasaran online ini merupakan teknik pemasaran yang hanya bermodalkan internet, maka dari itu sebenarnya cara ini cukup mudah dilakukan tapi diperlukan metode yang tepat.

Sebagai pelaku bisnis atau pengusaha tentu saja diharuskan untuk memiliki wawasan tentang strategi pemasaran online yang cukup luas karena bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness dan meningkatkan omzet penjualan.

Jika dulu pemasaran itu hanya bergantung pada pembuatan billboard, pamflet, atau iklan di TV, namun saat ini teknik pemasaran jadi lebih mudah. Dengan menerapkan strategi pemasaran online, proses pengenalan dan pemasaran produk jauh lebih efisien dan mudah. Dari segi budget pun lebih terjangkau namun hasilnya juga efektif jika dijalankan dengan tepat.

Untuk Anda yang saat ini sedang menjalani atau akan membangun usaha, maka perlu untuk tahu strategi pemasaran yang efektif. Ada banyak strategi pemasaran online yang bisa dicoba dan itu semua akan kita bahas pada artikel ini. Yuk, simak!

Personal Branding

Kekuatan personal branding dalam strategi pemasaran online disini menjadi cukup penting karena itu salah satu yang efektif di era digital seperti sekarang ini. Teknik branding yang simpel misalnya desain logo yang menarik dan mudah untuk diingat. Selain itu, Anda juga bisa membuat tagline kreatif yang didukung dengan konten-konten menarik yang bisa meningkatkan brand awareness. 

Content Marketing

Content marketing merupakan strategi pemasaran online yang dijalankan pelaku usaha dengan cara memberikan informasi yang berhubungan dengan bisnis yang dijalani. Informasi ini bisa berupa sejarah awalnya muncul produk, bahan baku, fakta-fakta menarik, manfaat, tips, detail mengenai produk, video tutorial, dan lainnya.

Anda bisa mengemas strategi ini dalam bentuk infografis, artikel, ulasan maupun video. Lalu informasi tersebut diunggah ke media sosial dari perusahaan atau produk tersebut, seperti misalnya Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, WhatsApp, dan masih banyak yang lainnya.

Baca Juga: Intip 6 Strategi Marketing Paling Ampuh Beserta Manfaatnya

Social Media Marketing

Pengguna media sosial memang sangat lah banyak, di sinilah peluang yang bisa Anda manfaatkan. Media sosial efektif digunakan sebagai strategi pemasaran online untuk produk Anda. Dengan menggunakan social media marketing, keterjangkauan menjadi lebih luas sehingga Anda pun bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Search Engine Optimization (SEO)

Peranan SEO dalam strategi pemasaran bisnis secara online banyak diakui sangat penting. Melalui konten yang sudah dioptimasi SEO, maka itu akan membuat produk lebih mudah dijangkau oleh para konsumen. Melalui SEO, pemasaran akan jauh lebih memiliki target dengan audience yang potensial sehingga akan terjadi konversi yang lebih besar. 

Search Engine Marketing (SEM)

SEM in sekilas mirip dengan SEO dikarenakan menggunakan search engine sebagai alatnya. Namun SEM adalah strategi pemasaran online dengan menggunakan media iklan website di posisi paling atas maupun di mesin pencarian. SEM ini biayanya relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan SEO, hal ini dikarenakan ada target kunci yang berlaku baik secara lokal maupun global.

Affiliate Marketing

Ada yang sudah pernah dengar istilah ini? Affiliate marketing lebih merujuk kepada strategi pemasaran online yang dilakukan oleh kedua belah pihak untuk sama-sama mendapatkan keuntungan.

Misalnya, Anda bisa bekerja sama dengan YouTuber atau Blogger. Maka, sebelumnya Anda bisa membuat terlebih dahulu URL atau bisa juga kode voucher yang nantinya disisipkan pada postingan blog atau tayangan YouTube mereka. Tentu saja para YouTuber dan Blogger yang menjalin kerjasama ini harus memperkenalkan produk Anda kepada audience mereka.

Email Marketing

Cara yang satu ini terbilang cukup efektif sebagai salah satu strategi pemasaran online. Email marketing ini sangat cocok untuk Anda yang sudah memiliki atau mengumpulkan database customer

Kelebihan untuk mereka yang sudah tertarik dan engage dengan produk Anda, maka akan sangat tertarik dengan informasi atau promo yang ditawarkan melalui email. Anda bisa menggunakan fitur blast email untuk mengirimkan email kepada seluruh customer.

Customer Relationship Management (CRM)

Strategi ini fokusnya kepada bagaimana cara menjalin hubungan yang baik dengan konsumen atau pelanggan yang pernah menggunakan jasa/produk kita. Ketika Anda bisa memberikan pelayanan terbaik, maka brand memiliki reputasi yang baik pula di mata pelanggan. 

Influencer Marketing

Jenis strategi yang satu ini terbilang banyak dilakukan dan cukup efektif untuk meningkatkan penjualan. Influencer marketing terbilang sangat efektif karena orang lebih percaya dengan apa yang dikatakan oleh influencer favorit dibandingkan hanya melihat di iklan saja.

Kelebihan lainnya adalah bisa juga sekaligus meningkatkan brand awareness dan menjangkau lebih banyak target audience hingga reputasi brand juga meningkat. Walaupun begitu ketika Anda memilih menerapkan strategi ini diperlukan juga pemilihan dan perhitungan yang tepat.

Selain pastinya perhitungan budget yang utama, pemilihan influencer yang sesuai dengan brand Anda juga harus disesuaikan. Sangat disayangkan jika Anda tidak bisa memilih dengan tepat influencer yang digunakan untuk mempromosikan produk/jasa Anda.

Kesimpulan

Berbagai strategi pemasaran online yang telah di atas wajib untuk Anda coba karena terbukti bisa meningkatkan awareness dan mendatangkan pelanggan terhadap produk atau jasa yang Anda jual.

Namun setelah melakukan strategi pemasaran tersebut jangan lupa untuk melakukan evaluasi setiap melakukan promosi tersebut. Evaluasi membantu Anda untuk tahu hal-hal apa saja yang masih kurang dan bisa diperbaiki atau ditingkatkan lagi untuk strategi promosi selanjutnya.

Selain memiliki strategi pemasaran online, pastikan juga Anda memiliki perencanaan keuangan yang matang untuk anggaran biaya pemasaran online agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Meskipun cukup mudah, namun strategi online ini juga tetap membutuhkan budget untuk mendukung pelaksanaannya nanti.

Bagi Anda yang mungkin masih sulit melakukan anggaran keuangan perusahaan untuk biaya pemasaran, kini Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti MASERP untuk membantu keuangan Anda.

MASERP akan mempermudah Anda untuk mengurus segala hal yang berhubungan dengan kegiatan pengelolaan keuangan dengan mudah, cepat, dan tepat. Jika masalahan keuangan ini bisa teratasi dengan baik, maka setelah itu Anda bisa fokus untuk menjalankan strategi bisnis lainnya.

Apalagi MASERP juga sudah dilengkapi dengan banyak fitur modul seperti persediaan, pembelian, dan penjualan. Sehingga ini nantinya bisa memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelola kegiatan bisnis. Dengan menggunakan MASERP, seluruh proses analisis keuangan, pelaporan pajak, pembukuan, pemantauan stok, sampai ke hitungan aset semua bisa dilakukan dengan mudah, tepat, dan cepat.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Personal Brand Adalah Pemasaran Diri? Berikut Manfaat dan Tipsnya!

New call-to-action