3 Jenis Trial Balance atau Neraca Saldo di Buku Besar

Trial Balance adalah suatu alat yang sering dipergunakan dalam memeriksa kebenaran debit atau kerdit di setiap transaksi yang dicatat pada buku besar. Sebab apabila ada terjadinya penyimpangan dari nilai yang diharapkan maka neraca percobaan akan membantu mendeteksi kesalahan dalam pelaksanaan akuntansi keuangan tersebut. Pengertian neraca percobaan disebut juga neraca saldo karena merupakan kumpulan dari saldo–saldo tiap tiap perkiraan yang ada dalam buku besar.

Namun untuk menyusun suatu trial balance adalah Anda harus terlebih dahulu menentukan setiap saldo perkiraan yang ada dalam buku besar perusahaan Anda. Buku besar adalah suatu buku yang berisikan tentang semua rekening-rekening (kumpulan rekening) yang ada pada laporan keuangan. Buku ini juga mencatat setiap perubahan yang terjadi pada masing-masing rekening dan pada akhir periode.

Pengertian Trial Balance

Neraca saldo atau trial balance adalah kertas kerja yang berupa daftar saldo berisi nama rekening serta saldo akun pada buku besar atau general ledger. Trial balance dapat mengetahui kesesuaian jumlah dari kolom debit serta kolom kredit pada akhir periode akuntansi.

Beberapa ahli dari Indonesia mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian dari neraca saldo. Neraca saldo adalah kumpulan daftar akun-akun yang ada dalam buku besar suatu perusahaan atau badan usaha saat periode tertentu. Sementara itu Soemarso mengatakan bahwa neraca saldo adalah daftar saldo akun-akun yang ada dalam buku besar perusahaan pada suatu saat tertentu.

Jenis Neraca Saldo

Trial balance adalah bagian dari rangkaian tahap dalam siklus akuntansi, maka akan disusun setelah proses pembuatan buku besar, dan hanya memindahkan saldo total setiap akun ke dalam suatu daftar yang berisi empat buah kolom yang disebut neraca saldo.

Berdasarkan siklus akuntansi, terdapat tiga jenis yaitu:

Neraca Saldo yang Belum Disesuaikan

Jenis ini merupakan daftar saldo yang disusun setelah seluruh transaksi telah di posting ke buku besar. Saldo akun yang ada pada buku besar nantinya akan dipindahkan ke daftar saldo. Melalui jenis neraca saldo ini akan dapat menentukan apakah ada kesalahan ketika melakukan posting debit dan kredit ke dalam buku besar.

Sebagai tambahan, daftar saldo yang belum mengalami penyesuaian akan mempermudah Anda dalam mendeteksi kesalahan yang terjadi. Dengan seperti ini maka Anda dapat segera melakukan perbaikan atas kesalahan tersebut.

Berbicara mengenai cara pembuatan, jenis ini dapat dilakukan dengan melakukan posting transaksi pada buku besar. Ketika semua transaksi yang telah berhasil diposting pada buku besar, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan daftar saldo yang belum mengalami penyesuaian (unadjusted trial balance)

Neraca Saldo Setelah Penyesuaian 

Neraca saldo setelah penyesuaian (adjusted trial balance) adalah daftar saldo yang dibuat kembali setelah jurnal penyesuaian dibuat dan di posting lagi ke buku besar.

Neraca Saldo Setelah Penutupan

Sedangkan, neraca saldo setelah penutupan (post closing trial balance) adalah daftar saldo yang dilakukan setelah disusunnya jurnal penutupan, dimana neraca tersebut akan digunakan untuk memastikan bahwa buku besar telah memiliki saldo untuk awal periode berikutnya.

Manfaat dari Trial Balance

Sebagai salah satu tahapan dalam proses akuntansi, trial balance mempunyai beberapa manfaat bagi penggunanya. Berikut ini merupakan manfaat dari penyusunannya:

  1. Proses pemeriksaan akan berjalan dengan lancar.
  2. Proses posting akan menjadi mudah.
  3. Bahan penilaian atas kredibilitas perusahaan.

Kesimpulan

Pembuatan neraca saldo atau trial balance merupakan tahapan penting yang harus dilakukan dalam penyusunan laporan keuangan. Melalui trial balance, pengguna dalam hal ini perusahaan akan diberikan beragam manfaat, salah satu manfaatnya adalah kemudahan dalam proses posting

Nah, karena Anda pasti akan membutuhkan data-data, angka-angka, stok, dan data lainnya, sepertinya akan lebih mudah jika kamu membuat laporan neraca, dibantu dengan software ERP modern.

Software ERP modern seperti MASERP bisa membantu meringankan pekerjaan yang sering berkecimpung di keuangan. Dengan software akuntansi tersebut juga, pembuatan segala macam laporan, bisa selesai dengan cepat, mudah, dan pastinya jelas dan tersusun rapi.