6 Contoh Strategi Promosi Penjualan yang Patut Dicoba

Strategi promosi penjualan dan marketing kreatif harus menjadi perhatian setiap bisnis untuk meningkatkan penjualan. Promosi penjualan merupakan proses memberikan informasi, memberi pengaruh, dan mengingatkan target pasar akan jasa atau produk agar bisa diterima dan dibeli oleh pasar. Promosi merupakan salah satu dari strategi pemasaran.

Sebagai bagian dari strategi pemasaran, strategi promosi penjualan memiliki tiga sifat yaitu komunikatif yang bertujuan memberi informasi dan menarik perhatian konsumen, insentif yang bertujuan untuk mempengaruhi pelanggan dengan nilai dan keistimewaan tertentu, dan mengundang agar pembelian terjadi saat atau setelah promosi dilakukan. 

Klasifikasi Strategi Promosi

Strategi promosi penjualan dapat dibagi menjadi 4 jenis klasifikasi dengan penjelasannya sebagai berikut.

  • Customer promotion memiliki tujuan mengajak konsumen agar melakukan pembelian produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Trade promotion memiliki tujuan untuk menitikberatkan distributor untuk menjualkan produk kembali perusahaan.
  • Sales-force promotion merupakan langkah promo untuk memotivasi armada penjual perusahaan agar penjualan meningkat.
  • Business promotion bertujuan untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga interaksi dan komunikasi ke pelanggan lama dan tetap agar penjualan lebih banyak.

Baca Juga: Business to Business (B2B): Strategi dan Contoh di Indonesia

Jenis-Jenis Strategi Promosi

Strategi promosi penjualan memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan tujuan yaitu menargetkan pelanggan, memberi jawaban pelanggan, dan membentuk insentif pembelian. Tujuan yang berbeda tersebut akhirnya melahirkan kegiatan strategi promosi menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut:

  • Periklanan (advertising) merupakan bentuk promo tidak langsung lewat berbagai media untuk mengajak konsumen untuk membeli produk.
  • Penjualan langsung (direct selling) merupakan langkah untuk mengenalkan produk secara langsung ke pembeli. Pada tahapan ini, pembeli bisa langsung merasakan dan memahami kegunaan dan cara pakai produk.
  • Publikasi (publication) merupakan langkah untuk mendorong permintaan yang berupa konten komersial melalui berbagai media.
  • Promosi penjualan (sales promotion) merupakan langkah untuk mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian produk melalui booth yang dibuka pada saat events tertentu

Contoh Promosi Penjualan

Sebenarnya, jika disadari lagi setiap harinya kita selalu berpapasan dengan promosi dari sebuah penjualan produk. Terutama jika kita sedang berada di pusat perbelanjaan.

Banyak toko yang menawarkan produk dan memberikan promosinya. Namun mungkin kita saja yang mengabaikannya sehingga tidak menyadarinya. Berikut ini adalah beberapa contoh dari promosi yang sering kita temui:

Diskon Harga

Contoh promosi yang pertama sekaligus yang paling kita sukai adalah diskon harga. Diskon harga atau pemotongan harga sebuah produk merupakan bagian dari promosi, tentu saja untuk mengeluarkan sebuah produk itu sendiri dan meningkatkan pemasukan.

Kadang kala, diskon harga juga dilakukan dalam rangka cuci gudang yang artinya mengeluarkan produk hingga habis terjual

Kupon

Contoh promosi selanjutnya adalah kupon. Kupon dianggap sebagai push promotional strategy dan pull promotional strategy. Hal tersebut disebabkan karena kupon dapat meningkatkan penjualan sebuah produk dan membuat konsumen ramai melakukan transaksi pembelian sebuah produk

Hadiah

Contoh promosi yang menjanjikan hadiah pada konsumen dengan syarat melakukan suatu hal. Contoh promosi yang paling efektif adalah dengan langsung memberikan hadiah kepada konsumen ketika telah melakukan pembelian beberapa produk. Hadiah yang diberikan bisa dalam bentuk tas tangan atau keperluan-keperluan saat melakukan belanja.

Voucher

Sebagai produsen kita juga bisa memberikan voucher, contohnya voucher belanja. Dengan voucher tersebut, konsumen akan mendapatkan potongan harga atau diskon lainnya. Voucher merupakan salah satu contoh promosi penjualan makanan yang sering kita temui di pusat perbelanjaan.

Kartu Loyalitas

Kita juga bisa membuat kartu loyalitas atau kartu memberi. Kartu tersebut menunjukan bahwa konsumen tersebut merupakan seorang pembeli yang loyal. Ini merupakan salah satu contoh promosi yang sering kita temui di supermarket. Setiap konsumen yang memiliki kartu loyalitas, akan mendapatkan potongan harga yang menarik.

Sampel Produk

Dalam artikel promosi penjualan, salah satu bagian dari promosi adalah memberikan sampel produk. Dalam bisnis makanan, sampel produk sama dengan tester.

Biarkan pelanggan mencicipi produk atau mencobanya terlebih dahulu, namun berikan satu syarat, setiap yang mendapatkan sampel produk wajib memberikan ulasan terkait produk tersebut dan mengunggahnya di akun media sosial masing-masing. Ini juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

Kesimpulan

Itulah strategi promosi penjualan yang dapat Anda gunakan. Seperti yang Anda ketahui, marketing membawa dampak yang sangat besar untuk sebuah produk agar bisa dikenal secara luas oleh masyarakat.

Dengan menggunakan yang tepat, produk Anda akan terlihat secara luas sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan angka penjualan.

Setelah proses marketing bisnis Anda berjalan dengan baik dengan strategi promosi yang tepat, Anda juga harus mulai mengelola keuangan dengan baik. Karena dengan pengelolaan keuangan yang baik dan tepat maka bisnis pun akan terus berkembang.

Dengan tingginya transaksi penjualan selama promosi, pencatatan transaksi keuangan perlu dilakukan dengan baik.

Jangan lupa untuk mencatat juga seluruh alur transaksi termasuk pengeluran dan pemasukan pada bisnis pada pembukuan yang baik dan sesuai standar untuk mendapat laporan keuangan dan data financial untuk integrasi bisnis yang lebih baik.

Jika Anda kesulitan untuk melakukan pelaporan, Anda bisa menggunakan software ERP MASERP yang memiliki fitur Barcode Scanner untuk penerimaan barang, surat jalan dan penjualan produk yang bisa membantu meningkatkan kecepatan dan keakuratan kinerja Anda.

Anda juga dapat melakukan tracking umur piutang customer Anda dengan fitur reminder untuk piutang jatuh tempo setiap harinya agar dapat melakukan penagihan tepat waktu dan menjaga kesehatan cash flow.

Jika Anda membutuhkan software ERP tersebut, Anda dapat menghubungi MAS Software dengan klik gambar di bawah ini.

New call-to-action