Rekomendasi Software Supplier Management Terlengkap

Inventory atau persediaan barang berperan dalam kelancaran bisnis, sehingga penting bagi supplier dan perusahaan untuk memiliki hubungan yang baik dan efektif. Software supplier management membantu perusahaan Anda dalam membangun hubungan yang tepat, mengelola persyaratan pembayaran, dan berkomunikasi dengan jelas dengan supplier untuk keberlangsungan bisnis. Apakah Anda sedang mencari software untuk mengelola supplier? Atau sedang kebingungan mencari software yang tepat untuk bisnis Anda? Di bawah ini akan saya berikan rekomendasi software beserta fitur di dalamnya.

Apa Itu Software Supplier Management?

Software supplier management merupakan sistem yang mengintegrasikan proses pengadaan barang (procurement) dan utang, membantu mengelola informasi supplier termasuk lifecycle, kinerja dan risiko yang akan terjadi semuanya di dalam satu tempat. Hal-hal tersebut berhubungan supplier information management dan supplier relationship management, penggunaan software membantu dalam memudahkan akses kedua elemen tersebut dan meminimalisir kesalahan yang sering terjadi karena human error.

Software manajemen supplier dalam bisnis berperan menghilangkan proses pengelolaan supplier yang memakan waktu dan membutuhkan biaya yang mahal. Software ini digunakan untuk mencatat detail supplier, termasuk kontak, harga dan persyaratan peraturan yang akan melindungi Anda dari risiko bekerja dengan supplier yang tidak patuh.

Baca Juga: 8 Cara Jitu Menerapkan Supplier Management

Fitur Pembelian dan Supplier Management di MASERP

MASERP memiliki modul pembelian yang dapat Anda gunakan untuk memesan kembali bahan baku atau barang jadi ke supplier, transaksinya terbagi menjadi tiga jenis:

  • Pembelian dari PO (purchase order)
  • Pembelian dari BPB (bukti penerimaan barang)
  • Pembelian langsung

Sebelum memulai transaksi pembelian dengan supplier, sudah pasti Anda perlu mengisi seluruh data pada fitur Master Supplier, Anda wajib menambahkan nama semua supplier karena nantinya akan digunakan dalam setiap transaksi pembelian. Inilah salah satu manfaat penggunaan software ERP, Anda tidak perlu melakukan double input di setiap transaksi karena sudah terotomatisasi.

Di Daftar Supplier, Anda dapat melihat semua daftar supplier berdasarkan kode supplier, nama supplier, mata uang yang digunakan, alamat supplier, uang muka dan saldo utang. Setiap akun supplier akan terintegrasi dengan akun utang untuk supplier tersebut, karena akan digunakan untuk transaksi account payable (AP) yang dibutuhkan ke depannya.

Anda memiliki banyak supplier dan tidak mau repot input satu per satu? Tenang saja! Anda bisa mengimport daftar supplier dari Ms. Excel. Setiap supplier dapat diberikan kode khusus.

Software Supplier Management

Informasi supplier yang dapat Anda input meliputi kode supplier, nama supplier, mata uang yang digunakan, wilayah, supplier group, alamat supplier, kontak, status (aktif dan non-aktif), syarat bayar, NPWP dan batas kredit. Setiap supplier bisa Anda setting syarat bayarnya, baik ituimaupun kredit. Kredit atau lama pembayaran pun bisa Anda atur dalam hari, minggu atau bulan.

Software Supplier Management

Dalam jual beli pasti Anda pernah memberikan harga spesial atau diskon untuk pembeli Anda karena mungkin dia menjadi langganan dan selalu membeli berkala dalam jumlah banyak. Nah, untuk mengatur supplier mana saja yang bisa mendapatkan harga spesial, Anda bisa membuat Grup Supplier.

Software Supplier Management

Daftar Uang Muka Supplier akan menampilkan nomor uang muka, tanggal uang muka yang sudah dibayar, nama supplier, jumlah uang muka beserta keterangannya. Lalu, bukti uang muka supplier dapat didownload atau dicetak yang nantinya bisa Anda tandatangani sebagai bukti transaksi yang sah dan dikirimkan ke supplier.

Transaksi yang dapat diproses di MASERP antara lain permintaan pembelian, penawaran pembelian, purchase order, pembelian, pelunasan utang dan retur pembelian.

Sebelum benar-benar membeli barang darii, setiap bisnis umumnya akan membuat penawaran pembelian terlebih dahulu. Di sini Anda dapat mengisi data nama supplier, nomor purchase request, departemen yang akan membeli, tanggal quotation, syarat bayar, kode dan nama barang, jumlah barang, discount, dan PPN.

Purchase order dapat diproses setelah ada kesepatakan dari PR (purchase request), Anda pun dapat menariknya langsung dari PR untuk menghemat waktu dan tidak input berulang . PO dapat menjadi bukti order barang kalau ternyata ada ketidaksamaan jumlah saat barang diterima.

Dari data master yang sudah Anda isi di modul Master Supplier dan Pembelian, Anda dapat melakukan pembelian melalui BPB (bukti penerimaan barang), pembelian dari PO (purchase order) dan pembelian langsung.

Transaksi pembelian BPB merupakan pembelian berdasarkan surat jalan dari supplier dan akan menambah utang perusahaan ke supplier tersebut. Pembelian dari PO adalah transaksi pembelian tetapi tanpa melalui terima barang. Sedangkan pembelian langsung merupakan cara cepat, tidak melalui proses PO dan terima barang.

Software Supplier Management

Selanjutnya, Anda dapat melakukan transaksi pembayaran utang ke supplier. Pembayaran utang ke supplier otomatis akan mengupdate tiga bagian sekaligus yaitu mengurangi utang dengan modul AP, mengurangi Kas dan Bank, serta membuat jurnal ke General Ledger. ERP akan membuat proses kerja menjadi lebih efisien karena dalam satu proses bisa langsung terintegrasi dengan data lain sehingga Anda tidak perlu mengisi data dan menghitungnya satu per satu.

Software Supplier Management

Baca Juga: Manfaat dan Fitur Software Persediaan Barang MASERP

Kesimpulan

Apabila perusahaan masih memakai cara manual dalam prosesnya termasuk pencatatan di kertas dan double entry, ini akan membuat proses semakin lambat dan berpeluang terjadi human error. Anda daapat mempertimbangkan untuk memakai software ERP seperti MASERP.

Dengan menggunakan software ERP, perusahaan Anda tidak perlu lagi membeli software berbeda untuk tiap departemen karena semuanya sudah berada dalam satu sistem. Semua data pun terpusat dan saling terintegrasi, sehingga tidak memakan waktu lama untuk mencari data yang dibutuhkan antar departemen. Kegiatan kerja yang berulang pun bisa terotomatisasi sehingga karyawan akan merasa lebih efisien dan produktif.

Apakah Anda penasaran dengan software MASERP? Segera hubungi dan konsultasikan kebutuhan perusahaan Anda sekarang dengan konsultan ahli kami dengan klik gambar di bawah ini. Konsultasi tidak dipungut biaya alias gratis!

New call-to-action