Butuh Rekening Koran? Ini 6 Fungsi dan Komponennya

Apakah Anda pernah mendengar istilah rekening koran? Biasanya rekening koran adalah menjadi salah satu syarat mendapatkan visa ke luar negeri. Hal itu untuk memastikan kestabilan finansial seseorang yang akan mengajukan visa ke luar negeri.  Lantas, apa itu rekening koran?

Pengertian Rekening Koran

Rekening koran adalah rangkuman semua aktivitas rekening transfer masuk dan keluar, debit atau kredit, yang diperlukan oleh bank atau nasabah pemegang rekening sebagai bukti untuk menunjukkan bahwa nasabah yang bersangkutan benar adanya memiliki penghasilan atau arus kas di bank tersebut.

Pengertian lain menyebutkan bahwa rekening koran adalah laporan yang diberikan bank pada nasabahnya. Laporan tersebut berisi alur keluar masuk uang nasabah, baik debit atau kredit. 

Khususnya bagi nasabah yang memiliki rekening giro. Kalau Anda membuka rekening giro di bank, Anda akan mendapatkan laporan transaksi alur kas dari rekening Anda setiap bulannya. Inilah yang dimaksud dengan rekening koran. Informasi tentang transaksi keuangan di rekening tersebut beserta saldo kasnya yang berada di bank.

Tapi jangan salah, rekening koran tidak sama dengan laporan mutasi. Laporan mutasi bisa dilihat dan dicetak setiap hari, sedangkan rekening koran hanya bisa dicetak dalam kurun waktu minimal 1 bulan. 

Baca Juga: Ingin Rekonsiliasi Bank? Ini Komponen dan Prosedurnya

Fungsi Rekening Koran

Mengetahui Ringkasan Detail Transaksi

Rekening koran memiliki fungsi yang sama seperti buku tabungan, yakni menampilkan transaksi selama kurun waktu tertentu secara detail. Rekening koran berisi jumlah saldo awal dan akhir bulan, alur debit dan kredit, biaya administrasi, dan bunga bank. Selain menampilkan tanggal transaksi, rekening koran juga menampilkan catatan transaksi.

Mengajukan Visa ke Luar Negeri

Jika Anda akan ke luar negeri dalam rangka dinas atau liburan harus memiliki visa. Nah, untuk mengajukan permohonan visa, salah satu syaratnya adalah rekening koran 3-6 bulan terakhir untuk membuktikan Anda memiliki dana yang cukup untuk tinggal di sana dalam kurun waktu tertentu.  Selain rekening koran, biasanya Anda juga harus menyertakan slip gaji, SPT PPh 21, dan Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).  

Mengajukan Pinjaman

Rekening koran juga dibutuhkan ketika Anda akan mengajukan pinjaman ke bank, baik Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Ini untuk membuktikan bahwa alur keuangan Anda sehat dan mampu untuk membayar cicilan tiap bulan. 

Bukti Hukum

Jika Anda terlibat dalam perselisihan dengan pihak lain terkait dengan mutasi rekening, rekening koran bisa menjadi bukti hukum sah yang bisa digunakan. Misalnya, ketika Anda melakukan pembayaran belanja dengan melakukan transfer uang ke rekening penjual, namun penjual mengaku belum menerima uang yang Anda transfer, maka Anda bisa membuktikannya dengan rekening koran. 

Bukti Audit Keuangan Perusahaan

Bagi perusahaan, rekening koran sangat penting karena dapat merekap daftar keuangan perusahaan secara lengkap. Dengan mencetak rekening koran akan diketahui semua transaksi, termasuk jika terjadi transaksi tidak wajar, sehingga manajemen bisa langsung menanganinya. 

Syarat Lelang

Bagi yang ingin mengikuti lelang, terutama lelang proyek pemerintah atau swasta, biasanya akan diminta rekening koran. Tujuannya, untuk membuktikan peserta lelang bisa membayar jika menang lelang.

Komponen Rekening Koran

Memahami bagian-bagian dari rekening koran sangat penting untuk mendapatkan manfaat penuh dari dokumen ini. Informasi dasar di bawah ini memudahkan pengguna untuk mengetahui transaksi dan data rekening. Berikut adalah detail bagian dari rekening koran secara umum.

Informasi Bank

Informasi kontak lembaga keuangan Anda akan ada di rekening koran. Di dalam rekening koran mencantumkan nama bank, alamat, dan nomor telepon customer service bank yang bersangkutan.

Dengan informasi bank ini, Anda bisa dengan mudah menghubungi bank jika terjadi perbedaan penyesuaian antara laporan keuangan bisnis Anda dengan rekening koran dari bank (rekonsiliasi).

Informasi Bisnis

Di dalam rekening koran akan tercantum informasi mengenai perusahaan atau bisnis Anda. Seperti nama Anda sebagai pemilik bisnis, nama bisnis, alamat, dan nomor telepon.

Informasi Akun

Sedangkan informasi akun menjelaskan mengenai informasi dasar tentang rekening bank Anda. Seperti nama pemilik rekening dan nomor rekening.

Tanggal Periode

Di dalam rekening koran akan tercantum tanggal periode setiap dokumen ini diterbitkan. Misalnya, rekening koran yang terbit pada tanggal 1 Januari 2022 berisikan segala informasi transaksi periode Desember 2021, dari 1 Desember hingga 31 Desember 2022.

Ringkasan Akun

Terdiri dari saldo akun di awal dan akhir periode, total penarikan, dan total deposito. Ringkasan akun biasanya terletak di dekat bagian atas halaman rekening koran.

Ringkasan Transaksi

Sedangkan pada ringkasan transaksi akan terlihat paling menonjol dalam rekening koran. Ringkasan transaksi berisikan daftar setiap transaksi yang terjadi selama satu periode yang diurutkan secara kronologis. Untuk setiap transaksi yang terjadi akan tercantum tanggal, deskripsi, jumlah nominal transaksi yang terjadi, dan saldo akun setelah transaksi.

Kesimpulan

Nah, sudah paham ya apa itu rekening koran beserta fungsinya baik bagi individu maupun perusahaan? Mencetak rekening koran guna memeriksa keseluruhan transaksinya secara manual masih banyak dilakukan oleh pemilik bisnis atau perusahaan. 

Tapi sebagai pemilik bisnis yang cerdas kamu selayaknya sudah paham bahwa hal ini bisa dibuat lebih ringkas dengan penggunaan salah satu software ERP, yaitu MASERP dapat mengakomodasi pembuatan laporan keuangan perusahaan dan mendukung perusahaan untuk membuat kegiatan lain menjadi lebih efektif sesuai yang dibutuhkan perusahaan.

Dengan dukungan teknologi dan fitur canggih dari MASERP, perusahaan dapat mengakses data-data real time yang diperlukan di mana saja dan kapan saja. Tak hanya itu, MASERP juga memfasilitasi perusahaan dalam menyajikan 300+ laporan dan berbagai modul seperti akuntansi, penjualan, pembelian, aset, persediaan, dan lain-lain.

MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi konsultan ahli kami, gratis!

New call-to-action