7 Pertimbangan untuk Memberikan Promosi Jabatan

Saat bekerja tentu kita menginginkan adanya perubahan ke arah yang lebih baik dan kesempatan untuk bisa maju, setiap orang tentu mengharapkan kemajuan dalam hidupnya, termasuk dalam karir yaitu promosi jabatan.

Nah, kesempatan untuk bisa maju dalam sebuah perusahaan atau organisasi disebut juga dengan promosi (naik pangkat). Promosi ini berarti perpindahan dari satu jabatan yang sebelumnya ke jabatan yang baru dengan status dan tanggung jawab yang lebih tinggi pula.

Biasanya promosi jabatan yang lebih tinggi ini diikuti pula dengan kenaikan gaji serta fasilitas-fasilitas pendukungnya. Akan tetapi ada juga loh promosi jabatan yang tidak disertai dengan kenaikan gaji, ini dinamakan promosi kering. 

Pengertian Promosi Jabatan

Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas, pengertian promosi jabatan adalah proses perpindahan suatu jabatan ke jabatan yang lain dengan status dan tanggung jawab yang lebih tinggi. Hal ini juga diikuti dengan hak, status, dan penghasilan yang semakin besar.

Dari pengertian ini maka bisa disimpulkan jika promosi jabatan ini memiliki arti penting bagi perusahaan dan juga seseorang yang dipromosikan untuk kenaikan jabatan tersebut. Namun, tidak hanya berfokus pada gaji yang akan meningkat, tanggung jawab serta tugas pun akan lebih tinggi dibandingkan yang sebelumnya. Promosi jabatan ini bisa diartikan pula sebagai bentuk apresiasi atas prestasi yang telah diberikan oleh seorang karyawan.

Bahan Pertimbangan Perusahaan untuk Memberikan Promosi Jabatan

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang menjadi pertimbangan suatu perusahaan memberikan promosi jabatan kepada karyawannya. Yuk, simak ada apa saja pertimbangannya!

Loyalitas

Loyalitas yang tinggi seorang karyawan ternyata cukup penting dan dinilai karena menjadi salah satu pertimbangan untuk diberikan promosi. Semakin lama dia bisa berkontribusi maka akan semakin tinggi pula level pengetahuannya.

Promosi jabatan diberikan kepada karyawan loyal sehingga akan membentuk regenerasi karyawan. Karyawan loyal akan mendapatkan jabatan lebih tinggi, kemudian akan ada tenaga kerja baru yang menggantikan. Nah, pada regenerasi ini akan ada penyegaran baru sehingga bisa memberikan angin segar untuk perusahaan untuk ke arah yang lebih baik.

Motivasi Tinggi

Dalam sebuah team work inisiatif sangat diperlukan karena jika ada yang kurang memiliki inisiatif maka pekerjaan atau perkembangan perusahaan pun akan terhambat. Tidak ada hal-hal atau ide baru yang bisa dikembangkan. Untuk bisa memiliki inisiatif, maka seorang karyawan harus memiliki self motivation. 

Paling tidak dia memiliki motivasi untuk dirinya sehingga bisa meningkatkan kinerja yang berdampak bagi baik perusahaan. Seseorang dengan motivasi yang tinggi sangatlah diperlukan agar perusahaan bisa berkembang jadi lebih baik.

Baca Juga: Tips Wawancara Kerja Offline dan Online. Ketahui 6 Trik Psikologinya!

Solutif

Saat seseorang diberikan promosi jabatan sudah tentu akan diberikan tanggung jawab dan tugas yang lebih besar. Sehingga permasalahan yang akan dihadapi pun lebih rumit dan kompleks. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk bisa memberikan solusi terbaik pada setiap masalah yang muncul, maka itu tandanya Anda tidak berkompeten untuk diberikan tanggung jawab yang lebih besar.

Tidak hanya solutif, Anda juga harus bisa memberikan ide-ide kreatif dan terbuka dengan masukan dari orang lain agar bisa sama-sama saling berkembang membawa perusahaan ke arah yang lebih maju.

Tingkat Pendidikan

Untuk diberikan promosi jabatan biasanya perusahaan juga memberikan syarat tingkat pendidikan tertentu. Ini berkaitan dengan kompetensi atau kemampuan yang dimiliki karyawan tersebut. Harapannya tentu saja dengan pendidikan yang tinggi ini, karyawan diharapkan memiliki pemikiran yang lebih baik.

Saat memiliki pemikiran yang lebih baik, maka saat diberikan tanggung jawab yang lebih tinggi dia bisa lebih bertanggung jawab.

Komitmen Secara Profesional

Komitmen ini berkaitan erat dengan loyalitas yang sudah disebutkan pada poin pertama. Jika komitmen Anda sebagai karyawan tidak bisa ditunjukkan dengan baik maka sudah pasti tidak bisa atau bisa dibilang tidak layak untuk diberikan promosi jabatan. Seperti halnya, Anda mungkin sering bolos kerja atau tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dengan target yang sudah ditentukan.

Kalau seperti itu, saat diberikan tanggung jawab yang lebih tinggi dikhawatirkan nantinya tidak akan bisa perform dengan maksimal. Jadi komitmen ini menjadi poin penting yang dilihat ketika karyawan akan diberikan promosi jabatan.

Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik juga diperlukan dan menjadi pertimbangan penting untuk perusahaan saat akan diberikan promosi jabatan. Soft skill berupa komunikasi ini tidak bisa dipungkiri jadi poin penting karena tidak semua memilikinya. Tidak hanya bisa berkomunikasi baik dengan pihak internal perusahaan, dia juga harus bisa berkomunikasi dengan baik dengan pihak di luar perusahaan.

Manajemen yang Baik

Kemampuan manajemen yang baik menjadi pertimbangan paling utama dan penting dari seluruh pertimbangan untuk bisa karyawan diberikan promosi jabatan. Tidak hanya bisa mengelola kinerja di divisinya sendiri, tapi dia juga harus memiliki manajemen diri pribadi yang juga baik. Jika tidak, maka ini akan berimbas pada kinerjanya di kantor.

Kesimpulan

Mendapatkan promosi jabatan tentu saja diinginkan oleh setiap karyawan yang bekerja karena ingin menjadi seseorang yang lebih maju dan lebih baik. Namun, perlu diingat untuk bisa mendapatkan promosi jabatan tersebut, Anda juga perlu tahu poin-poin penting apa saja yang menjadi pertimbangan.

Poin-poin yang menjadi pertimbangan tersebut sudahkah Anda miliki? Terutama kemampuan manajemen yang baik, tidak hanya bisa menyelesaikan tanggung jawab dalam pekerjaan, tapi Anda wajib memiliki manajemen diri yang juga baik.

Contohnya saja kemampuan Anda dalam mengelola keuangan pribadi. Jika Anda tidak memiliki kemampuan untuk memanajemen hal ini, maka tentu akan sulit untuk mengelola permasalahan perusahaan yang nantinya lebih kompleks.

Bisa jadi target-target perusahaan menjadi tidak bisa tercapai akibat tidak adanya manajemen yang baik. Salah satu yang penting adalah pengelolaan manajemen keuangan perusahaan. 

Divisi keuangan atau finance khususnya harus bisa mengatur dan mengelola keuangan perusahaan dengan transparan agar bisa berjalan dengan baik. Untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk membuat laporan keuangan yang jelas, rapi, dan detail.

Software ini akan membantu Anda dalam membuat laporan-laporan keuangan di perusahaan. Jadi Anda pun tahu mengenai laporan kas dan laporan laba rugi. Selain itu, banyak pula fitur-fitur pendukung yang ada dalam software MASERP. 

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

Baca Juga: Contoh Slip Gaji Karyawan dan Komponen di Dalamnya