Contoh Slip Gaji Karyawan dan Komponen di Dalamnya

Sebagai seorang pekerja tentu saja slip gaji karyawan jadi berkas penting yang wajib diterima di setiap bulannya, contoh slip gaji bisa dibilang sebagai bukti resmi dari pembayaran upah yang diterima sebagai hak karyawan. 

Seperti yang kita tahu hak karyawan untuk mendapatkan slip gaji tertulis pada Pasal 17 ayat 2 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 yang berisi sebagai berikut:

“Setiap pengusaha wajib memberikan bukti pembayaran upah yang berisi rincian upah yang diterima oleh pekerja saat upah tersebut dibayarkan.”

Mengapa slip gaji karyawan itu penting? Dengan menerima slip gaji maka karyawan bisa melihat dengan detail dan rincian penghasilan yang didapatkan, mulai dari potongan, tunjangan, pajak, dan yang lainnya.

Tentu saja setiap perusahaan memiliki format slip gaji yang berbeda-beda. Ada banyak contoh referensi slip gaji karyawan yang tentu saja bisa Anda temukan di internet.

Namun perlu Anda ketahui jika ada beberapa detail-detail mendasar yang tentu saja harus masuk ke dalam format slip gaji, seperti nama karyawan, nomor ktp, potongan asuransi atau BPJS, periode gaji, bonus, dan yang lainnya.

Mengenal Contoh Slip Gaji Karyawan

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, setiap perusahaan memiliki formatnya masing-masing untuk slip gaji.

Perbedaannya memang tidak terlalu signifikan, tetapi jika Anda yang diminta untuk membuat slip gaji pasti akan merasa kebingungan juga, kan?

Anda bisa tenang sedikit karena cara yang bisa dilakukan, misalnya saja melihat contoh slip gaji karyawan yang ada di internet atau yang pernah dibuat sebelumnya sebagai referensi. 

Biasanya slip gaji ini akan diberikan setiap bulan sesuai dengan waktu penggajian di perusahaan. Slip gaji karyawan ini tentu saja bukan hanyalah lembaran belaka tapi sebagai bukti resmi perusahaan telah memberikan upah atau gaji kepada karyawan.

Jangan menganggap sepele perihal slip gaji karyawan ini, bisa saja Anda yang ada di bagian penggajian karyawan nantinya menghadapi beberapa karyawan yang menuntut kejelasan dari gaji yang sudah didapatkan.

Informasi Umum Mengenai Slip Gaji Karyawan

Dalam membuat slip gaji karyawan pastikan Anda memasukkan informasi umum secara detail mengenai nama, alamat, lokasi, dan juga nomor telepon perusahaan.

Setelah itu, Anda juga bisa menjelaskan spesifikasi departemen mana yang menaungi karyawan yang menerima gaji tersebut.

Data Personal Karyawan

Terdapat dua informasi personal karyawan yang harus Anda masukkan dalam format slip gaji yaitu, nomor KTP karyawan dan nama lengkap.

Dua informasi personal ini wajib ada karena untuk memudahkan dan mempercepat Anda untuk bisa mengalokasikan referensi standar penggajian setiap karyawan.

Informasi Pajak

Mengenai informasi pajak ini akan memperlihatkan keseluruhan data pajak umum yang akan dibayarkan, termasuk gaji setiap bulannya yang sudah didaftarkan di kantor pajak.

Baca Juga : Cara Menghitung Gaji Karyawan: Harian, Bulanan, Prorate

Komponen-Komponen yang Harus Ada Dalam Slip Gaji

Komponen slip gaji merupakan rincian berupa besaran gaji yang diterima oleh karyawan. Rincian itu terdiri dari besaran gaji, potongan, dan lainnya. Mengenai hal ini akan dijelaskan lebih lanjut lagi berikut ini.

  1. Gaji pokok adalah gaji dasar yang diterima oleh karyawan setiap bulan. Besarannya tentu saja disesuaikan dengan jabatan, jenjang karir, dan waktu lamanya bekerja. Biasanya setiap perusahaan memiliki gaji pokok yang juga berbeda-beda. Namun besarannya tentu saja diusahakan setara atau lebih tinggi dari upah minimum regional (UMR) wilayah perusahaan tersebut berada.
  2. Tunjangan, selain gaji pokok komponen selanjutnya adalah tunjangan yang diberikan oleh perusahaan. Tunjangan menjadi pelengkap dari gaji pokok. Tunjangan ini biasanya meliputi tunjangan jabatan, transportasi, komunikasi, dan konsumsi.
  3. Potongan, selain ada tunjangan tentu saja harus disertakan potongan yang tertulis dalam slip gaji. Potongan gaji ini ditambahkan dalam slip gaji sebagai bentuk transparansi gaji yang kita terima. Potongan yang dibebankan biasanya berupa Pajak Penghasilan (PPh) dan asuransi.
  4. Lembur, pekerja yang bekerja lebih dari 7 jam sehari atau 40 jam seminggu, maka perusahaan mewajibkan untuk memberikan upah lembur. Ini tentunya sesuai dengan aturan Menakertrans No. 102/MEN/VI/2004. Upah lembur ini tentu saja disesuaikan dengan lamanya waktu lembur yang dilakukan.
  5. Bonus, komponen yang satu ini sifatnya tidak tetap karena diterima oleh karyawan hanya di suatu kondisi tertentu. Misalnya ketika perusahaan bisa capai target, mendapat kualifikasi tertentu, atau juga berdasarkan performa kerja.

Format Slip Gaji Karyawan

Setelah Anda tahu apa saja komponen yang harus ada pada slip gaji, berikut ini adalah penjelasan mengenai format dari slip gaji karyawan. Yuk, kita lihat bagaimana format penulisannya!

Nama Perusahaan

Nama perusahaan jadi format yang wajib dituliskan pada slip gaji karyawan dan dituliskan pada baris paling atas. Nama perusahaan penting karena untuk mengetahui perusahaan apa yang mengeluarkan gaji tersebut.

Pernyataan Kerahasiaan Dokumen

Poin kedua adalah mengenai pernyataan kerahasiaan dokumen karena besaran gaji itu sifatnya rahasia dan hanya diketahui oleh perusahaan dan karyawan yang bersangkutan. Untuk itulah slip gaji harus tertulis “RAHASIA” atau “CONFIDENTIAL” di bawah nama perusahaan dalam formatnya.

Data Karyawan

Dalam slip gaji juga harus tertulis mengenai data lengkap karyawan sebagai penerima gaji. Data tersebut berupa nama karyawan, periode gaji, nomor pegawai, NIK, nomor NPWP, dan jabatan.

Komponen Gaji

Format slip gaji selanjutnya adalah mengenai rincian besaran gaji yang diterima lengkap dengan semua detail potongannya. Semua komponennya harus dituliskan dengan jelas agar tidak menimbulkan pertanyaan dari karyawan yang menerima upah atau gaji.

Detail atau Keterangan Pembayaran Gaji

Terakhir harus diberikan detail mengenai keterangan pembayaran gaji. Keterangan ini meliputi tanggal pembayaran, dibayarkan melalui apa, juga tanda tangan manager yang bersangkutan.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Contoh Slip Gaji

Manfaat Slip Gaji Karyawan

Bagi perusahaan dan karyawan slip gaji ini merupakan salah satu yang cukup penting karena bisa dibilang sebagai bukti resmi atau record. Jika bagi perusahaan slip gaji yang diberikan untuk karyawan berfungsi sebagai catatan atas pengeluaran gaji atau pengeluaran dana yang nantinya digunakan untuk mengecek cash flow pada perusahaan.

Sedangkan bagi karyawan slip gaji ini banyak memiliki manfaat dan kepentingan untuk berbagai keperluan, seperti:

  • Referensi ketika akan melamar pekerjaan baru
  • Mengajukan berbagai cicilan seperti rumah, elektronik maupun kendaraan
  • Mengetahui nominal besaran gaji secara rinci dan detail yang diterima

Kesimpulan

Slip gaji merupakan komponen cukup penting dalam hal pekerjaan karena terkait mengenai informasi secara rinci mengenai gaji yang diterima oleh setiap karyawan secara detail.

Mulai dari gaji pokok, tunjangan-tunjangan, potongan, bahkan sampai bonus terperinci jelas pada slip gaji tersebut.

Nah, bagi karyawan ini tentu saja penting agar tahu secara lengkap mengenai gaji yang diterimanya setiap bulan.

Untuk perusahaan slip gaji ini tentu saja juga merupakan poin penting karena sebagai pencatatan transaksi pengeluaran yang nantinya bisa dilakukan pengecekan atau evaluasi mengenai cash flow pada perusahaan.

Maka dari itu penting untuk melakukan pencatatan transaksi pengeluaran dan membuat laporan keuangan yang lengkap, terperinci, dan jelas.

Untuk itulah Anda membutuhkan software akuntansi yang bisa membantu memudahkan kegiatan perakuntansian pada perusahaan.

Software akuntansi modern dengan fitur lengkap yaitu MASERP bisa menjadi solusi yang bisa Anda gunakan untuk kegiatan perusahaan menjadi lebih lancar.

Jika kegiatan akuntansi dan kondisi pencatatan keuangan di perusahaan berjalan baik, maka ini akan berdampak pula pada kelancaran bisnis perusahaan.

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!