Pengertian Gudang dan 8 Fungsi Gudang yang Bisa Anda Pahami

Tahukah Anda gudang adalah sebuah hal yang wajib dimiliki oleh para pebisnis, terutama yang bergerak di bidang produksi maupun industri. Jadi dapat dikatakan, keberadaan gudang sebagai tempat penyimpanan barang atau hasil produksi tentu tidak dapat dilepaskan dari dunia perdagangan. Akan tetapi, apa sih pentingnya gudang bagi kelancaran bisnis? Nah agar kamu semakin paham, simak pengertian gudang selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Gudang?

Secara sederhana, pengertian gudang adalah sebuah ruang yang dibuat dengan tujuan untuk menyimpan berbagai barang. Namun dalam aktivitas ekonomi, pengertian gudang tak hanya terbatas sampai disitu.

Jika dilihat dari sisi bisnis, gudang adalah ruang penyimpanan produk sebelum akhirnya dijual atau didistribusikan kepada para konsumen maupun distributor dengan skala lebih kecil. Sampai di sini, dapat dipahami bahwa gudang adalah suatu fasilitas yang digunakan sebagai lokasi penyaluran barang dari pihak pemasok hingga sampai ke tangan pengguna.

Baca Juga: Tipe Software Gudang dan Rekomendasi Terbaik untuk Anda!

Macam – Macam Gudang

Gudang Berdasarkan Jenis Barang yang Disimpan

1. Gudang Bahan Baku
2. Gudang Mesin
3. Gudang Perlengkapan
4. Gudang Kain

Gudang Berdasarkan Kepemilikannya

1. Gudang milik sendiri.
2. Gudang milik pihak lain yang digunakan dengan cara menyewa

Gudang Berdasarkan Tempat

1.Gudang toko, yakni gudang yang tempatnya menyatu ataupun berada dikawasan toko pemiliknya.

2. Gudang pabrik, yakni gudang yang tempatnya berada dikawasan pabrik.

3. Gudang pelabuhan, yakni gudang yang tempatnya berada dikawasan pelabuhan, gudang pelabuhan sanggup dibedakan menjadi: Veem (Dock-Company), Entreport, Freeport, dan Bonded Warehouse.

Gudang Berdasarkan Bentuk dan Karakteristikinya

1. Gudang tertutup, yakni suatu ruang penyimpanan dalam suatu bangunan beratap dinding samping dan dinding ujung.

2. Gudang terbuka, dibedakan menjadi 2 yaitu:

Gudang terbuka yang tidak diolah yaitu gudang yang biasanya untuk menyimpan yang sifatnya sementara dan tidak terpengaruh terhadap perubahan cuaca.

Gudang terbuka diolah yaitu gudang yang biasanya digunakan untuk menyimpan logistik tidak cepat terpengaruh perubahan cuaca.

3. Gudang semi tertutup (lumbung), yakni suatu bangunan beratap tanpa dinding-dinding ujugg yang lengkap dan dapat digunakan untuk menyimpan barang logistik dan tidak memerlukan perlindungan yang lengkap terhadap perubahan udara.

Fungsi Gudang

Sebagai lokasi penting untuk memfasilitasi proses dan kegiatan pengelolaan barang, maka dapat dipahami bahwa fungsi gudang adalah sebagai berikut:

Penerimaan

Penerimaan atau receiving adalah proses penerimaan material pesanan perusahaan yang dikirim oleh pihak supplier sekaligus mendistribusikannya ke lantai produksi dengan tetap mempertahankan kualitasnya.

Persediaan

Dalam proses persediaan, fungsi gudang adalah untuk menjamin agar permintaan konsumen dapat terpenuhi sehingga mendukung terwujudnya kepuasan pelanggan.

Penyisihan

Penyisihan atau put away merupakan kegiatan peletakan barang-barang ke dalam lokasi penyimpanan.

Penyimpanan

Juga bisa dengan istilah storage, kali ini fungsi gudang adalah sebuah bentuk fisik dari produk-produk yang disimpan sebelum adanya permintaan dari konsumen.

Pengambilan pesanan

Sesuai namanya, pengambilan pesanan atau order picking adalah proses pengambilan barang sesuai permintaan konsumen dari gudang.

Pengepakan

Setelah pengambilan pesanan usai, maka selanjutnya akan dilakukan proses pengepakan atau packaging.

Penyortiran

Di sini, fungsi gudang adalah sebuah proses pengambilan batch menjadi pesanan individu sekaligus mengakumulasi distribusi pengambilan barang. Penyortiran dapat terjadi akibat adanya variasi produk dalam jumlah yang sangat besar.

Pengepakan

Terakhir, ada proses pengepakan dan juga pengiriman yang dilakukan untuk memeriksa barang, mulai sejak berada dalam kontainer hingga terjadinya pengiriman.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, Anda sudah tahu kan bahwa gudang adalah pendukung aktivitas ekonomi yang sangat penting. Anda dapat melacak barang dagang yang masuk ke gudang, lalu menyusunnya sesuai rak yang sudah ditentukan dan memenuhi pemesanan barang.

Ada empat jenisnya yaitu standalone system, software ERP, cloud WMS dan modul supply chain. Bagi perusahaan manufaktur dan distributor, software ERP merupakan hal yang tidak asing. Software satu ini menjadi andalan dalam kegiatan operasi berbagai industri.

Software ERP memang memerlukan investasi yang lumayan mahal, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software ERP MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

Takut data bocor? Jangan khawatir! Anda bisa mengontrol siapa saja yang boleh membuat dan mengedit transaksi dan laporan perusahaan, jadi tidak setiap orang bisa melihat data yang bukan tanggung jawabnya.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

New call-to-action