4 Jenis Laporan Audit dan Format Penyusunannya

Laporan audit umumnya disertai laporan tahunan perusahaan. Laporan ini diperlukan oleh bank, lembaga keuangan, investor, kreditur dan pemerintah. Ketika auditor mengeluarkan laporan yang jelas dan bersih, itu berarti laporan keuangan perusahaan telah sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Laporan yang unqualified report akan menginformasikan kepada Anda bahwa laporan keuangan tersebut memiliki beberapa kesalahan yang perlu diperbaiki. Ketahui berbagai jenis laporannya di bawah ini!

Pengertian Laporan Audit

Audit akun perusahaan umumnya dilakukan oleh auditor eksternal yang independen. Laporan audit adalah dokumen atau surat dari auditor perusahaan yang merupakan hasil akhir dari sebuah proses audit. Dokumen ini berisi pendapat auditor mengenai apakah laporan keuangan perusahaan seperti laporan neraca sudah sesuai dengan standar akuntansi dan apakah bebas dari material yang salah penyajiannya.

Laporan ini juga mencakup aset dan kewajiban perusahaan, serta menyajikan penilaian auditor terhadap posisi keuangan dan dan masa depan perusahaan. Laporan ini diwajibkan oleh hukum kalau perusahaan diperdagangkan secara publik atau dalam industri yang diatur oleh Securities and Exchange Commission (SEC). Perusahaan yang mencari pendanaan, serta yang ingin meningkatkan pengendalian internal, menganggap laporan ini penting.

Laporan audit sangat penting bagi sebuah perusahaan. Investor mengandalkan laporan audit untuk menilai kesehatan keuangan sebuah perusahaan dan menentukan banyak keputusan dari laporan tersebut. Pihak regulator juga membaca laporan audit karena memberi tahu mereka seberapa akurat informasi keuangan yang dilaporkan.

Ketika laporan audit merugikan, hal tersebut dapat mempengaruhi status dan reputasi perusahaan. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan memiliki praktik akuntansi yang baik agar auditnya berjalan dengan baik.

Baca Juga: 9 Prosedur Audit untuk Hasil Akurat

Jenis Laporan Audit

Ada empat jenis laporan audit yaitu unqualified opinion (pendapat wajar tanpa pengecualian), qualified opinion (pendapat wajar dengan pengecualian), adverse opinion (pendapat tidak wajar), dan disclaimer of opinion (tidak memberikan pendapat). Unqualified atau “cleanopinion adalah jenis laporan terbaik.

Unqualified Opinion

Unqualified opinion atau pendapat wajar tanpa pengecualian disebut juga opini bersih yang merupakan laporan yang dikeluarkan auditor dan menyatakan bahwa tiap catatan keuangan yang disediakan oleh usaha kecil bebas dari kesalahan penyajian. Selain itu, unqualified opinion menunjukkan bahwa catatan keuangan telah dimaintenance sesuai dengan standar akuntansi. 

Biasanya laporan ini terdiri dari judul yang menyertakan kata “independen” yang berarti laporan disiapkan oleh pihak ketiga yang tidak memihak. Judul laporan disertai dengan body yang berisi tiga paragraf, bagian utama berisi tanggung jawab auditor, tujuan audit dan temuan auditor. Auditor menandatangani dan memberikan tanggal di dokumen, termasuk alamat.

Qualified Opinion

Dalam kondisi catatan keuangan perusahaan tidak dibuat sesuai dengan standar akuntansi tetapi tidak ada kesalahan penyajian yang teridentifikasi, auditor akan mengeluarkan pendapat wajar dengan pengecualian (qualified opinion). Penulisan qualified opinion sangat mirip dengan unqualified opinion. Qualified opinion mencakup paragraf tambahan yang berisi alasan mengapa laporan audit tidak wajar tanpa pengecualian.

Baca Juga: Apa Itu Audit Sistem Informasi? Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Adverse Opinion

Jenis laporan keuangan terburuk yang dapat dikeluarkan untuk perusahaan adalah adverse opinion. Hal tersebut menunjukkan bahwa catatan keuangan perusahaan tidak sesuai dengan standar akuntansi. Selain itu, catatan keuangan yang disediakan oleh perusahaan sangat disalahpahami.

Meskipun mungkin terjadi karena kesalahan, sering kali berupa indikasi penipuan. Ketika jenis laporan ini diterbitkan, perusahaan harus mengoreksi laporan keuangannya dan mengauditnya kembali, karena investor, kreditur, dan pihak peminta lainnya tidak akan menerimanya.

Disclaimer of Opinion

Pada beberapa kesempatan, auditor tidak dapat menyelesaikan laporan audit yang akurat. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan seperti tidak adanya catatan keuangan yang sesuai. Ketika ini terjadi, auditor mengeluarkan pernyataan tidak memberikan pendapat, yang menyatakan bahwa pendapat tentang status keuangan perusahaan tidak dapat ditentukan.

Format Laporan Audit

  • Judul (title): laporan auditor independen. Judul laporan audit harus sederhana dan mencantumkan kata “independen”. Ini menunjukkan bahwa audit dilakukan oleh pihak ketiga eksternal, independen dan tidak memihak pada perusahaan tersebut.
  • Penerima (addressee): laporan tersebut dengan jelas menyatakan untuk siapa ditujukan misalnya kepada pemegang saham perusahaan atau nama direksi perusahaan.
  • Pengantar (introduction): bagian ini berisi pernyataan berupa nama perusahaan yang diaudit, tanggal periode keuangan yang diaudit, dan biasanya juga berisi tahun fiskal.
  • Tanggung jawab direktur dan auditor (responsibilities of directors and auditors): bagian ini menyatakan tanggung jawab direktur perusahaan yang diaudit dan tanggung jawab auditor. Ini menyatakan bahwa manajemen dan direktur perusahaan menerima tugas menyediakan auditor dengan semua dokumentasi keuangan yang diperlukan. Dokumentasi yang diberikan harus benar dan akurat, serta sepengetahuan direktur. Auditor berperan mengaudit laporan keuangan yang diberikan perusahaan. Auditor juga membentuk opininya sendiri berdasarkan informasi yang diberikan.
  • Pendapat (opinion): berisi pendapat auditor
  • Dasar pendapat (basis of opinion): bagian ini menyatakan bahwa audit dilakukan sesuai dengan standar dan menjelaskan proses dan sumber daya audit. Bagian ini juga umumnya akan lebih panjang daripada yang lainnya.
  • Tanggung jawab pelaporan lain (other responsibility reporting): tanggung jawab pelaporan lain dapat berupa persyaratan hukum atau peraturan yang berlaku saat ini.
  • Tanda tangan auditor beserta tanggal dan tempat.

Kesimpulan

Empat jenis laporan audit antara lain unqualified opinion (pendapat wajar tanpa pengecualian), qualified opinion (pendapat wajar dengan pengecualian), adverse opinion (pendapat tidak wajar), dan disclaimer of opinion (tidak memberikan pendapat). Unqualified opinion adalah jenis laporan terbaik.

MASERP memudahkan perusahaan mencatat semua transaksi secara akurat sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Kalau Anda khawatir bagaimana menyusun laporan keuangan dengan format yang benar dan perhitungan yang akurat, MASERP adalah solusinya. Cara ini juga memudahkan auditor untuk mengakses semua informasi yang mereka butuhkan secara transparan dan cepat karena semua data perusahaan berada di dalam satu database terpusat.

MASERP juga memudahkan divisi akuntansi perusahaan untuk memastikan bahwa akun mereka sudah rapi bahkan sebelum audit eksternal dimulai dengan membuat laporan neraca, laba rugi dan lain sebagainya.

Ketahui lebih lanjut mengenai MASERP dan ceritakan kebutuhan serta kendala bisnis Anda kepada konsultan ahli kami sekarang, gratis!

New call-to-action