5 Jenis-Jenis Software Akuntansi dan Manfaatnya

Untuk membuat kegiatan operasi bisnis berjalan lancar dan berhasil, Anda memerlukan software akuntansi. Software ini membantu Anda memonitor kesehatan keuangan bisnis, bahkan dapat mengetahui bagian mana di perusahaan Anda yang berhasil dan memerlukan perbaikan. Berbagai bisnis, baik yang berskala kecil maupun enterprise membutuhkan software ini. Saat ini di pasaran tersedia berbagai jenis-jenis software akuntansi dengan berbagai macam fitur dan harga yang ditawarkan. Mungkin saat ini Anda sedang kebingungan, mengapa harga yang ditawarkan berbeda antar vendor dan apakah yang membedakan harga tersebut? Berikut ini saya berikan penjelasan singkatnya!

Manfaat Software Akuntansi untuk Perusahaan

Sebelum mengenal berbagai jenis software akuntansi, ada baiknya Anda memahami manfaat apa saja yang akan diperoleh perusahaan Anda ketika menggunakan software akuntansi. Berikut ini daftar manfaatnya:

Membuat Proses Lebih Sederhana

Salah satu manfaat software akuntansi adalah memberikan kemudahan dan kontrol yang mudah bagi user yang tidak memiliki background akuntansi, karena software akuntansi dirancang untuk memberikan arti angka dan melakukan perhitungan secara otomatis.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya training yang besar, software akuntansi memungkinkan pemilik bisnis untuk menyelesaikan semua urusan akuntansi dan mematuhi standar hukum dengan simple dan sederhana.

Menghemat Biaya

Software akuntansi dapat membuat proses menjadi terotomatisasi seperti perhitungan saldo dan prosedur administrasi, selain itu juga mengendalikan rencana keuangan sehingga bisnis tidak diminta untuk mengalihkan urusan manajemen keuangan ke pakar eksternal di luar perusahaan.

Perusahaan juga dapat mengurangi biaya yang berhubungan dengan pencetakan dan distribusi dokumen, juga penyimpanan data sensitif di lokasi yang aman dan dapat dimonitor seperti cloud computing.

Contoh terakhir untuk distribusi dokumen di perusahaan melalui sistem akuntansi adalah pengecekan laporan rekening dan salinan general ledger atau buku besar di dalam satu sistem. Anda pun bisa mengunduh laporannya dalam bentuk PDF dan dikirimkan kepada karyawan yang memerlukan. Semua operasional akuntansi terintegrasi di dalam software akuntansi, termasuk MASERP.

MASERP dapat menghemat biaya dan pengeluaran perusahaan karena Anda cukup membeli satu software saja untuk berbagai departemen di perusahaan, pembayarannya pun dilakukan on premise, sekali bayar di awal. Bayangkan kalau Anda harus membeli banyak software untuk tiap departemen, berapa ratus juta yang harus dikeluarkan perusahaan?

Transparansi

Jenis-jenis software akuntansi yang baik adalah yang dapat menghindari human error atau kesalahan manusia yang berulang. Dalam bisnis, menghitung total yang tidak akurat atau gagal melaporkan data tepat waktu dapat menyebabkan krisis. Di sinilah perhitungan secara otomatis dapat membantu dan berperan penting dalam audit transparansi keuangan.

Bagi pihak manajemen pun dapat melihat dan memonitor progress dan operasional perusahaan sesuai yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan bisnis.

Perkiraan Akurat

Tanpa software akuntansi yang tepat, membuat rincian pola dan tren kinerja keuangan perusahaan akan memakan waktu lama. Software akuntansi memberi value pada data angka di dalamnya, membantu manajemen memahami kapan dan bagian mana yang harus dihemat pengeluarannya atau di mana harus berinvestasi lebih banyak. Dari data yang tersaji di software akuntansi, Anda bisa mengembangkan strategi yang smart dan mengalokasikan sumber daya ke channel yang tepat.

Meningkatkan Produktivitas

Ketika Anda membaca beberapa artikel mengenai manfaat software akuntansi, pasti Anda akan menemukan kata meningkatkan produktivitas. Ini benar adanya, karena dengan software akuntansi dapat membuat pekerjaan sehari-hari perusahaan yang paling rumit menjadi lebih mudah dalam mengumpulkan, mengatur dan menganalisis hasilnya. 

Karyawan Anda tidak lagi stress karena work flow yang terlalu panjang dan rumit, dengan software akuntansi pekerjaan menjadi lebih efisien karena otomatisasi yang mengurangi pekerjaan berulang.

Software akuntansi membantu penggunanya menjadi lebih cerdas dengan sumber daya yang tersedia sehingga bisa meningkatkan efisiensi standar pelaporan dengan data yang akurat. Lalu, ini akan membantu manajemen dalam mengambil keputusan.

Jenis-Jenis Software Akuntansi

Mematuhi Undang-Undang Perpajakan

Saat ini hampir setiap software akuntansi secara otomatis mematuhi undang-undang perpajakan sebagai bagian dari data internalnya, sehingga bisnis dapat menghindari hukuman dan konsekuensi lain yang berhubungan dengan aturan pajak.

Software akuntansi yang ada di pasaran saat ini begitu komprehensif yang memberikan setiap detail yang diperlukan untuk mematuhi undang-undang perpajakan.

Menjaga Hubungan Pelanggan

Berbagai jenis-jenis software akuntansi memiliki hubungan dengan manajemen hubungan pelanggan (customer relationship management). Software akuntansi saat ini berperan dalam penagihan dan pembuatan faktur yang efektif, mencegah segala macam penundaan dan miskomunikasi, serta membuat kinerja perusahaan tampak lebih profesional dan kredibel.

Dengan software akuntansi, perusahaan bisa menyampaikan setiap informasi yang penting atau terkait dengan produk. Perusahaan dapat mengirimkan pengingat pembayaran yang masih terutang dan menerimanya, perusahaan dapat mengirimkan catatan atau invoice ke pelanggan.

Semua ini masuk dalam membangun hubungan pelanggan yang kuat dan membuat bisnis layak untuk jangka panjang.

Keamanan Data

Data yang berkaitan dengan kegiatan keuangan bisnis merupakan info yang berharga dan harus dicegah agar tidak disalahgunakan oleh orang yang salah. Inilah manfaat yang diberikan software akuntansi untuk penggunanya, software akuntansi mencegah dari pencurian data dengan memberikan ID atau username dan password. Software MASERP memiliki fitur hak akses, di mana Anda dapat mengatur siapa saja pengguna yang dapat mengakses fitur dan modul tertentu, misalnya divisi produksi hanya bisa mengakses modul manufaktur dan divisi akuntan bisa mengakses modul keuangan dan general ledger. Tidak hanya itu, di MASERP Anda bisa mengecek history login dan aktivitas dari setiap pengguna di dalam software. Aman bukan?

Jenis-Jenis Software Akuntansi

Setiap perusahaan sebaiknya memilih software akuntansi berdasarkan kebutuhan, maksudnya adalah bagi perusahaan berskala kecil atau UMKM tidak akan sama kebutuhannya dengan perusahaan besar yang memiliki ratusan karyawan, sesuai kebutuhan transaksi harian, sesuai industri bisnis, sesuai banyaknya user.

Perbedaan harga yang ditawarkan oleh tiap vendor software akuntansi dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti fitur yang mereka tawarkan, jumlah user yang didapatkan, biaya maintenance dan training user, dan masih banyak lagi.

Berikut ini beberapa jenis-jenis software akuntansi:

Berdasarkan Ukuran Bisnis

Software Akuntansi Bisnis Kecil-Menengah

Software akuntansi yang ada di pasaran saat ini umumnya sudah dapat menangani sebagian besar kebutuhan akuntansi bisnis dari yang berukuran kecil hingga menengah. Software akuntansi dapat digunakan hampir di semua industri bisnis, beberapa vendor menawarkan kustomisasi agar bisa digunakan di bisnis spesifik.

Software akuntansi biasanya akan menyertakan grafik yang merangkum data, laporan yang memberikan info mengenai kesehatan bisnis serta formulir yang berhubungan dengan urusan perpajakan. Software ini umumnya berupa program sederhana, mudah digunakan dan menggunakan internet untuk mengaksesnya.

Setiap jenis-jenis software akuntansi memiliki kelebihan dan kekurangan. Oleh sebab itu Anda perlu melakukan riset lebih dalam sebelum memutuskan untuk memakainya di perusahaan Anda.

Baca Juga: 5 Contoh Software Akuntansi Beserta Harga

Software Akuntansi Enterprise

Perusahaan yang lebih besar pasti akan memiliki kegiatan yang sangat kompleks, dan software akuntansi enterprise membantu mengelola dan memberikan solusi dari kompleksitas tersebut. Software akuntansi untuk enterprise disebut juga software ERP karena mengintegrasikan akuntansi dengan modul lain seperti manajemen produksi, manajemen persediaan, project planning, dan masih banyak lagi.

Umumnya, ketika bisnis besar memilih jenis-jenis software akuntansi, mereka akan melewati beberapa tahap yang meliputi permintaan informasi dari vendor software, demonstrasi software, trial menggunakan software tersebut, meeting internal dan lain-lain.

Software enterprise memiliki dasar database yang terintegrasi yang bisa menunjukkan hubungan antara kumpulan informasi yang beragam seperti volume penjualan antara pelanggan dan wilayah, volume produksi, jumlah persediaan barang di tiap gudang dan masih banyak lagi.

MASERP merupakan salah satu contoh software akuntansi enterprise karena dapat memfasilitasi perusahaan besar yang memiliki ribuan transaksi setiap harinya, perusahaan yang memiliki multi cabang dan gudang dengan ribuan persediaan barang, serta berbagai industri spesifik karena MASERP dapat dikustomisasi sesuai dengan alur kerja perusahaan Anda.

Jenis-Jenis Software Akuntansi
Jenis-Jenis Software Akuntansi

Software Akuntansi Custom

Tidak sedikit perusahaan yang membuat software akuntansinya sendiri karena tidak ada software komersial yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan dan mungkin karyawan yang kompeten untuk mengerjakannya. Padahal sebenarnya, membuat software akuntansi dari nol justru akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan mengeluarkan biaya yang besar juga. Sebaiknya, Anda memiliki vendor software akuntansi yang sudah memiliki program standar dan Anda bisa meminta modifikasi di beberapa fiturnya, sehingga menghemat waktu dan bisa lebih cepat digunakan.

Baca Juga: MASERP: ERP Terbaik dengan Fitur Lengkap dan Terpercaya

Berdasarkan Lokasi Data

Software Akuntansi Cloud

Untuk perusahaan berskala kecil, cloud sangat berguna karena menyediakan berbagai fungsionalitas dengan harga yang affordable karena tidak memerlukan pembayaran besar atau investasi di awal. Harga yang ditawarkan umumnya juga termasuk training user, customer support dan update program. 

Vendor cloud yang tepat akan menawarkan peningkatan skalabilitas dan agility bisnis, oleh karena itu dengan cloud computing Anda bisa memperoleh fleksibilitas yang tinggi serta menghemat waktu dan uang.

Meskipun data dan encryption dibagikan dengan pihak ketiga, tetapi ada kepemilikan bersama dan aksesibilitas yang akan menjadi masalah jika ada downtime.

Baca Juga: Mencari Software Akuntansi Custom? Perhatikan 4 Pertimbangan ini!

Software Akuntansi On Premise

Selain cloud, software akuntansi pun ada yang dijual secara on premise atau diinstall di server milik perusahaan sehingga data yang tersimpan lebih aman. Perusahaan juga memiliki tanggung jawab dalam proses dan maintain software, deployment dilakukan in house menggunakan infrastruktur perusahaan, perusahaan memiliki kontrol penuh atas sistem mereka dan itulah berbagai alasan perusahaan besar memilih untuk memakai software akuntansi on-premise.

Jenis-Jenis Software Akuntansi

Kesimpulan

Software akuntansi memberikan berbagai manfaat bagi perusahaan antara lain membuat proses lebih sederhana dan mudah digunakan, menghemat biaya, transparansi data, memiliki perkiraan yang akurat, menjaga hubungan dengan pelanggan, patuh pada UU Perpajakan, meningkatkan produktivitas dan keamanan data yang terjamin.

Berdasarkan ukuran perusahaan, jenis-jenis software akuntansi antara lain software akuntansi untuk perusahaan kecil-menengah, software akuntansi enterprise dan software akuntansi custom. Berdasarkan lokasi data, software akuntansi dapat dibedakan menjadi on premise dan cloud.

MASERP sebagai salah satu software ERP yang sudah dipercaya oleh ribuan perusahaan memiliki fitur dan modul yang dapat memfasilitasi hampir seluruh departemen di perusahaan seperti manufaktur, pembelian, penjualan, manajemen gudang, persediaan barang, keuangan, general ledger, project management, dan masih banyak lagi.

MASERP dapat digunakan secara hybrid online serta bisa dipakai oleh perusahaan yang memiliki aktivitas multi company, multi gudang, dan multi currency tanpa tambahan biaya. Dengan begitu, Anda dapat menghemat anggaran perusahaan karena hanya membeli satu software tetapi bisa digunakan oleh satu perusahaan.

Perusahaan Anda memiliki alur bisnis yang spesifik? Jangan khawatir, Anda bisa melakukan modifikasi di beberapa fitur MASERP untuk disesuaikan dengan business flow perusahaan Anda.

Segera konsultasikan kendala dan kebutuhan perusahaan Anda dengan konsultan ahli MASERP sekarang, gratis!

New call-to-action