Invoicing Online: Keuntungan dan Softwarenya

Bagi pengusaha, baik usaha kecil maupun dalam skala perusahaan, pasti saat ini sangat memahami bahwa kondisi pasar semakin kompetitif. Dapat menarik dan mempertahankan customer salah hal yang penting untuk dapat mengembangkan bisnis dan bertahan di pasar dalam jangka waktu yang lama. Sebuah bisnis harus dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan pelanggan, salah satu caranya adalah dengan menggunakan invoicing online yang dapat membantu menyederhanakan berbagai proses faktur.

Selain urusan produktivitas, proses invoicing yang lebih baik akan menuju kepada peningkatan arus kas. Apakah bisnis Anda masih membuat invoice secara manual di kertas dan sheets Excel? Ini bukan cara yang efisien dalam membuat invoice. Software invoicing online adalah solusi yang tepat, banyak bisnis yang sudah merasakan banyak keuntungannya, apakah kamu ingin merasakan juga?

Keuntungan Invoicing Online

Mudah dan Cepat

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk membuat satu kertas invoice dalam sekali transaksi? Apakah mencapai 30 menit atau bahkan lebih? Tentunya ini tidak efisien. Apabila bisnis Anda sudah berskala besar dan memiliki ribuan transaksi dalam sehari, membuat invoice secara manual pasti akan membuat karyawan Anda frustasi. Belum lagi akan ditemukan adanya human error seperti kesalahan perhitungan atau input pesanan.

Dengan invoicing online di software akuntansi, Anda dapat menyimpan semua informasi customer penting dalam satu sistem, jadi ketika Anda akan membuat invoice hanya membutuhkan waktu 3 menit dan bisa segera mengirimkan ke customer. Invoice dapat disimpan dalam bentuk PDF sebagai referensi di waktu mendatang. Jadi, pembuatan invoice online dapat menghemat waktu Anda dalam memproses invoice yang rumit dan jumlahnya banyak.

Data Tersimpan di Cloud

Ketika Anda mengimplementasikan invoice cloud, sudah dipastikan Anda tidak akan menemukan masalah kehilangan data lagi. Semua data yang Anda input ke billing software berbasis web akan secara otomatis tersimpan di cloud.

Ketika Anda menyimpan data online, Anda hanya perlu login akun dan segera buat invoice. Pencarian data konsumen maupun transaksi, tinggal klik pada fitur yang bersangkutan. Anda tidak perlu lagi mencari tumpukan kertas yang memakan tempat penyimpanan di ruangan Anda, cara tersebut juga menghabiskan waktu dalam mencari data.

Invoicing Online

Otomatisasi Proses

Salah satu keuntungan membuat invoicing online adalah kemampuan otomatisasi yang dapat membantu bisnis mengurangi usaha ekstra dalam melakukan tugas berulang kali. Anda dapat mengatur akun pembayaran berulang untuk customer reguler Anda dan memberikan info pengingat pembayaran secara otomatis agar mereka membayar tepat waktu. Ini akan membantu membuat model bisnis subscription-based untuk mempertahankan customer dalam waktu lama.

Membangun Brand Identity yang Kuat

MASERP sebagai salah satu software yang memiliki fitur invoicing online membantu Anda memperkuat brand identity dengan menambahkan logo dan identitas bisnis Anda di dalam faktur. Brand identity yang kuat akan meninggalkan kesan positif. Bahkan, beberapa software memungkinkan Anda untuk membuat notifikasi otomatis yang disesuaikan untuk customer saat meminta dan menerima pembayaran.

Keamanan Terjamin

Kehilangan kertas invoice adalah masalah yang paling sering ditemui sebagian bisnis. Keamanan merupakan salah satu perhatian utama dalam bisnis. MASERP, membantu Anda menyimpan semua informasi penting di server Anda sendiri (on-premise) maupun di cloud. Kalau data sudah tersimpan, Anda dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja dengan memasukkan username serta password saat login.

Menghemat Biaya

Saat Anda memperhitungkan waktu yang dibutuhkan untuk membuat, mengirim, dan memproses setiap faktur, Anda akan mudah memahami mengapa bisnis menghabiskan banyak biaya untuk invoice kertas (termasuk tinta dan ongkos kirim). Invoicing online akan menghilangkan semua biaya ini. Otomatisasi bisnis juga dapat mengurangi biaya pembuatan invoice hampir 30%.

Memudahkan Proses Audit

MASERP, software invoicing terbaik membantu Anda menyimpan semua data di cloud. Invoice, perkiraan biaya, penerimaan kas, pengeluaran, laporan keuangan, dll. Dashboard menyajikan data yang dapat akses ke setiap laporan untuk analisis yang lebih detail.

Fitur yang berhubungan dengan laporan memudahkan Anda melakukan analisis terperinci untuk laporan bisnis. Saat pembayaran pajak, Anda atau akuntan, dapat menentukan potongan pajak yang memenuhi syarat. Software MASERP, mencatat semua data transaksi Anda dan dengan cepat menemukan semua pengeluaran serta penerimaan kas di satu tempat untuk membantu Anda dalam pembuatan laporan dan audit.

Baca Juga: Rekomendasi Software Laporan Keuangan Terbaik 2022

MASERP: Software Invoicing Online Terbaik

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa pembuatan invoicing online memberikan banyak keuntungan untuk bisnis. Banyaknya vendor software akuntansi saat ini, mungkin akan membuat Anda bingung menentukan mana yang terbaik.

MASERP sebagai salah satu vendor terbaik sudah melayani ribuan perusahaan dari berbagai industri sejak tahun 1984. Di dalam modul pembelian dan penjualan terdapat fitur faktur (invoice). 

Faktur Pembelian dan Penjualan di MASERP
Faktur Pembelian dan Penjualan di MASERP
Daftar Faktur Pembelian Melalui Bukti Penerimaan Barang
Pembuatan Faktur Pembelian yang Dilengkapi Informasi PPN
Daftar Faktur Penjualan via Surat Jalan di MASERP
Faktur Penjualan Half Page

Baca Juga: MASERP: ERP Terbaik dengan Fitur Lengkap dan Terpercaya

Kesimpulan

Beberapa keuntungan invoicing online untuk bisnis adalah mudah dan cepat, data tersimpan di cloud, keamanan terjamin, membangun brand identity, otomatisasi proses, menghemat biaya dan memudahkan dalam proses audit.

Berkembangnya teknologi saat ini yang serba digital, dalam transaksi dan faktur pun bisa dialihkan menjadi digital, Anda bisa gunakan software akuntansi modern seperti MASERP. MASERP memiliki modul dan fitur lengkap seperti penjualan, pembelian, keuangan, manufaktur, distribusi, aset tetap, karyawan, inventory, pajak, 300+ laporan siap cetak dan masih banyak lagi. Software ini dapat dipasang di server kantor atau di cloud. Kelebihan pemasangan di server kantor, Anda bisa menggunakan program walaupun internet mati.

Yang membedakan MASERP dengan vendor lain, MASERP dapat dicustom sesuai dengan bisnis flow perusahaan Anda dan dapat juga diintegrasi dengan software lain. Biarkan software yang beradaptasi dengan bisnis flow Anda, bukan Anda yang mengikuti flow software.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!

New call-to-action