4 Keunggulan dan Karakteristik Blockchain Bagi Perusahaan

Blockchain adalah sebuah cara menyimpan data secara digital yang saling terkoneksi antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Perkembangan teknologi ini sedang populer karena marak digunakan.

Penggunaan blockchain sendiri tidak terlepas dari cryptocurrency, meskipun sebenarnya ada banyak bidang lain yang menggunakan teknologi ini. Salah satu alasan mengapa teknologi ini banyak penggunanya adalah karena banyak orang yang menganggap sistemnya lebih transparan, selain bisa menghasilkan keuntungan.

Apa Itu Blockchain?

Blockchain adalah kumpulan blok-blok yang berisikan data transaksi yang dikaitkan dan diurutkan satu sama lain untuk membuat sebuah rantai. Secara harfiah, blockchain artinya rantai yang terdiri dari blok-blok. Jadi, fungsi blockchain ialah sebagai sistem penyimpanan data digital berisi hash.

Hash adalah kode alfanumerik yang mewakili kata, pesan, atau data yang dibuat oleh algoritma khusus menggunakan kode kriptografi. Setiap blok memiliki hash unik dan berbeda.

Blok yang paling baru atau yang paling terakhir dikaitkan pasti memiliki informasi hash dari blok sebelumnya. Setiap blok akan mengacu kepada blok sebelumnya dan seterusnya sehingga membentuk rantai berkelanjutan. Data dalam blok yang sudah terhubung dalam rantai tidak bisa diubah karena Anda harus mengubah semua blok sebelumnya. Hal inilah yang membuat sistem blockchain begitu aman.

Keunggulan Blockchain

Secara garis besar, blockchain memiliki keunggulan dalam aspek keamanan, efisiensi, dan kecepatan. Berikut adalah penjelasan dari ketiga aspek berikut:

Meningkatkan Efisiensi dan Kecepatan

Yang pertama adalah penggunaan blockchain dapat meningkatkan efisiensi dan kecepatan dari suatu transaksi. Proses transaksi yang tradisional memakan banyak waktu dan kurang efisien, terlebih lagi dapat terjadi kesalahan dalam prosesnya. Dengan menggunakan blockchain, transaksi akan lebih efisien, cepat, serta dapat meminimalisir kesalahan yang terjadi.

Sistem Keamanan yang Baik

Keunggulan selanjutnya adalah sistem keamanan dari blockchain yang baik. Blockchain selalu menciptakan catatan transaksi yang tidak dapat diubah oleh siapapun karena sudah melewati proses, sehingga dapat meminimalisir tindak penipuan dan aktivitas yang tidak sah.

Mengurangi Biaya

Blockchain dapat mengurangi biaya yang dikeluarkan, karena setiap transaksi yang dilakukan tidak melalui pihak ketiga sehingga tidak ada biaya yang harus dibayarkan untuk membayar pihak ketiga.

Sistem Lebih Transparan

Terakhir, karena blockchain dapat menyimpan histori dari transaksi yang pernah dilakukan dan juga histori tersebut tidak dapat diubah menjadi kan setiap transaksi yang dilakukan menjadi lebih transparan.

Karakteristik Blockchain

Selain masalah keunggulan, blockchain ini juga memiliki beberapa karakteristik. Karakteristik tersebut antara lain:

Bersifat Open Source

Blockchain bersifat open source. Itu artinya, semua orang bisa terlibat dalam hal ini. Selama dia mengerti tentang sistem dan developernya maka dia bisa ikut terlibat dalam pemanfaatan teknologi ini. Nantinya, orang tersebut juga bisa ikut melakukan verifikasi, melihat berapa banyak supply, melihat potensi inflasi, dan lainnya.

Tidak Terpusat

Blockchain merupakan sistem yang menyebar, atau tidak terpusat. Sehingga, tidak ada satu orang atau lembaga yang bisa memegang kendali terhadapnya. Hal ini karena kode-kode yang digunakan pada teknologi ini tidak tersimpan pada satu server saja. Kodenya tersebar pada ribuan perangkat yang saling terkoneksi di jaringan blockchain tersebut. Bahkan, jika Anda mau, Anda juga bisa menjadi bagian dari pengaplikasiannya tersebut.

Tingkat Inflasi yang Jelas

Jika dihubungkan dengan pemanfaatan teknologi ini untuk mata uang kripto, maka satu hal yang tidak bisa terhindari adalah inflasi. Namun dengan pemanfaatan teknologi ini, data tentang tingkat inflasi ini menjadi lebih jelas.

Hal tersebut karena Anda bisa tahu dengan jelas ada berapa banyak supply, dan berapa banyak permintaannya. Dengan data yang jelas mengenai hal tersebut maka data untuk terjadinya inflasi pun menjadi lebih akurat.

Tidak Bisa Terhapus

Setiap transaksi apapun yang telah terjadi di blockchain maka tidak bisa dibatalkan ataupun dihapus. Itu karena secara sistem, teknologi ini hanya akan mampu untuk menambah data dan tidak bisa menghapus ataupun melakukan perubahan data.

Hal ini juga bisa mengurangi potensi masuknya hacker larena tidak ada data yang bisa diambil ataupun diubah.

Kesimpulan

Jadi, itulah pembahasan kita kali ini. Blockchain sendiri terdiri dari dua kata, yaitu block yang berarti blok dan chain yang berarti rantai. Secara singkat blockchain dapat diartikan menjadi serangkaian blok yang saling terhubung dan berisikan informasi digital. Blockchain ini merupakan sebuah teknologi baru yang dikembangkan untuk menyimpan data dengan mudah.

Teknologi blockchain ini memiliki keunggulan dalam beberapa sektor, seperti pada penyimpanan data, efisiensi waktu, keamanan, dan transparansi transaksi. Blockchain ini tersusun atas tiga pilar utama yaitu desentralisasi, transparansi, dan juga immutability atau kekekalan. 

Adanya hal tersebut maka semakin terbuka untuk menerima adanya transformasi digital dalam bisnis. Transformasi digital bisnis merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Namun, masih banyak perusahaan yang terkesan setengah-setengah dalam menjalankan transformasi digital bisnis.

Mulailah dengan transformasi cloud accounting yang digunakan untuk mengelola kegiatan akuntansi perusahaan. Software ini melakukan penyimpanan dan pengelolaan data pada server pusat atau yang lebih lazim disebut dengan cloud.

Pengelola keuangan perusahaan menggunakan cloud accounting, data dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Contohnya adalah software cloud accounting dari MASERPMASERP mampu mengakomodasi setiap kegiatan akuntansi perusahaan. Selain itu, dengan menggunakan MASERP perusahaan akan lebih terbantu dalam mengelola invetory, pembelian, penjualan, aset, bahkan pajak dalam satu software.

Jadi, MASERP dapat memudahkan perusahaan dalam membuat laporan keuangan dan kegiatan akuntansi yang lebih kompleks di mana saja dan kapan saja lewat perangkat apapun. Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang memberikan banyak kemudahan, langsung saja konsultasikan kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action