7 Tips Sukses Melakukan Bisnis Networking dan Manfaatnya

Bisnis networking merupakan proses membangun hubungan yang saling menguntungkan antar pelaku bisnis dengan klien. Manfaat yang akan diperoleh bentuknya mungkin tidak terwujud atau terlihat mata tetapi Anda dapat memperluas networking dengan pekerja profesional di industri Anda dan mendapatkan pengetahuan baru.

Untuk mendapatkan manfaat dari networking, penting untuk memahami manfaat apa yang akan Anda peroleh dan bagaimana hal tersebut dapat membantu bisnis Anda meningkatkan penjualan, meningkatkan efisiensi kerja, serta membangun brand awareness bisnis Anda.

Apa Itu Bisnis Networking?

Bisnis networking adalah istilah yang menggambarkan hubungan antara pemilik bisnis lain, supplier, atau profesional lain yang memiliki pengalaman untuk membantu mengembangkan bisnis Anda. Networking akan menempatkan Anda di circle yang berisi kompetitor hingga klien, memungkinkan Anda juga untuk menawarkan sesuatu kepada mereka.

Memperluas networking sebagai pemilik bisnis dan menawarkan bantuan kepada orang lain tidak hanya sekadar memberi Anda klien potensial atau menghasilkan referrals. Networking juga membantu dalam memahami peluang untuk partnership, joint venturers, atau area ekspansi baru bagi bisnis Anda. Cara ini berharga karena Anda berkesempatan mendapatkan insight dari pengalaman orang lain sebelum terjun ke dunia bisnis.

Bisnis Networking

Bagaimana Cara Kerja Bisnis Networking?

Ketika Anda bertemu seseorang, jangan lupa untuk bertukar kartu nama dan lakukan follow up dengan membahas topik yang diangkat dalam percakapan yang terjadi dengan mereka. Setelah beberapa kali obrolan, Anda mungkin akan mengemukakan masalah yang sedang dihadapi. Jika mereka membuka diskusi terlebih dahulu, Anda dapat mulai bertukar informasi, mencari pengetahuan, atau bertukar kontak bisnis.

Banyak pelaku bisnis yang memiliki sifat positif dan optimis. Bergaul dengan mereka dapat menjadi dorongan semangat, terutama di fase awal yang sulit bagi bisnis baru. Anda akan menemukan bahwa tidak semua pemilik bisnis telah mengalami pengalaman yang sama.

Cara terbaik untuk menjalin networking dengan pemilik bisnis dan pengusaha lokal lainnya adalah melalui pertemuan tatap muka dan komunitas bisnis lokal. Anda tidak hanya menghadiri pertemuan grup secara teratur, tetapi juga perlu menawarkan sesuatu yang memiliki value di grup tersebut.

Baca Juga: 9 Komponen Penting Lean Canvas bagi Pebisnis Pemula

Manfaat Membangun Bisnis Networking yang Kuat

Apakah networking penting untuk bisnis kecil? Banyak bisnis yang pasti akan menyatakan bahwa selama ini mendapatkan penjualan dan customer dari word-of-mouth marketing.

Dalam survei yang dilakukan oleh Alignable, 85% bisnis kecil menunjukkan bahwa referrals dari mulut ke mulut adalah cara terbaik untuk mendapatkan pelanggan.

Studi lain menunjukkan 78% dari startup mengatakan networking sangat penting untuk usaha entrepreneur mereka. Networking penting bagi kesuksesan karir orang-orang yang menjadi karyawan. Menurut report tahun 2016 yang dikeluarkan LinkedIn, 85% pekerjaan diisi melalui networking.

Kalau Anda tidak meluangkan waktu untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang lain di bidang Anda, kemungkinan besar akan kehilangan peluang berharga untuk menemukan partnership baru, referrals, bahkan mendapatkan klien.

Networking bukan hanya membangun relationship. Bertemu dan berinteraksi dengan profesional di industri lain juga dapat menambah informasi dan pengetahuan baru bagi Anda. 

Walau Anda tidak punya waktu untuk menghadiri seminar atau course, pergi dan berbincang di coffee shop dengan koneksi bisnis Anda membantu tetap mengikuti perkembangan dan trend baru di industri Anda. Setelah itu, Anda dapat membawa trend ini ke perusahaan Anda atau menggunakan apa yang Anda pelajari untuk membuka kesempatan mendapatkan penjualan atau pelanggan baru.

Baca Juga: Ikuti 6 Cara Menyusun Skala Prioritas dalam Bisnis

Jenis Bisnis Networking

Ketika Anda menghadiri sebuah acara, carilah orang yang akan menguntungkan bisnis Anda, Anda pun harus memiliki sesuatu untuk ditawarkan. Ini dapat berupa obrolan mengenai kondisi market dan trend yang sedang terjadi di industri Anda.

Anda dapat bekerja sama untuk mengembangkan pemahaman mengenai market tempat Anda dan orang tersebut beroperasi.

Seminar Bisnis

Cara pertama adalah cari dan hadiri beberapa seminar bisnis. Di seminar bisnis, Anda dapat mengembangkan hubungan kerja baru dengan rekan bisnis baru, lalu lakukanlah komunikasi secara teratur agar Anda tetap mendapatkan update terbaru mengenai trend terkini.

Skill penting yang dibutuhkan untuk membangun bisnis networking yang efektif adalah mendengarkan, maksudnya adalah berfokus pada bagaimana Anda dapat membantu orang yang Anda dengarkan. Dari cerita yang mereka sampaikan, Anda dapat memperoleh step baru entah itu bekerja sama dalam bisnis, maupun hal menguntungkan lainnya.

Konferensi Bisnis

Networking Group

Grup bisnis umumnya digunakan sebagai pertukaran informasi bisnis, ide dan support. Ada banyak grup online yang menawarkan layanan dan komunitas networking, salah satunya adalah LinkedIn, sebuah platform yang menyatukan para profesional dari berbagai industri bisnis dan level pekerjaan.

Asosiasi Profesional

Tidak sedikit organisasi yang terdiri dari individu yang berpikiran sama di industri dan bidang pekerjaan yang sama. Organisasi tersebut mungkin memiliki entry fee atau persyaratan seleksi, tetapi ini menjadi cara penting bagi pemilik usaha kecil yang ingin memperluas networking.

Bisnis networking memberi kesempatan bagi para pebisnis untuk berkolaborasi dengan expert lain untuk membantu mengembangkan bisnis atau meningkatkan karir profesional mereka. 

Baca Juga: 4 Jenis Business Software. Nomor 4 Wajib Anda Gunakan!

Tips untuk Bisnis Networking

Jangan menunggu sampai tidak ada marketing funnel untuk memulai networking. Kalau Anda ingin membangun bisnis yang kuat, Anda harus membangun networking. Berikut 11 tips business networking yang akan mendatangkan banyak peluang baik untuk Anda.

Pilih Goals

Kalau Anda tidak memulai dengan agenda yang jelas, Anda pasti akan kesulitan mendapatkan apa yang Anda inginkan dari networking ini.

Sebelum menghadiri event networking, tentukan dahulu apa tujuan Anda. Misalnya, Anda ingin meluangkan waktu untuk komunitas atau sekadar belajar mengenai perkembangan terbaru dalam bisnis atau industri Anda.

Sosialisasi di Waktu Senggang

Kalau Anda ingin memperluas reach Anda, cobalah mengobrol dengan orang-orang di grup yang Anda miliki, health club atau kelas pilates Anda. Anda bahkan dapat menjalin hubungan bisnis di kegiatan sekolah anak Anda. Orang tua biasanya mencari sesuatu untuk dibicarakan selain apa yang terjadi di lapangan sepak bola.

Ketahui Value Anda

Anda tidak hanya menyediakan pelanggan Anda dengan produk atau jasa yang bagus. Kalau Anda tidak dapat menyebutkan apa yang Anda lakukan, maka Anda tidak perlu berharap untuk menyampaikan informasi itu di acara networking.

Apakah tujuan Anda adalah untuk menghasilkan referral, luangkan waktu untuk membuat elevator pitch yang menyampaikan apa yang Anda lakukan, untuk siapa Anda melakukannya, dan mengapa pelanggan harus memilih Anda.

Siapkan Icebreakers

Kalau Anda ingin mengatasi kecanggungan dan membuat kesan pertama yang baik, bukalah obrolan dengan pujian. Misalnya, Anda dapat memberi tahu orang yang duduk di sebelah Anda bahwa Anda menyukai sepatu atau dasinya. Bertanya ke orang lain memberi kesempatan mereka untuk berbicara mengenai tentang diri mereka. Anda bisa bertanya bagaimana mereka terjun ke industri tersebut atau apa pendapat mereka tentang perkembangan terkini yang mempengaruhi industri Anda.

Temukan Alasan untuk Follow Up

Setelah memulai obrolan di acara networking dan mendapatkan kontak orang yang Anda temui, Anda juga harus mengambil langkah untuk menjaga hubungan tetap berjalan. Bahkan saat Anda tidak sedang mencari pekerjaan, berusahalah untuk menghubungi mereka beberapa kali dalam setahun untuk follow up. Anda dapat forward artikel yang relevan, mengundang mereka ke seminar atau konferensi, atau mengirim chat menanyakan kabar.

Jangan Berbicara Negatif

Saat membuka percakapan, hindari berbicara negatif mengenai mantan perusahaan atau rekan kerja. Anda pasti tidak ingin mereka berpikir Anda akan mengatakan hal-hal buruk tentang mereka kepada orang lain.

Bicarakan Apa yang Anda Inginkan

Kita semua pasti membutuhkan bantuan. Kalau Anda ingin usaha business networking dapat membuahkan hasil, jangan takut untuk meminta bantuan dan sampaikan kebutuhan Anda. Sebelum menghadiri pertemuan atau seminar berikutnya, pastikan Anda dapat menjelaskan apa yang Anda cari. Kemudian, ketika seseorang bertanya bagaimana mereka dapat membantu Anda, katakan yang sebenarnya.

Kesimpulan

Penggunaan software dalam bisnis dapat memberikan banyak keuntungan diantaranya sebagai tempat penyimpanan data yang aman dan akurat, memudahkan kinerja karyawan, memudahkan dalam analisa dan mengambil keputusan ke depannya, serta menjadi investasi bagi bisnis Anda.

Jenis business software yang biasa digunakan untuk membuat bisnis lebih berkembang antara lain HRIS, payroll management, CRM dan ERP.

MASERP sebagai salah satu software terbaik dengan sistem ERP memberikan banyak kemudahan untuk perusahaan Anda. Meningkatnya efisiensi dan produktivitas kerja akan membuat kamu fokus pada ide-ide kreatif beserta eksekusinya.

Dengan MASERP, Anda tidak perlu lagi kewalahan mengurus bisnis, apalagi takut data bocor, karena Anda bisa mengontrol hak akses pada karyawan sesuai divisi dan tanggungjawabnya. Data yang terdapat di dalam software juga real time, Anda bisa mengaksesnya di mana saja dan kapan saja.

Sistem ERP memang memerlukan investasi yang tidak murah, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software akuntansi MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP menawakan modul-modul ERP yang sesuai dengan industri perusahaan baik yang sudah tersedia ataupun Anda bisa custom modul yang dibutuhkan. Segera konsultasikan kebutuhan Anda dengan konsultan ahli kami, gratis!