Catat! 7 Tips Memilih Aplikasi Akuntansi Terbaik Tahun 2024

Bertanggung jawab mengelola keuangan perusahaan bukan pekerjaan yang mudah, apalagi perusahaan sudah berskala global. Itulah mengapa diperlukan aplikasi akuntansi untuk membantu Anda dan tim melacak uang masuk dan keluar dari rekening. Dengan aplikasi akuntansi, Anda tidak perlu lagi membuang waktu untuk melakukan double input data ke dalam sistem.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai manfaat apa saja yang dapat Anda peroleh saat menggunakan aplikasi akuntansi dan apa saja tips memilih aplikasi terbaik, yuk simak artikel di bawah ini!

Pengertian Aplikasi Akuntansi

Aplikasi akuntansi adalah software yang berfungsi membantu proses pencatatan, pelaporan dan analisa keuangan sebuah perusahaan atau bisnis. Aplikasi ini memudahkan dalam mengelola dan memantau transaksi keuangan serta menyediakan informasi dan data yang berhubungan dengan akuntansi yang akurat dan relevan bagi manajemen, pemilik bisnis dan stakeholder.

Beberapa aplikasi akuntansi dapat diintegrasikan dengan sistem lain seperti HRIS, ERP dan POS.

Pencatatan transaksi keuangan yang sistematis ini membantu Anda dan tim dalam membuat laporan keuangan kuartal dan tahunan, termasuk laporan arus kas, laporan laba rugi dan laporan neraca.

Aplikasi akuntansi dapat berjalan di hardware dan jaringan yang dikelola secara on-premise atau berbasis cloud yang dikelola pihak ketiga.

Memahami dengan baik kebutuhan bisnis dan training users akan menjadi kunci keberhasilan implementasi dan penggunaan aplikasi akuntansi.

Manfaat Aplikasi Akuntansi Bagi Bisnis

Akuntansi dan keuangan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah bisnis, proses pengelolaannya terkadang tidak mudah, terutama bagi bisnis enterprise. Penggunaan aplikasi akuntansi tentu akan memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Lebih akurat dan mengurangi human error yang berhubungan dengan input data manual. Pencatatan keuangan lebih akurat karena perhitungan sudah otomatis dan bisa langsung proses rekonsiliasi bank.
  • Pengelolaan dan tracking pendapatan, pengeluaran dan transaksi keuangan menjadi lebih mudah dan sistematis. Sehingga pihak manajemen maupun tim Anda dapat membuat keputusan lebih baik dan rencana yang lebih strategis.
  • Data yang ada di dalam aplikasi keuangan akan terupdate secara real time, dengan begitu tim Anda sebagai user dapat melihat bagaimana posisi atau kondisi keuangan saat ini.
  • Proses input data, pembuatan faktur dan rekonsiliasi bank tidak perlu double input sehingga dapat menghemat waktu tim dibandingkan jika memakai cara manual.
  • Penagihan piutang dan siklus pembayaran dapat lebih cepat sehingga arus kas juga meningkat karena biasanya sudah tersedia template faktur yang tinggal Anda isi dengan cepat di aplikasi akuntansi.
  • Aplikasi akuntansi cloud lebih fleksibel digunakan di mana saja selagi device Anda terhubung dengan internet, ini akan sangat bermanfaat jika lokasi Anda sedang tidak di kantor namun ingin tetap memantau bisnis.
  • Ekspor data pajak beserta laporan yang dibutuhkan untuk urusan perpajakan, dengan begitu bisnis Anda tetap patuh pada peraturan pajak.
  • Terintegrasi dengan aplikasi atau sistem lain untuk memudahkan flow kerja dan lebih efisien, biasanya dengan CRM, payment gateway, point of sales (POS) dan project management.
  • Lebih aman melindungi data keuangan dan bisnis karena ada backup berkala, encryption dan hak akses.
  • Dapat dipakai seiring pertumbuhan bisnis ketika volume transaksi semakin meningkat dan kebutuhan bisnis yang terus bekembang.
  • Beberapa vendor aplikasi akuntansi seperti MASERP menyediakan customer support setelah pembelian, ini dapat membantu tim Anda sebagai pengguna ketika memiliki kendala dan pertanyaan saat menggunakan sistem.

Tips Memilih Aplikasi Akuntansi Terbaik

Memilih aplikasi akuntansi yang tepat untuk bisnis perlu dilakukan secara teliti karena akan berdampak signifikan terhadap pengelolaan keuangan dan operasional bisnis secara keseluruhan.

Berikut ini tips yang dapat membantu Anda:

Tentukan dan Buat Daftar Kebutuhan Anda

Deskripsikan dengan jelas kebutuhan bisnis, terutama urusan akuntansi dan keuangan bisnis Anda. Beberapa hal seperti volume transaksi bisnis, proses keuangan yang kompleks, ingin terintegrasi dengan sistem bisnis lain, dan fitur spesifik yang dibutuhkan bisnis Anda, itu semua perlu menjadi pertimbangan ketika memilih aplikasi akuntansi.

Cari Tahu Biaya

Cari tahu berapa total anggaran yang perlu dipersiapkan untuk membeli aplikasi ini. Biaya pembelian ini biasanya termasuk biaya subscription, biaya users, biaya instalasi, biaya training user, biaya modifikasi aplikasi, dan biaya tambahan apa saja yang kemungkinan menjadi pengeluaran Anda.

Luangkan waktu untuk membandingkan paket harga yang ditawarkan dari vendor untuk menemukan harga terbaik untuk perusahaan Anda.

Konsultasi dengan Vendor dan Trial Aplikasi

Selain membandingkan harga dari tiap vendor, Anda juga sebaiknya melakukan meeting dari tiap vendor agar mengetahui fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi dari brand tersebut. 

Saat konsultasi, Anda juga biasanya akan diberikan trial untuk case bisnis Anda agar mengetahui apakah aplikasi tersebut sudah cocok atau belum dengan business flow Anda.

Review dan Rekomendasi User

Baca ulasan dari perusahaan lain di industri Anda atau bisnis yang size-nya sama dengan Anda. Feedback dari user dapat memberikan insight mengenai bagaimana kinerjanya serta apa saja yang menjadi kelemahan dan kekuatan aplikasi tersebut.

Kemampuan Skalabilitas dan Integrasi

Siapa yang tidak menginginkan bisnis berkembang tiga atau lima tahun kemudian? Untuk mempersiapkan itu, pilih aplikasi akuntansi yang dapat berkembang seiring bertumbuhnya bisnis Anda. Aplikasi akuntansi Anda harus dapat mengatasi volume transaksi dan data yang semakin meningkat di kemudian hari. Integrasi membantu menghindari silo data dan meningkatkan proses bisnis secara keseluruhan.

Pastikan aplikasi akuntansi dapat terintegrasi dengan sistem lain seperti sistem customer relationship management (CRM), manajemen inventaris dan enterprise resource planning (ERP).

Cek Keamanan Aplikasi

Tidak kalah penting, jangan lupa konfirmasi apakah aplikasi sudah mematuhi peraturan keuangan dan standar industri di wilayah Anda. Fitur keamanan seperti data encryption, hak akses users dan update software rutin, sangat penting untuk melindungi informasi keuangan bisnis yang sifatnya sensitif.

Memiliki Support dan Training User

Cek customer support yang disediakan oleh vendor aplikasi. Pastikan mereka menawarkan training, dokumentasi, dan customer support yang responsif untuk mengatasi masalah atau pertanyaan dari Anda dan tim selama implementasi dan penggunaan sehari-hari.

Kesimpulan

Aplikasi akuntansi online memang memerlukan investasi yang lumayan, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software ERP seperti MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses kerja.

MASERP memiliki beragam modul yang dapat memudahkan proses kerja Anda antara lain manufaktur, pembelian, penjualan, persediaan barang, keuangan dan akuntansi, project management, aset tetap, pajak, 300+ laporan siap cetak, dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu membeli software berbeda untuk tiap departemen.

MASERP menawarkan layanan hybrid cloud, di mana Anda bisa memasang software di server kantor atau di cloud. Software tetap bisa dipakai meskipun koneksi internet mati.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!