10 Jenis Bisnis yang Cocok Menggunakan SAP

Jika Anda bekerja di perusahaan besar, Anda pasti sering kali mendengar mengenai SAP Business One. Di Indonesia sendiri sistem SAP ini sering juga disebut sebagai software yang akan membantu setiap pekerjaan perusahaan dalam hal integrasi data. Sehingga, jika Anda bekerja di perusahaan, maka pastikan untuk memahami sistem ini, bagaimana jika kita ketahui jenis bisnis SAP ini? Mari simak penjelasannya berikut ini.

10 Jenis Bisnis di Program SAP

SAP Business All- in-One

SAP Business All-in-One adalah solusi bisnis yang membantu perusahaan mengelola segala sesuatu mulai dari keuangan, sumber daya manusia, procurement, inventory, manufaktur, logistik, pengembangan produk, dan jasa perusahaan, untuk layanan pelanggan, penjualan, dan pemasaran. SAP Business All-in -One solution tersedia dari jaringan mitra yang berkualitas yang memberikan lebih dari 700 solusi spesifik industri di lebih dari 50 negara.

Baca Juga: Terbaru 2022! Daftar Harga 6 ERP Terbaik Beserta Fitur Lengkap!

SAP Business One

SAP Business One adalah sebuah aplikasi yang menyediakan solusi tunggal yang terintegrasi untuk mengelola seluruh bisnis, termasuk dukungan untuk keuangan, penjualan, hubungan pelanggan, persediaan, dan operasi. Dengan yang diterbitkan software development kit dan lebih dari 550 solusi industri-spesifik dan fungsional add-ons, SAP Business One dapat memenuhi proses bisnis yang spesifik dan dapat disesuaikan dengan perubahan kebutuhan.

SAP Business ByDesign

SAP Business By Design adalah satu solusi on-demand yang terdiri dari fungsi SAP Business Suite dan karena itu dapat memberikan praktik terbaik untuk manajemen keuangan, manajemen hubungan pelanggan (CRM), sumber daya manusia (HR), manajemen proyek, procurement, dan manajemen rantai pasokan.

Solusi untuk Sustainability

SAP Business Objects Sustainability adalah suatu aplikasi performance management yang membantu perusahaan fokus pada pelaksanaan strategi keberlanjutan mereka inisiatif-balancing, kinerja sosial lingkungan, dan ekonomi. Ini menyediakan proses pelaporan keberlanjutan yang komprehensif , dari pelaporan kerangka definisi alur kerja ke koleksi data dan pelaporan.

Solutions for Energy and Carbon Management

Solutions for Energy and Carbon Management merupakan solusi on-demand untuk membantu perusahaan dalam menerapkan strategi untuk melaporkan dan mengurangi karbon mereka. Solusi ini membantu perusahaan mengukur, mengurangi, dan uang emisi karbon dan dampak lingkungan lainnya di seluruh operasi bisnis.

Solusi untuk Lingkungan, Kesehatan, dan Keselamatan

SAP Environment, Health, and Safety Management (SAP EHS Management) adalah aplikasi yang menangani kebutuhan industri untuk keamanan produk, bahan berbahaya, dan barang-barang berbahaya penanganan produk di berbagai industri, termasuk bahan kimia, produk konsumen dan teknologi tinggi. Aplikasi SAP Recycling Administration dapat membantu memastikan kepatuhan terhadap undang-undang daur ulang di seluruh dunia untuk kemasan, baterai, dan limbah peralatan listrik dan elektronik.

Finance Plan for SAP Solutions

Dengan mitra global seperti Siemens Financial Services GmbH (SFS), SAP menawarkan SAP Financing, sebuah layanan yang membantu perusahaan berinvestasi dalam solusi SAP. SAP Financing ditawarkan kepada pelanggan di lebih dari 45 negara oleh SFS dan IT spesialis pembiayaan.

SAP Custom Development

SAP Custom Development organization mengembangkan individual, solusi khusus pelanggan dan fungsi bisnis pada platform SAP meliputi siklus hidup layanan untuk mengembangkan dan mendukung solusi kustom pada setiap tahap. Unit pendukung SAP menawarkan berbagai layanan untuk mendukung pelanggan sebelum, selama, dan setelah implementasi software.

SAP Consulting

SAP Consulting menawarkan perencanaan, implementasi, dan jasa optimasi untuk solusi bisnis. SAP Services portfolio meliputi layanan transformasi bisnis, seperti Executive Advisory Services dan Business Process and Platform Services.

SAP Education

SAP Education membantu pelanggan SAP dan mitra melalui transfer pengetahuan, memaksimalkan nilai mereka dapat menciptakan solusi SAP dengan mereka. SAP Education meliputi analisis kebutuhan pelatihan, penilaian sertifikasi, software pembelajaran, dan tools lainnya.

Kesimpulan

Dari banyaknya jenis bisnis SAP yang sudah kita rangkum, mungkin banyak perusahaan atau Anda yang sudah mengenal atau tahu tentang program SAP ini. Tetapi dibalik banyaknya jenis bisnis tersebut pasti ada kekurangan yang program tersebut gunakan bagi pembisnis ini, salah satunya adalah harga yang relatif lebih mahal, lalu perusahaan harus membeli software dan hardware yang diperlukan untuk menjalankan program di seluruh perusahaan.

Biaya termasuk biaya tenaga kerja karyawan teknologi informasi internal (IT) atau konsultan eksternal yang mengawasi proses. Setelah perusahaan mengimplementasikan software, karyawan perlu dilatih. Ini melibatkan pelatihan setiap karyawan dalam fungsi yang mereka miliki akses. Biaya yang sedang berlangsung termasuk pemeliharaan perangkat lunak dan peningkatan berkala.

Lalu penerapan program yang lebih sulit, sebagian besar perusahaan menerapkan satu fitur atau fungsi software pada satu waktu, yang memungkinkan karyawan untuk terbiasa dengan software sebelum bergerak maju. Proses implementasi yang lengkap mungkin memakan waktu beberapa tahun.

Jika membahas program ERP buatan Indonesia, salah satunya adalah dengan software ERP dari MASERP. MAS Software adalah perusahaan lokal yang mengembangkan software ERP di Indonesia dengan accounting sebagai corenya.

Tentunya salah satu kekhawatiran para pengusaha adalah support yang diberikan apabila produk tersebut bukan perusahaan lokal. Biasanya support perusahaan luar cenderung lebih mahal dan perlu waktu menunggu untuk memanggil support ke perusahaan Anda. Saya juga telah menulis artikel tentang cara menentukan software ERP yang cocok untuk perusahaan Anda.

Tentu ini tidak menjadi masalah apabila Anda sudah planning terlebih dahulu support yang dibutuhkan, seperti menjadwalkan visit rutin bulanan untuk problem solving dan sebagainya.

Apabila Anda ingin berbicara dengan vendor software ERP lokal Indonesia, Anda dapat menghubungi MASERP dan berkonsultasi dengan konsultan ahli kami untuk memberikan solusi dari kendala dan kebutuhan bisnis Anda. Free konsultasi!

New call-to-action