Mengapa Akta Pendirian Perusahaan Penting? Kenali Jenis dan Syaratnya

Mendirikan sebuah perusahaan adalah pilihan beberapa orang yang ingin mencoba peruntungan di dunia bisnis, pentingnya akta pendirian perusahaan menjadi syarat utama pendirian perusahaan. Adapun keuntungan yang diperoleh salah satunya dapat digunakan untuk mengembangkan perusahaan. Namun, sebelum mendirikan suatu perusahaan, para pendiri perusahaan harus memenuhi persyaratan tertentu.

Persyaratan tersebut akan menentukan legalitas dan keberlangsungan bisnis yang dijalankan. Tanpa persyaratan, perusahaan tidak dapat menjalankan kegiatan bisnis. Salah satu yang menjadi persyaratan berdirinya suatu perusahaan adalah adanya akta pendirian perusahaan.

Akta ini menjadi ketentuan utama dalam mendirikan perusahaan, pendiri perusahaan akan mendapatkan manfaat lain selain dari resminya perusahaan yang dijalankan.

Apa sih pentingnya akta pendirian perusahaan bagi keberlangsungan suatu bisnis? Yuk, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Akta Pendirian Perusahaan

Akta pendirian perusahaan adalah salah satu bukti perusahaan dibuat secara resmi dan biasanya akta tersebut dibuat dalam bentuk dokumen. Akta ini diwajibkan bagi seluruh perusahaan baik itu perusahaan kecil maupun besar.

Pembuatan akta ini bertujuan untuk menunjukkan legalitas perusahaan terhadap hukum. Tak hanya itu, akta ini juga merupakan bukti pendiri dalam memiliki suatu perusahaan. Dengan adanya akta ini, pemilik bisnis tidak akan mengalami kesulitan dalam melakukan pengembangan terhadap perusahaan ke depannya.

Baca Juga: SIUP Adalah Surat Penting Bagi Bisnis Masa Depan

Pentingnya Akta Pendirian Perusahaan

Pemilik perusahaan tidak akan bisa menjalankan kegiatan bisnis perusahaan tersebut apabila tidak memiliki akta. Selain itu, ada beberapa manfaat yang diperoleh apabila memiliki akta ini, yaitu:

Nama Baik Perusahaan

Menjalankan perusahaan tentunya harus diimbangi dengan ketentuan yang harus dijalankan. Dengan memiliki akta, perusahaan akan memiliki nama baik di mata para stakeholder. Salah satunya, perusahaan akan terkesan lebih profesional dan dipercaya sehingga dapat mendatangkan banyak manfaat.

Mendatangkan Peluang

Dalam menjalankan suatu bisnis, pemilik perusahaan tentu akan berfokus dalam mengembangkan peluang di depan mata. Peluang yang dimaksud adalah peluang untuk kerja sama, mendatangkan para investor, dan lainnya. Dengan adanya akta pendirian, para stakeholder akan memiliki kepercayaan lebih terhadap perusahaan tersebut.

Menaati Regulasi dan Legalitas

Tujuan utama dari pembuatan akta pendirian perusahaan adalah untuk menaati regulasi dan peraturan yang berlaku. Selain itu, akta ini juga jadi bukti legalitas dari suatu perusahaan. Perusahaan akan dapat mengembangkan inovasi dan melakukan ekspansi bisnis apabila dibekali dengan akta pendirian perusahaan.

Baca Juga: Partnership Adalah Sistem Kerja Sama Bisnis. Apa Saja Jenisnya?

Jenis Perusahaan yang Membutuhkan Akta Pendirian Perusahaan

Mengingat akta pendirian adalah salah satu syarat penting perusahaan berdiri, maka para pemilik perusahaan diwajibkan untuk memilikinya. Setiap perusahaan kecil dan besar dan jenis apapun harus menaati aturan yang berlaku mengenai akta ini. Berikut adalah jenis perusahaan yang membutuhkan akta:

Perseroan Terbatas (PT)

Perseroan Terbatas atau PT adalah jenis bisnis yang paling banyak ditemukan. Jenis perusahaan ini dapat dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu perusahaan kecil, sedang, dan besar. Badan hukum jenis PT harus didirikan dengan tanpa melibatkan harta pemilik. Artinya, modal dari pendirian PT harus merupakan modal yang dikhususkan untuk PT tersebut.

Perseorangan

Perseorangan jadi salah satu jenis perusahaan yang harus memiliki akta. Perusahaan jenis perseorangan dimiliki oleh pemilik sendiri atau pribadi. Untuk perusahaan jenis ini, pemilik perusahaan dapat mengembangkan perusahan sesuai keinginannya dan mengambil keputusan bisnis berdasarkan pertimbangan pribadi.

CV

CV atau commanditaire vennootschap dalam bahasa asingnya adalah jenis perusahaan yang unik. Dalam menjalankan suatu CV, akan ada pihak yang berperan sebagai sekutu aktif dan sekutu pasif. Maksudnya, sekutu aktif akan lebih banyak bertanggung jawab pada kegiatan operasional perusahaan sedangkan sekutu pasif akan lebih banyak memberikan investasi berupa dana modal untuk perusahaan.

Firma

Perusahaan jenis firma harus didirikan dengan sedikitnya dua orang atau lebih serta memiliki akta pendirian perusahaan resmi. Pengembangan perusahaan jenis ini akan melibatkan beberapa pihak yang bertanggungjawab terhadap kepemilikan perusahaan. Perusahaan jenis firma jadi salah satu yang juga lazim ditemukan di Indonesia.

Syarat Pembuatan Akta Pendirian Perusahaan

Dalam membuat akta pendirian, pemilik perusahaan perlu memperhatikan syarat-syarat yang diwajibkan untuk membuat akta tersebut. Syarat pembuatannya meliputi beberapa syarat administratif dan harus memenuhi aturan yang berlaku. Berikut beberapa syaratnya:

Dokumen Penting

Syarat untuk memenuhi kebutuhan akta pendirian umumnya harus dilakukan dengan memenuhi beberapa dokumen penting. Beberapa diantaranya adalah dokumen fotokopi kartu identitas atau KTP dari pendiri perusahaan, surat kontrak perusahaan, surat keterangan domisili perusahaan, dan dokumen lainnya.

Kondisi Fisik Perusahaan

Perusahaan harus memenuhi persyaratan kondisi fisik dari perusahaan. Maksudnya adalah sebelum dapat disahkannya akta ini, pemilik harus bisa menunjukkan kondisi fisik perusahaan. Perusahaan tanpa kondisi fisik perusahaan berupa gedung tidak dapat memenuhi persyaratan untuk membuat akta pendirian perusahaan.

Biaya Pembuatan

Dalam membuat akta, pemilik perusahaan harus mengeluarkan sejumlah biaya. Beban biaya ini dibayarkan saat akan membuat akta kepada pihak yang berwenang atau pemerintah. Biasanya tarif pembuatan akta ini akan berbeda-beda sesuai dengan kebijakan dari domisili perusahaan.

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, akta pendirian perusahaan adalah salah satu bukti perusahaan didirikan secara resmi dan berbentuk sebuah dokumen resmi. Pembuatan akta bertujuan untuk menunjukkan legalitas perusahaan dan menjadi bukti pemilik perusahaan dalam memiliki suatu perusahaan. Dengan adanya akta ini, pemilik akan dapat melakukan pengembangan terhadap perusahaan yang dimilikinya.

Ada beberapa hal yang menjadikan akta ini menjadi hal yang amat penting, yaitu membentuk nama baik perusahaan, membuka peluang berkembangnya perusahaan, dan kepatuhan terhadap regulasi serta aspek legalitas perusahaan.

Setiap jenis perusahaan harus memiliki akta ini. Jenis perusahaan tersebut adalah PT, CV, perusahaan perseorangan, dan firma. Dalam membuat akta pendirian perusahaan, pemilik perusahaan harus mematuhi aturan dan menjalankan semua syarat yang berlaku, yaitu melengkapi semua dokumen penting seperti surat kontrak perusahaan dan keterangan domisilinya, kondisi fisik letak dan bangunan perusahaan yang nyata, dan membayar biaya pembuatan perusahaan sesuai aturan dan syarat yang ditetapkan.

Jika kamu sudah melakukan pengelolaan legalitas dengan baik, langkah yang tak kalah penting selanjutnya adalah melakukan pengelolaan keuangan dan anggaran untuk pengluaran bisnis yang optimal.

Maka dari itu untuk memudahkan pencatatan laporan keuangan yang bisa berjalan dengan baik, kamu bisa menggunakan software akuntansi seperti MASERP. 

Jadi MASERP ini bisa terintegrasi untuk urusan laporan keuangan sampai dengan urusan pajak. Tentu saja ini akan membuat bisnis Anda menjadi berjalan dengan lancar sehingga lebih cepat, efisien, dan efektif.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami.