Buyer’s Guide: Software Manufaktur Terbaik untuk Perusahaan

Jika Anda memiliki perusahaan manufaktur, sudah semestinya Anda mulai memikirkan untuk berinvestasi Software Manufaktur yang tepat untuk membantu me-monitor semua data yang ada untuk mengurangi error dari proses input data yang masih manual (seperti cerita bos yang ‘bingung’ di artikel blog MAS yang sebelumnya)

Pada dasarnya, fungsi dari software manufaktur adalah untuk merencanakan dan mengeksekusi sebuah proses bisnis dari awal hingga akhir juga dengan otomatis  mengatur materials planning, production tracking, scheduling dan manajemen product lifecyle.

Fungsi sejatinya adalah untuk membantu pekerjaan Anda menjadi jauh lebih mudah dan anti-ribet.

Karyawan perusahaan yang senang

Kami ucapkan selamat kepada Anda yang mungkin sudah mulai mengembangkan perusahaan manufaktur atau baru saja ber-ekspansi, karena itu artinya Anda sudah berani untuk Grow.

Tapi apakah Anda sudah yakin dengan strategi yang Anda gunakan untuk mendapatkan profit yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya?

Semakin besar perusahaan Anda, semakin besar juga tantangan dalam bersaing dengan kompetitor Anda, dan Anda harus mempersiapkan strategi efektif yang menjadi penunjang untuk memenangkan kompetisi ini: software manufaktur yang terbaik.

Modul MASERP

Kenapa harus pakai software manufaktur?

Era digital menekan perusahaan-perusahaan menengah ke besar untuk bersaing, kalau Anda memilih untuk memakai ‘cara lama’ mungkin anda akan kesulitan untuk keep-up dan anda tahu apa artinya itu: kerugian yang sangat tinggi dan akan berujung pada customer yang lari berkaburan.

Saatnya Anda memakai software manufaktur, jika Anda sudah pernah merasakan kerugian tersebut dan tidak mau mengulanginya lagi di masa yang akan datang. Buat perencanaan yang lebih baik dengan software manufaktur yang terbaik.

Tampilan dashboard dan beberapa modul software MASERP
Semua data akan terekam sehingga dapat melakukan perbaikan di masa depan dengan menggunakan software manufaktur

Apa keuntungan memakai software manufaktur?

Software manufaktur memberikan beberapa manfaat nyata bagi bisnis Anda, diantaranya:

Memperluas visibilitas supply chain.

Software manufaktur (atau sistem Enterprise Resource Planning untuk manufaktur) dapat diintegrasikan dengan sistem lain secara holistik sehingga data yang anda dapatkan lebih jelas.

Production Planning yang lebih kuat.

Proses produksi dapat dioptimalkan ketika produsen menganalisis data dan mengidentifikasi biaya aktual dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan langkah-langkah spesifik dalam proses.

Manajemen yang lebih baik.

Software manufaktur merekam semua data kegiatan dalam sistem, termasuk bahan yang digunakan, maintenance dan safety measures. Data-data tersebut sangatlah penting untuk nantinya digunakan pada saat proses audit.

Segmen bisnis apa saja yang dapat menggunakan software manufaktur?

Cukup luas variasi bisnis yang memerlukan software manufaktur, tetapi ada 3 segmen utama yang sangat urgent membutuhkan software manufaktur, ketahui jika perusahaan Anda termasuk ke dalam segmen tersebut:

Perusahaan Manufaktur

Industrial Machinery

Tipe perusahaan manufaktur yang menciptakan mesin perindustrian, biasanya digunakan untuk pembangunan infrastruktur.

Restoran besar, Franchise

Food and Beverages

Pemroduksi bahan makanan dan atau minuman biasanya memiliki regulasi yang ketat dalam kurasi kualitas produk mereka.

Perusahaan Elektronik

Electronics

Pemroduksi produk digital biasanya bekerjasama dengan pihak ke-3 sebagai pemasok spare-part dan material lainnya, aspek manajemen dari software manufaktur sangatlah krusial dibutuhkan oleh perusahaan tipe ini.

Berapa budget yang dibutuhkan untuk investasi software manufaktur?

Masih banyak dari Anda yang sulit membedakan antara software cloud dan on-premise, dan tak sedikit yang mempertanyakan perbedaan rentang budget yang diperlukan ternyata cukup jauh diantara keduanya.

Software manufaktur cloud-based biasanya digunakan oleh bisnis sejenis UKM dengan biaya per bulan hanya untuk satu user, sehingga jika di akumulasikan untuk pemakaian jangka panjang akan jauh lebih mahal.

Berbeda dengan software manufaktur on-premise, dimana sebuah perusahaan akan benar-benar berinvestasi software dengan biaya yang cukup besar di awal (karena secara logika dari kompleks nya instalasi software manufaktur web-based, akan muncul biaya servis dan maintenance), tetapi dapat digunakan untuk investasi lifetime. Sebuah investasi yang worth it.

Simak diagram berikut ini:

Diagram Perpetual License Software Manufaktur

Dari diagram budget dalam satuan mata uang dollar diatas, dapat diterjemahkan kesimpulan sebagai berikut:  42% perusahaan di dunia telah menghabisakan budget diatas $5,000 atau sekitar Rp 70 juta untuk investasi software manufaktur on-premise. Itu adalah budget utama untuk investasi software diluar dari biaya instalasi, training dan modifikasi. Angka yang sangat bombastis.

Anda dapat berinvestasi software manufaktur dalam negri dengan budget yang jauh lebih ringan (termasuk ke dalam 10% budget diagram diatas)

klik disini jika ingin konsultasi gratis sekarang!

MASERP, produk MAS Software yang sudah 35 tahun terus berinovasi, menghadirkan modul software manufaktur untuk perusahaan manufaktur Indonesia, dapat Anda jadikan sebuah strategi untuk ikut bersaing dalam ketatnya kompetisi bisnis di era digital ini.

Salam sukses!

By |2019-03-25T15:48:46+07:00March 25th, 2019|Software|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment