Tetapkan Tujuan Karir Anda

Pernahkah Kamu merasa bingung dalam menjalani hidup? Pernahkah Kamu berpikir 10 tahun ke depan Kamu akan menjadi seperti apa? Tujuan karir seperti apa yang Kamu inginkan?

Pernahkah Kamu menetapkan tujuan hidup kalian?

Setiap manusia pasti mempunyai tujuan hidup. Tujuan hidup yang membuat Kamu bersemangat untuk menjalani hidup ini. Hidup tidak ada artinya tanpa tujuan hidup. Jika Kamu tidak memiliki tujuan hidup maka hidup yang dijalani seperti air yang mengalir karena mengalir begitu saja mengikuti arus tanpa tahu arah dan tujuannya. Begitu pula dengan karir, ada banyak profesi yang dapat Kamu jalankan didunia ini, tetapi profesi mana yang paling kalian sukai? Tujuan karir seperti apa yang Kamu mau? Jika Kamu mencintai dunia perbankan maka sebaiknya bekerja di bank, jika Kamu mencintai dunia kedokteran maka sebaiknya bekerja dirumah sakit atau membuka klinik, jika Kamu mencintai dunia coding maka sebaiknya bekerja sebagai programmer atau membuka perusahaan software seperti software akuntansi.

Hal Pertama Sebelum Menentukan Tujuan Karir, Adalah Temukan Passion Kamu!

Jika Kamu belum menemukan passion maka carilah passion Kamu mulai dari sekarang. Temukan hal apa saja yang membuat Kamu senang. Orang yang telah memiliki passion akan mencintai pekerjaan/karir yang dilakuinnya dengan sepenuh hati dan tidak akan merasa lelah menjalaninya.

Harus Selalu Percaya Pada Kemampuan Diri Sendiri!

Jangan pernah merasa ragu akan kemampuan diri sendiri. Percayalah pada kemampuan diri sendiri. Lakukan yang terbaik dengan percaya diri karena segala pekerjaan yang kamu lakukan akan berjalan dengan lancar jika Kamu percaya bahwa diri Kamu mampu melakukannya.

Jangan Berlaku Pesimis

Bagi Kamu yang belum menetapkan karir kamu maka jangan pernah bersifat pesimis. Usahakan untuk selalu optimis. Segala sesuatunya pasti ada jalan keluarnya, hanya tinggal Kamu yang harus berusaha dan jangan pernah menyerah. Jika Kamu gagal maka jangan menyerah tetapi coba dan coba lagi.

Justru Kamu harus belajar dari kegagalan yang ada untuk menjadi lebih baik lagi.

Pikirkan Masa Depan

Setiap orang pasti mempunyai cita-cita. Tinggal Kamu yang merealisasikan apa yang Kamu impikan dengan sebuah tindakan. Ada seorang motivator yang mengatakan, “Rencanakan hidupmu dari sekarang, sebelum Kamu menjadi bagian dari rencana hidup orang lain”.

Oleh karena itu, jika Kamu merasa ingin menjalani karir dibidang musik namun tidak sanggup untuk meninggalkan profesi sebagai seorang akuntan karena gaji yang tinggi maka Kamu harus mempertimbangkan hal ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai Kamu menyesal dikemudian hari. Hidup itu yang jalani adalah Kamu. Semua keputusan ada ditangan Kamu. Pikirkan yang terbaik untuk karir dan hidup Kamu dimasa depan.