Sejarah Akuntansi Indonesia

Tahukah Kamu Sejarah Akuntansi Di Indonesia ? Mari Ketahui Ceritanya Disini. 

Sebelum memulai sejarah dari akuntansi, ada baiknya Anda memahami apa itu akuntansi.

Akuntansi sendiri adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterpretasikan aktivitas keuangan. Akuntansi dimulai sejak manusia mengenal menghitung uang dan menggunakan pencatatan.

Sejak dahulu, keuangan menjadi tolak ukur untuk mengambil sebuah keputusan dalam beraktivitas. contoh kecilnya begini, Anda ingin membeli sebuah kebutuhan pokok untuk bulan depan. Satu hal sebelum membeli kebutuhan tersebut yang pasti

Pada abad XIV perhitungan rugi laba telah diterapkan oleh pedagang–pedagang dengan menghitung harta yang ada pada akhir suatu pelayaran. Pada akhir abad XV, sistem akuntansi telah dikembangkan Romawi juga ikut berpindah dan digunakan di Spanyol, Portugis, dan Belanda. Pada abad XIX industri di Eropa pun ikut mendorong berkembangnya akuntansi biaya dan konsep dari penyusutan.

Lalu sejak kapan akuntansi mulai di terapkan di Indonesia?

Akuntansi mulai diterapkan di Indonesia tahun 1642. Tetapi ada bukti yang jelas terdapat di pembukuan Amphioen Societeit yang berdiri di Jakarta Indonesia sejak tahun 1747. Lalu akuntansi di Indonesia terus berkembang sejak UU Tanam Paksa dihapuskan pada tahun 1870. Karena terjadi hal tersebut banyak pengusaha swasta Belanda yang menanamkan modalnya di Indonesia, Mereka lah yang akhirnya menerapkan sistem pembukuan di Indonesia. Kemudian Indonesia juga diperkenalkan sistem pemeriksaan atau auditing untuk menyusun dan mengontrol pembukuan perusahaan.

Pendidikan Akuntasi di dalam negeri mulai dirintis pada tahun 1952 oleh Universitas Indonesia yang membuka jurusan akuntasi di Fakultas Ekonomi UI.

Hal tersebut membuat perguruan tinggi lainnya mengikuti langkah dari Universitas Indonesia. Pada tahun 1954 UU No. 34 dikeluarkan untuk mengatur pemberian gelar akuntan. Pada tanggal 23 Desember 1957 didirikan organisasi yang menghimpun para akuntan di Indonesia yang bernama Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Organisasi ini mendirikan seksi Akuntan Publik tahun 1978 dan seksi Akuntan Pendidik tahun 1986.