4 Manfaat Referensi Kerja dan Cara Mendapatkannya

Dengan persaingan yang semakin ketat, mencari pekerjaan tentu bukan perkara mudah. Apalagi, jika tidak membekali diri dengan kemampuan yang mumpuni. Tidak heran jika masih banyak orang yang hingga saat ini belum juga mendapatkan pekerjaan walau sudah melamar ke lebih dari satu tempat. Tidak hanya mencari seseorang dengan background pendidikan tinggi, pengalaman yang berarti juga menjadi pertimbangan bagi perusahaan. Hal ini sejalan dengan persaingan bisnis antar perusahaan yang juga semakin ketat. Selain dua hal tersebut, referensi kerja adalah salah satu faktor penting yang dapat mendukung seseorang saat mencari pekerjaan.

Dengan mengantongi referensi kerja, Anda dapat meyakinkan perekrut bahwa Anda layak untuk direkrut. Referensi yang dimaksud adalah referensi dari berbagai pihak yang sudah mengenal dengan baik atau pernah bekerja sama dengan dalam suatu perusahaan.

Lantas, bagaimana cara untuk mendapatkannya? Langsung saja, temukan jawaban mengenai referensi kerja, fungsi, cara mengisi dan contoh referensi kerja di artikel ini.

Pengertian Referensi Kerja

Referensi kerja adalah atau yang biasa disebut dengan surat pengalaman kerja adalah sebuah surat acuan dan rujukan yang menerangkan bahwa kandidat yang bersangkutan memiliki pengalaman kerja pada suatu bidang tertentu.

Secara umum, surat ini berisi keterangan mengenai perilaku, sikap, dan kinerja dari orang yang bekerja di perusahaan tersebut. Pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang sedang dilamar tentu menjadi sebuah nilai tambah. Sebab, perusahaan tidak perlu repot membimbing kandidat yang bersangkutan untuk melakukan pekerjaan.

Referensi kerja di CV bersifat rahasia, dalam artian hanya diketahui oleh pihak yang meminta keterangan dan pihak yang memberi keterangan. Sementara itu, kandidat yang bersangkutan tidak akan mengetahui isi referensi tersebut. Oleh sebab itu, referensi kerja harus dibuat secara objektif dan sesuai dengan fakta yang ada.

Tidak hanya itu, referensi biasanya juga menunjukkan kinerja kandidat yang bersangkutan selama bekerja di perusahaan sebelumnya. Nantinya, referensi tersebut akan dilihat oleh perusahaan selanjutnya untuk membuktikan apakah kandidat yang bersangkutan layak bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

Baca Juga: 9 Metode Analisis Penjualan untuk Tingkatkan Revenue

Manfaat Referensi

Penggunaan referensi dalam setiap aktivitas penyampaian informasi mempunyai beberapa manfaat, meliputi: 

Menunjukkan Kredibilitas

Manfaat yang pertama dari penggunaan referensi adalah menunjukkan kredibilitas Anda ketika menyampaikan sebuah informasi. Pembaca atau orang yang mendengarkan pendapat akan beranggapan kalau Anda mempunyai pemahaman mendalam terkait tema yang disampaikan. 

Berkat adanya referensi, orang lain akan lebih mudah menerima pendapat yang Anda sampaikan. Apalagi, referensi yang Anda gunakan merupakan sumber acuan tepercaya dan berasal dari tokoh terkemuka. 

Menambah Wawasan

Keberadaan referensi dapat pula memberi manfaat dalam menambah wawasan orang lain, khususnya para pembaca atau pendengar. Mereka berkesempatan untuk menggali informasi secara lebih mendalam dengan bermodalkan referensi yang telah Anda berikan. 

Menghindari Plagiarisme

Penggunaan referensi juga memiliki manfaat dalam upaya menghindari plagiarisme. Anda perlu tahu kalau setiap hasil karya, baik karya tulis ilmiah, jurnal penelitian, dan lain sebagainya. Pencantuman sebagai referensi menunjukkan kepada publik kalau Anda adalah sosok yang bersikap aktif dalam mendukung upaya melawan plagiarisme. 

Memperkuat Opini

Terakhir, opini atau pendapat yang Anda sampaikan akan terlihat lebih kuat kalau didasarkan pada sumber acuan yang jelas. Referensi tersebut merupakan indikasi kalau opini Anda adalah pendapat yang bisa dipertanggungjawabkan. 

Cara Mendapatkan Referensi

Tidak semua orang yang Anda jadikan referensi mempunyai waktu luang. Terlebih, mereka juga pasti akan berpikir-pikir dahulu.

Sebagai follow up, Anda bisa menghubungi mereka dengan cara lain seperti telepon agar Anda tahu kelanjutannya seperti apa. Lalu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat mengirimkan email kepada orang yang diminta menjadi referensi.

  • Pengantar yang menjelaskan terkait kebutuhan akan referensi
  • Pengingat singkat tentang tanggal Anda masuk kerja, di posisi apa Anda kerja, kontribusi unik apa yang telah Anda berikan
  • Deadline untuk menyerahkan referensi
  • Ucapan terima kasih karena telah bersedia membantu untuk menjadi referensi
  • Nomor handphone

Kesimpulan

Secara garis besar, referensi kerja memiliki informasi yang menerangkan bahwa seseorang pernah bekerja pada suatu perusahaan. Seperti lama bekerja, jabatan terakhir, serta kinerja orang yang bersangkutan.

Dapat disimpulkan juga bahwa referensi kerja adalah sebuah surat yang dikeluarkan perusahaan untuk menerangkan bagaimana sikap, perilaku, dan kinerja seorang pekerja saat bekerja di perusahaan tertentu.

Maka dari itu untuk bisa mengatur dan mengelola keuangan perusahaan Anda agar bisa berjalan dengan baik. Anda bisa menggunakan referensi software ERP dari MASERP.

Software ini akan membantu Anda dalam membuat laporan-laporan keuangan di perusahaan. Jadi Anda pun tahu mengenai laporan kas dan laporan laba rugi. Selain itu, banyak pula fitur-fitur pendukung yang ada dalam software MASERP. 

Software akuntansi MASERP bisa menjadi pilihan yang terbaik untuk segala kebutuhan akuntansi usaha Anda. Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan kendala apa yang Anda hadapi kepada konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action