Kamu perlu untuk mengenal software akuntansi. Mengapa saya berkata demikian? Mari bayangkan jika kita berjualan pasti ada yang namanya transaksi penjualan yang selalu dicatat setiap harinya. Bayangkan jika kita harus mencatat transaksi penjualan setiap hari dikertas ataupun dengan program excel atau word.  Betapa ribetnya dan memakan waktu lama untuk menulis atau mengetik data tersebut satu per satu. Mencatat dikertas atau mengetik diprogram excel maupun word sangat rentan terjadi kehilangan data. Kita dapat saja tanpa sengaja menghilangkan kertas pencatatan kita dan data – data yang telah tersimpan diexcel maupun word dapat terhapus bahkan data – data kita bisa dilihat oleh orang lain jika kita tidak memproteksi program tersebut.

Jika kita telah memakai software akuntansi tentu hal-hal seperti ini tidak akan mudah terjadi karena software akuntansi tersedia fitur yang namanya hak akses group dan fitur login. Kali ini saya akan mengajak anda untuk mengenal software akuntansi lebih dalam.

 

Customer Dashboard

 penjualan

 

Kali ini kita akan membahas mengenai sistem penjualan dengan software akuntansi. Alur sistem penjualan pada umumnya adalah Sales Order -> Surat Jalan -> Faktur Penjualan.

  • Sales Order (pesanan penjualan) adalah suatu modul yang digunakan untuk megelola penjualan dari suatu pemesanan. Sales Order dikatakan memenuhi jika jumlah pemesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan.
  • Surat Jalan adalah dokumen yang berfungsi sebagai surat pengantar atas barang yang tercantum di dalamnya yang ditujukan kepada customer(pembeli)  atau penerima yang ditentukan oleh pembeli dan mempunyai kekuatan hukum atas legalitas yang diperlukan di jalan raya mulai dari keluar perusahaan sampai memasuki wilayah milik customer sehingga barang dengan quantity, spesifikasi yang disertai dengan informasi lainnya diterima oleh customer.
  • Faktur Penjualan adalah dokumen yang digunakan sebagai pernyataan tagihan yang harus dibayar oleh customer. Dalam bentuk sederhana dikenal dengan nama BON. Pada transaksi yang nominalnya relatif kecil, invoice digunakan langsung sebagai dokumen tagihan sedangkan pada perusahaan yang nominal transaksinya besar, biasanya dilengkapi dengan surat tagihan atau kwitansi.
  • Terima Piutang adalah penerimaan piutang dari customer kepada kita.
  • Penjualan Langsung adalah penjualan yang dilakukan secara langsung baik secara kredit maupun cash tanpa melalui sales order dan tidak menggunakan surat jalan. 

 

Sales Order

Sales Order dalam program software akuntansi Mas Software berfungsi untuk mengisi data – data Sales Order dari customer. Dalam menu Sales Order terdapat form sales order dan sales order item. Tampilannya dapat dilihat pada gambar dibawah ini

Form Sales Order

b

 

Sales Order Item

c

Kita juga dapat melihat daftar sales order. Tampilannya terlihat seperti pada gambar dibawah ini

d

Surat Jalan

Dalam menu Surat Jalan terdapat surat jalan, delivery permit item, account journal details.

Surat Jalan

e

 

Delivery Permit Item

f

Account Journal Details

g

Untuk tampilan Daftar Delivery Permit dapat dilihat pada gambar dibawah ini

h

Faktur Penjualan

Dalam menu faktur penjualan terdapat penjualan melalui surat jalan, create invoice items, account journal details.

Penjualan Melalui Surat Jalan

i

Create Invoice Items

j

Terima Piutang

 

Create Terima Piutang dan Cash Transaction Item

k

Transaksi

l

Account Journal Detail

m

Kita juga dapat melihat daftar penerimaan piutang pada software akuntansi 

n

Penjualan Langsung

Didalam menu penjualan langsung terdapat create penjualan langsung, sales invoice item dan account journal detail

Penjualan Langsung

o

Sales Invoice Item

p

q

 

Kini sistem penjualan Kamu dapat tertata dengan rapi dengan software akuntansi. Kamu juga sudah semakin mengenal software akuntansi, dan manfaat yang bisa didapatkan. Pastikan untuk memilih software akuntansi yang sesuai dengan bidang usaha Kamu.

Semoga bermanfaat.