Lebih Baik Membeli Software Akuntansi atau Menambah Akuntan Baru?


Setelah menggunakan software akuntansi, apakah akuntan masih diperlukan? Bagi yang tidak ingin membaca sampai akhir, jawabannya adalah iya.

Tetapi, apabila Anda berencana untuk menambah akuntan baru untuk mengejar pekerjaan team accounting sekarang yang terlambat, akan lebih hemat berinvestasi ke software akuntansi.

Mengapa tetap membutuhkan kedua-duanya? Bukankah kerjaan yang dilakukan software akuntansi dan akuntan sama saja?

Software akuntansi adalah suatu tools yang digunakan oleh akuntan untuk berkerja lebih efisien dan cepat dan tanpa kesalahan.

Akuntan tanpa software akuntansi adalah seperti bisnis money changer yang tidak dibekali mesin penghitung uang. Bisnis tentu tetap bisa berjalan, tetapi menghitung uang satu-satu pakai tangan sangat membuang waktu dan rentan kesalahan. Anda perlu mempekerjakan banyak staff hanya untuk menghitung uang masuk dan keluar secara akurat.

Zeny Money Bill Counter Detector Display Currency Cash Counter Bank Machine, Banknote UV and MG Counterfeit Bill Detection - Walmart.com - Walmart.com
Mesin Penghitung Uang

A. Fungsi Akuntan di Perusahaan

Kenapa sudah beli software akuntansi mahal-mahal masih tetap mempekerjakan akuntan? Bukankah semua sudah bisa di handle oleh software?

Sebenernya kasihan apabila akuntan disuruh untuk menjurnal transaksi secara satu per satu. Lebih baik skill mereka dialihkan untuk 2 pekerjaan yang lebih penting, yaitu pengawasan dan analisa.

Pengawasan

Tugas utama akuntan di suatu perusahaan adalah untuk pengawasan. Mengawasi budget, mengawasi laporan keuangan. Memastikan perusahaan tetap positif setiap bulannnya.

Tentunya pengawasan ini akan menjadi lebih lambat apabila akuntan Anda tidak dibekali oleh tools yang tepat seperti yang sudah saya sebutkan tadi di atas.

Analisa Data

Ok sekarang Anda sudah yakin dengan data yang akurat dan terkumpulkan dengan baik.

Langkah selanjutnya adalah untuk menganalisa data dan trend pemasukan dan pengeluaran perusahaan.

Akuntan dapat menyarankan improvement ke pengeluaran biaya misalnya, apabila dia menemukan biaya yang makin bertambah diluar budget yang ditentukan.

Tentunya ini akan berdampak ke cash flow perusahaan yang akan menjadi lebih baik.


Yang Bukan Fungsi Akuntan di Perusahaan

Mengumpulkan Data Manual

Tujuan perusahaan mempekerjakan akuntan adalah untuk menggabungkan data dari penjualan, pembelian dan biaya pengeluaran untuk menghasilkan suatu laporan keuangan.

Apakah hanya dibekali suatu aplikasi bernama Excel, biaya akuntan akan menjadi sangat mahal karena penggabungan tersebut akan rentan kesalahan dan sangat time consuming.

Bisa-bisa Anda memerlukan banyak akuntan hanya untuk melakukan penggabungan data tersebut. Para akuntan tersebut juga tidak akan betah untuk mengerjakan semua hal itu secara manual.

Penjurnalan

Tidak sedikit di perusahaan yang mempekerjakan akuntan untuk melakukan penjurnalan manual untuk setiap transaksi yang ada di perusahaan. Bayangkan saja, apabila satu hari terjadi 100 transaksi penjualan, akuntan harus menjurnal 100 transaksi tersebut satu per satu meskipun transaksi memiliki kemiripan.

Dengan software accounting, jurnal akan di posting secara otomatis setiap transaksi dibuat, dan akuntan hanya perlu melakukan pengecekan dari waktu ke waktu atas jurnal yang terbuat.

Software Akuntansi

Cara Software Akuntansi Membantu Akuntan Anda

Fitur Otomasi

Ini adalah fitur terbaiknya, semua perhitungan dan laporan akan secara otomatis dibuat dengan satu klik saja.

Otomasi membantu perusahaan mengefisiensikan pekerjaan, waktu dan menghemat budget tenaga kerja.

Sebuah software yang baik dapat menjadi sebuah alat berkomunikasi antar divisi yang baik dan cepat, menjadi lebih simpel dan teratur.

Akses Data 24 Jam

Apabila data Anda tersimpan di dalam suatu software, Anda tidak perlu menanyakan data terus ke akuntan karena mereka belum tentu available untuk menjawab pertanyaan Anda 24 jam.

Misalnya pada malam hari Anda ingin mengetahui tentang penjualan yang terjadi selama bulan ini. Anda hanya perlu login ke dalam software dan men-generate laporan penjualan bulanan sendiri tanpa perlu menunggu akuntan Anda.


Kesimpulan

Jadi, apakah perusahaan dengan software akuntansi dapat berjalan dengan maksimal tanpa akuntan? Jawabannya adalah tidak, dan begitupula sebaliknya.

Akuntan tanpa software akuntansi tidak dapat berjalan dengan maksimal, karena akuntan tersebut akan sibuk untuk mengumpulkan data secara manual dan juga rentan kesalahan.

Pada tahun 2020 ini, sudah banyak perusahaan yang berinvestasi ke software akuntansi, terutama dalam masa pandemi ini, karena software akuntansi web based MASERP memungkinkan Anda dan tim untuk tetap produktif meskipun harus WFH.

Dan juga banyak perusahaan yang terpaksa mengurangi SDM perusahaan mereka. Software akuntansi menjadi solusi yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dengan team staff yang lebih kecil.

Dapatkan Free Konsultasi Langsung Dengan Konsultan Ahli Kami

New call-to-action