Pada artikel kali ini, Saya akan membahas mengenai jurnal umum dan jurnal khusus. Bagi Kamu yang bekerja sebagai accounting pastinya tidak asing dengan yang namanya jurnal, jurnal yang dimaksud di sini adalah catatan akuntansi yang berkaitan dengan transaksi yang dilakukan perusahaan.

Setiap perusahaan memiliki standar pencatatan jurnal yang berbeda ada yang dilakukan secara harian, mingguan atau bulanan. Tetapi lebih baiknya untuk keperluan analisis kinerja keuangan Kamu lebih baik menjurnal secara harian.

Biasanya hanya ada satu bentuk jurnal yaitu jurnal umum. Namun sesuai perkembangan zaman yang pesat jurnal sekarang dibagi-bagi menurut jenis – jenis transaksinya. Pembagian jurnal ini pun berguna untuk meminimalisir kesalahan yang sering dilakukan dan juga berguna untuk memberikan informasi yang akurat saat dibutuhkan.

Jika semua transaksi diinput melalui jurnal waktu, maka akan diperlukan waktu untuk memperoleh informasi tertentu yang dibutuhkan. Contoh pada saat anda ingin mengetahui penjualan yang telah tercapai dalam satu bulan maka dibutuhkan proses untuk pemisahan seluruh transaksi yang ada pada jurnal umum.

Berdasarkan kendala – kendala yang sering dihadapi ( seperti kasus diatas ) maka muncullah jurnal yang lebih spesifik dari jurnal umum yang disebut jurnal khusus. Seperti jurnal penerimaan kas, jurnal pengeluaran kas, jurnal pendapatan, jurnal pembelian. Berikut infomasi mengenai jurnal umum dan jurnal khusus semoga bermanfaat.

Berikut info yang bisa saya bagikan. Semoga sukses!