Jenis-Jenis Budgeting yang Dibutuhkan Perusahaan

Budgeting adalah salah satu kegiatan yang sangat umum dilakukan oleh para pelaku usaha, baik yang mereka bergerak pada bidang-bidang bisnis dengan skala usaha besar maupun usaha mikro, kecil, dan menengah.

Bisa dibilang, hampir tidak mungkin seorang pelaku usaha menjalankan operasional bisnisnya tanpa melakukan budgeting terlebih dahulu, bahkan dengan model budgeting yang paling sederhana sekalipun. Bagaimanapun juga, operasional bisnis yang dijalankan tanpa adanya budgeting akan membuat pelaku usaha kebingungan dalam memastikan seberapa baik performa yang ditunjukkan oleh bisnis yang dijalankannya tersebut.

Namun, sebenarnya apa yang dimaksud dengan budgeting dan mengapa suatu operasional bisnis tidak bisa dijalankan tanpa adanya kegiatan yang satu ini? Agar lebih paham, mari kita bahas bersama-sama.

Apa yang Dimaksud dengan Budgeting?

Budgeting berasal dari kata budget dalam bahasa Inggris. Artinya, anggaran atau rencana keuangan. Maka, pengertian budgeting adalah proses membuat, melaksanakan, hingga mengoperasikan anggaran keuangan. Meski berdasarkan perkiraan, penganggaran tidak sama dengan forecasting.

Di perusahaan atau organisasi, budgeting merupakan bagian dari kebijakan manajerial yang sangat berguna dalam penyusunan serta perencanaan jangka panjang, menghitung arus kas, modal belanja, dan manajemen proyek. Dalam melakukan proses penganggaran pun melibatkan proses analisis dan terperinci. Jadi, tidak hanya memperkirakan hasilnya di masa depan saja.

Jenis Budgeting Pada Perusahaan

Sementara berdasarkan jenisnya, ada beberapa jenis rancangan yang harus dimiliki oleh perusahaan, di antaranya:

Budget Penjualan

Mengenai semua rencana penjualan selama periode yang ditentukan akan dinyatakan dalam satuan uang dan juga kuantitas penjualan.

Budget Produksi

Mengenai semua rencana unit yang akan diproduksi selama periode anggaran yang ditentukan berdasarkan rencana penjualan atau inventaris yang telah direncanakan. Rancangan anggaran ini adalah dasar dari biaya produksi, biaya tenaga kerja, biaya bahan baku, dan biaya pabrik.

Budget Biaya Bahan Baku

Mngenai semua jenis perkiraan bahan baku yang dibutuhkan dalam proses produksi dengan menyatakan jumlah bahan baku dan satuan uang. Dari anggaran ini, akan diketahui bahwa pembelian bahan baku akan digunakan sebagai dasar untuk menyiapkan anggaran kas dan laba rugi.

Budget Biaya Tenaga Kerja Langsung

Mengenai perkiraan biaya tenaga kerja selama beberapa periode anggaran yang akan digunakan sebagai dasar untuk menyiapkan anggaran tunai dan juga untung rugi. Secara umum, persiapan ini adalah perhitungan biaya tenaga kerja yang dikenal dengan dua jenis perhitungan seperti upah satuan dan upah per jam.

Budget Overhead Pabrik

Tentang biaya overhead pabrik selama beberapa periode anggaran yang digunakan dalam menyiapkan kas dan anggaran laba rugi.

Budget Persediaan

Tentang inventaris yang dimiliki perusahaan dalam periode waktu tertentu dengan perencanaan yang terperinci dan jelas.

Budget Biaya Produksi

Tentang biaya pemasaran dan biaya administrasi umum tentang perkiraan biaya administrasi dan biaya umum.

Budget Program

Tentang anggaran operasional berdasarkan semua program utama perusahaan dari jenis atau kelompok produk seperti program penelitian dan pengembangan.

Budget Kas

Tentang sumber dan penggunaan uang tunai dalam periode tertentu yang terdiri dari berbagai anggaran operasional dan belanja modal berdasarkan penyusunan anggaran neraca.

Budget Laba Rugi

Tentang untung dan rugi yang bisa didapat perusahaan selama periode yang ditentukan, digunakan sebagai dasar penyusunan neraca.

Budget Neraca

Tentang rencana tentang posisi keuangan seperti aset, modal, dan utang yang dimiliki oleh perusahaan dari awal hingga akhir periode.

Kesimpulan

Jika Anda kesulitan menghitung budgeting adalah ada baiknya Anda menggunakan software ERP yang dapat diandalkan seperti MASERP.

MASERP merupakan software ERP yang mengintegrasikan banyak fungsi bisnis seperti penjualan, pembelian, keuangan, manufaktur dan lain-lain.

MASERP akan memudahkan Anda mencatat, memantau dan membuat laporan keuangan sepeti arus kas dan laba rugi perusahaan secara otomatis dan kapan saja tanpa harus menunggu rugi atau negatif. Pencatatan dan pengawasan laporan keuangan harus dilakukan secara rutin untuk memastikan cash flow perusahaan selalu positif.

Anda bisa mencustom software MASERP sesuai bisnis flow Anda. Segera konsultasikan dengan konsultan ahli kami. Gratis!

New call-to-action