6 Cara Mudah Mencapai Inklusi Keuangan Beserta Manfaatnya

Apakah Anda pernah mencari tahu di media sosial atau di YouTube mengenai cara pengelolaan keuangan, mengikuti webinar keuangan, membeli produk keuangan di bank, dan semacamnya? Itu merupakan beberapa cara yang mungkin pernah Anda lakukan untuk meningkatkan inklusi. Memang, apa sih inklusi keuangan? Apa manfaat dan bagaimana cara mencapainya? Simak pembahasannya di bawah ini, yuk!

Pengertian Inklusi Keuangan

Setia individu dan bisnis berhak memiliki akses agar mencapai keuangan yang dapat digunakan untuk membeli barang atau jasa secara berkelanjutan. Inklusi keuangan merupakan kondisi masyarakat dalam menggunakan dan mengakses produk layanan keuangan seperti asuransi, perbankan, investasi dan lain-lain.

Literasi keuangan merupakan cara yang dapat mendukung peningkatan inklusi keuangan, agar masyarakat lebih paham dalam memilih dan memakai produk keuangan yang tepat dengan kebutuhan mereka.

Baca Juga: Manfaat Perencanaan Keuangan dan 9 Cara Membuatnya

Manfaat Inklusi Keuangan

Inklusi keuangan yang dapat berjalan dengan efektif di masyarakat akan memberikan banyak manfaat antara lain dapat meningkatkan literasi keuangan dan perencanaan keuangan yang matang, perekonomian lebih merata dan semakin maju. Mari kita simak penjelasan singkatnya.

Meningkatkan Literasi Keuangan

Ketika masyarakat bisa mendapatkan informasi dan menggunakan produk atau layanan keuangan dengan mudah, maka ini akan memberikan efek positif karena mereka juga lebih mudah memahami bagaimana cara pengelolaan keuangan dengan tepat dari mulai alokasi hingga cara mencapai tujuan keuangan. Dengan begitu, masyarakat juga semakin ingin mencari tahu dan menggunakan berbagai produk investasi yang dapat memudahkan perjalanan mereka dalam mencapai tujuan keuangan dan meningkatkan pendapatan mereka.

Memiliki Perencanaan Keuangan yang Lebih Baik

Akses finansial yang semakin mudah membuat masyarakat mampu merencanakan lebih matang dengan cara yang tepat, mereka menjadi lebih aware terhadap finansial untuk masa depan yang lebih baik. Contoh dari perencanaan keuangan adalah dana pendidikan untuk anak, dana pensiun untuk hari tua, dana untuk pergi haji, dan lain sebagainya.

Perencanaan keuangan yang matang akan membuat masyarakat memiliki kesadaran dalam mengelola dan mempersiapkan keuangan untuk tujuan mereka di masa mendatang. Jika orang tua sudah merencanakan dana pendidikan dari beberapa tahun sebelumnya, maka mereka tidak lagi kebingungan atau stress memikirkan finansial ketika anaknya sudah mendekati waktu pendaftaran sekolah. Perencanaan dana pendidikan ini juga dapat digunakan oleh orang tua dalam menentukan sekolah yang akan mereka tuju, berapa nominal yang harus diinvestasikan atau ditabung setiap bulannya, berapa lama waktu menabung atau investasinya, dan lain-lain.

Financial Planner

Kondisi Perekonomian Merata

Salah satu akar permasalahan ekonomi di Indonesia adalah masyarakat tidak memiliki informasi dan edukasi mengenai produk dan layanan keuangan. Dengan inklusi keuangan, masyarakat jadi memiliki hal tersebut, sehingga bisa memiliki produk dan layanan yang mereka butuhkan untuk meningkatkan kondisi perekonomian mereka. Sebagai contoh, masyarakat yang memiliki bisnis dan membutuhkan modal untuk membuat bisnisnya semakin berkembang, maka  mereka bisa menggunakan layanan pinjaman di bank atau menggadaikan aset untuk keperluan penting di lembaga keuangan resmi yang diawasi oleh OJK.

Pertumbuhan Perekonomian Negara

Selain dalam pengelolaan dan perencanaan keuangan, literasi keuangan juga membuat para pemilik bisnis lebih memahami cara untuk mendapatkan modal yang aman di lembaga yang diawasi OJK, sehingga tidak tertipu dan malah menyebabkan kerugian finansial.

Dengan banyaknya bisnis yang semakin berkembang, maka semakin tinggi juga kualitas konsumsi masyarakat yang menyebabkan jumlah konsumsi nasional meningkat. Peningkatan konsumsi nasional ini akan berbanding lurus dengan peningkatan pendapatan nasional yang berdampak pada pertumbuhan perekonomian negara yang semakin baik.

Baca Juga: 5 Perbedaan Ekonomi Mikro dan Makro yang Perlu Diketahui

Cara Mencapai Inklusi Keuangan

Setelah memahami manfaat dari inklusi keuangan, lantas cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mencapainya? Berikut ini kami berikan beberapa caranya:

Pemetaan Informasi Keuangan Masyarakat

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk meningkatkan inklusi keuangan masyarakat, perlu dilakukan pemetaan profil keuangan masyarakat. Sebagai contoh, targetnya adalah inklusi dari para penggerak UMKM, selanjutnya pemerintah dapat melakukan pemetaan mengenai kondisi ekonomi dan keuangan mereka, demografi dan behaviour, pengetahuan mengenai fasilitas keuangan dan lain sebagainya.

Fasilitas Intermediasi dan Saluran Distribusi Keuangan

Pemerintah dapat memberikan fasilitas intermediasi ke masyarakat dengan kelas sosial ekonomi rendah. Intermediasi keuangan merupakan proses pembelian dari pemerintah untuk disalurkan kepada unit ekonomi yang mengalami defisit dana. Fasilitasnya dapat berupa pemberian literasi keuangan, baik dalam bentuk tools maupun sumber daya manusia. Saluran distribusi merupakan penyedia bantuan pelayanan atau pendanaan.

Lembaga Inklusi Percontohan

Cara lain yang dapat dilakukan adalah pemerintah atau para penggerak sosial membuat lembaga percontohan dalam penerapan inklusi keuangan, bentuknya dapat dalam bentuk lembaga yang nantinya bisa menjadi teladan atau inspirasi bagi masyarakat dan lembaga lain untuk menerapkan perencanaan dan pengelolaan keuangan yang tepat.

Peningkatan Perlindungan Konsumen

Hal yang berkaitan dengan pengelolaan dan perencanaan keuangan merupakan hal yang masih tabu di masyarakat, banyak yang tidak mempercayai fasilitas atau lembaga karena mereka takut tertipu dan kehilangan uang. Dengan alasan tersebut dan untuk meningkatkan inklusivitas, pemerintah juga wajib meningkatkan perlindungan terhadap konsumen. Kalau konsumen terlindungi, mereka akan merasa percaya pada berbagai fasilitas keuangan di negara ini seperti perbankan, sehingga mereka akan sering bertransaksi dengan nyaman.

perlindungan konsumen

Edukasi Keuangan

Selanjutnya, untuk meningkatkan inklusi perlu memberikan edukasi keuangan yang menyeluruh dan berkelanjutan. Tidak hanya bagi para pekerja atau pemilik bisnis di kota besar saja, edukasi keuangan sebaiknya diberikan kepada seluruh lapisan masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia, bahkan sudah diajarkan sejak masih dibangku sekolah.

Penggunaan Teknologi

Saat ini, perkembangan teknologi juga semakin berkembang di dunia keuangan. Banyak sekali aplikasi maupun software yang bisa masyarakat gunakan untuk mengelola keuangan. Salah satunya adalah dalam teknologi pembayaran yaitu QRIS. 

Kesimpulan

Manfaat dari inklusi keuangan antara lain dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat khususnya kelas menengah ke bawah, masyarakat memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik, kondisi perekonomian menjadi lebih merata dan semakin bertumbuh.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan inklusi adalah harus memetakan kondisi keuangan masyarakat terlebih dahulu, membuat fasilitas intermediasi beserta saluran distribusi keuangan, membuat lembaga inklusi keuangan, meningkatkan perlindungan konsumen, mengedukasi masyarakat mengenai keuangan dan penggunaan teknologi yang tepat.

Nah, baik individu maupun bisnis pemilihan dan penggunaan teknologi harus tepat sesuai dengan kebutuhan. Misalnya Anda memiliki sebuah bisnis distribusi barang atau manufaktur produk tetapi ternyata teknologi yang digunakan tidak dapat memfasilitasi alur kerja bisnis Anda. Tentu itu menjadi masalah, karena bukan malah membuat proses lebih efisien dan efektif tetapi dapat menyebabkan kerugian tenaga dan finansial.

Pemilihan teknologi yang tepat seperti software untuk bisnis memang harus dipertimbangkan, salah satunya Anda dapat memilih software MASERP yang memiliki berbagai fitur dan modul powerful untuk bisnis Anda seperti manufaktur, pembelian dan supplier, penjualan, persediaan barang, keuangan dan akuntansi, general ledger, aset tetap, pajak dan masih banyak lagi.

Anda tidak perlu khawatir jika memiliki multi cabang, multi gudang, bahkan multi currency, karena MASERP dapat memfasilitasi itu semua tanpa Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan. Harga yang ditawarkan pun sudah termasuk 5 user, penasaran dan ingin mendapatkan solusi untuk kendala bisnis Anda? Silakan konsultasikan dengan konsultan ahli kami dengan klik gambar di bawah ini!

New call-to-action