Tugas dan Tips Jitu Melakukan Direct Selling

Direct selling adalah cara yang efektif untuk membangun bisnis yang fleksibel dan berbiaya rendah. Cara ini memungkinkan Anda untuk mengurangi biaya iklan, menghindari biaya overhead, dan membangun hubungan pelanggan yang tahan lama.

Cara ini berdasarkan pada penjualan produk atau layanan yang lokasinya jauh dari lokasi ritel. Produk-produk tersebut dipasarkan dan dijual langsung melalui konsultan, distributor, dan berbagai nama lainnya.

Pengertian Direct Selling

Direct selling adalah teknik penjualan yang dilakukan pelaku usaha secara langsung kepada target pasar yang diinginkan. Artinya, pelaku usaha harus paham mengenai target pasar untuk bisa terjun langsung berhadapan dengan target yang dimaksud.

Penerapan direct selling memberikan peluang bisnis untuk meningkatkan penjualan secara signifikan. Bagaimana tidak, sebab pelaku usaha langsung mengenali kebutuhan konsumen. Hal tersebut memudahkan pelaku usaha menarik minat konsumen.

Baca Juga: Pengertian dan 5 Jenis Biaya Logistik Bagi Perusahaan

Tugas Direct Selling

Menguasai Product Knowledge

Tugas direct sales yang penting adalah menguasai product knowledge. Hal ini disebabkan karena seluruh aktivitasnya akan berhubungan langsung dengan konsumen dan produk yang dibawa.

Umumnya, konsumen akan selalu menanyakan segala informasi produk pada seorang sales. Metode direct sales dibilang sukses bila salesman menguasai product knowledge secara profesional agar konsumen merasa sangat puas dan mengerti tentang  produk yang akan dibelinya.

Melakukan Promosi Langsung

Salah satu tugas direct sales adalah melakukan promosi dan memasarkan produk secara langsung kepada calon konsumen dengan pelayanan yang memuaskan. Seorang salesman yang menggunakan metode ini harus pintar membawa diri untuk memasarkan produknya.

Mampu Mempresentasikan Produk

Kemampuan untuk mempresentasikan produk diperlukan dalam metode direct sales karena produk tersebut akan di-display secara langsung untuk menarik minat para calon konsumen. Produk yang dipajang saja tidak memiliki peluang besar untuk dilirik konsumen bila tidak dibarengi dengan kemampuan salesman untuk menjelaskan keunggulan yang dimiliki produk tersebut.

Melakukan Pendekatan pada Konsumen

Sesuai dengan namanya penjualan langsung, otomatis para salesman dengan metode ini harus melakukan pendekatan langsung pada konsumen dengan cara langsung menawarkan produk pada target yang dituju.

Salesman harus mengusahakan untuk melakukan pendekatan langsung secara santun dan baik seperti memberikan sapa, salam, dan senyuman yang ramah ketika akan mempresentasikan produk yang akan ditawarkan. Hal ini akan membuat kesan baik tersendiri pada konsumen.

Mampu Membaca Peluang Pasar

Tugas direct sales berikutnya adalah harus bisa melihat dan membaca peluang pasar secara jeli. Sebelum terjun ke lapangan dan bertemu dengan para calon konsumen, setidaknya mereka harus mempersiapkan dan mampu membaca prospek atau peluang lokasi mana yang tepat dan sesuai untuk melakukan direct selling.

Jenis-Jenis Direct Selling

Penjualan langsung satu tingkat

Penjualan langsung satu tingkat merupakan jenis direct selling yang paling sering ditemukan dalam dunia bisnis. Jenis ini berkaitan dengan penjualan yang dilakukan secara tatap muka langsung antara penjual dan pembeli.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, penjualan langsung satu tingkat dapat dilakukan secara online. Sistem komisi dari hasil penjualan online ini nantinya diberlakukan untuk membuat kesepakatan antara distributor dengan penjual.

Pemasaran Berjenjang

Pemasaran berjenjang menekankan teknik penjualan multi-level-marketing (MLM). Jenis direct selling ini cukup dilakukan dengan mendapatkan mitra penjualan sebanyak-banyaknya. Dengan demikian, komisi penjualan yang diterima pun semakin tinggi.

Penjualan Party Plan

Penjualan party plan merupakan metode penjualan dimana perusahaan mengadakan pesta dari grup yang berisi para konsumen. Selama pesta berlangsung, perusahaan menawarkan produk mereka untuk mendapatkan angka penjualan.

Tips Melakukan Direct Selling yang Tepat

Membangun Hubungan 

Prioritas pertama Anda harus membuat klien Anda memberikan perhatian dan waktu mereka. Jalin hubungan dan tentukan poin-poin serta kebutuhan mereka sehingga Anda dapat menawarkan solusi. Selalu follow up prospek baru dengan cepat untuk membangun hubungan baru.

Pertahankan Jaringan

Strategi pemasaran jaringan Anda harus menjadi inti dari bisnis penjualan langsung. Sangat penting untuk memiliki hubungan yang saling menguntungkan dengan kolega Anda, berkomunikasi dengan mereka, dan mempelajari cara mereka berjualan.

Tingkatkan Keterampilan Penjualan

Keterampilan berkomunikasi dan mendengarkan dapat membantu Anda membangun hubungan pelanggan yang tahan lama dan menumbuhkan bisnis yang sukses.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai direct selling adalah menjadi penjual langsung akan membutuhkan kerja keras, networking, dan hasrat untuk apa yang Anda lakukan, ditambah penelitian tentang produk apa pun yang Anda coba jual.

Penjualan langsung adalah bisnis, dan seseorang harus menjalankannya seperti bisnis, atau hanya Anda akan berakhir pada kerugian. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan Anda dapat menggunakan software ERP seperti MASERP yang dapat mengintegrasikan hampir semua departemen di perusahaan seperti gudang, penjualan, pembelian, manufaktur, keuangan, pajak, dan masih banyak lagi.

Anda tidak akan kehabisan persediaan lagi saat berjualan karena di MASERP terdapat fitur warning untuk persediaan yang sudah mencapai nilai minimum. Selain itu, Anda dapat mengetahui produk best-selling dan product line yang paling memberikan profit besar dengan chart yang ada di dashboard MASERP. MASERP dapat melacak tingkat persediaan setiap waktu dengan metode biaya rata-rata.

Untuk mengetahui lebih banyak mengenai MASERP, segera booking konsultasi gratis dengan konsultan ahli kami dan ceritakan kebutuhan bisnis Anda, sekarang!

New call-to-action