5 Rekomendasi Aplikasi Gudang Beserta Fitur

Dalam era digital yang penuh tantangan bagi dunia bisnis, kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh kualitas produk atau layanan yang ditawarkan, tetapi juga oleh seberapa efisien perusahaan dalam mengelola operasional gudang. Itulah mengapa aplikasi gudang menjadi begitu penting.

Aplikasi gudang merupakan kunci utama dalam memastikan efisiensi, akurasi, dan ketepatan waktu dalam mengelola inventarisasi, pesanan, serta pelacakan barang masuk dan keluar dari gudang.

Artikel ini akan membahas apa itu aplikasi gudang, manfaatnya bagi perusahaan, fitur-fitur unggulannya, serta daftar aplikasi gudang beserta harganya, membantu Anda memahami betapa krusialnya peran aplikasi ini dalam mengoptimalkan operasi bisnis Anda.

Apa itu Aplikasi Gudang?

Aplikasi gudang adalah software yang dipakai khusus untuk mengelola dan mengontrol operasi gudang sebuah perusahaan. Tujuan utama aplikasi ini adalah untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam manajemen persediaan barang, mengelola pesanan, serta tracking barang masuk dan keluar dari gudang.

apa itu aplikasi gudang

Aplikasi ini membantu Anda dan tim memantau persediaan barang secara real-time, menghindari kekurangan atau kelebihan stok yang tidak perlu. Kondisi kelebihan stok di gudang bisa berdampak ada cahsflow yang tidak sehat. Bila kekurangan stok juga dapat membuat pelanggan kecewa dan bisa membuat mereka beralih ke kompetitor karena mereka tidak bisa membeli barang yang mereka cari.

Aplikasi gudang dapat terintegrasi dengan sistem manajemen rantai pasokan supply chain management (SCM) atau sistem enterprise resource planning (ERP), ini akan membuat kegiatan operasional bisnis menjadi lebih efisien dan efektif.

Baca Juga: Jenis dan Fungsi Gudang untuk Bisnis

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Gudang

Aplikasi gudang memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan dalam mengelola dan mengoptimasi operasional gudang. Berikut beberapa keuntungan utama yang bisa Anda dan tim dapatkan:

Mengoptimalkan Inventaris

Penggunaan aplikasi gudang akan membantu perusahaan dalam memantau inventaris gudang secara real-time, sehingga dapat menghindari kemungkinan kekurangan atau kelebihan stok yang tidak perlu.

Perusahaan juga dapat mengatur persediaan gudang dengan lebih efisien karena data akurat dan real-time yang disajikan di aplikasi. Anda dapat lebih cepat membuat keputusan dengan data tersebut.

keuntungan aplikasi gudang

Meningkatkan Efisiensi Kerja

Dengan bantuan aplikasi gudang, proses penyimpanan, pengambilan, dan pengiriman barang menjadi lebih efisien dan otomatis, sehingga dapat mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan dalam operasi gudang, serta meningkatkan produktivitas karyawan.

Di fitur persediaan barang MASERP, Anda tidak perlu double input ketika melakukan transaksi yang melibatkan persediaan barang, karena sudah ada master data di awal setting.

Data Akurat

Melalui sistem aplikasi yang ter-update secara otomatis, human error dalam pencatatan persediaan barang dapat diminimalisir, sehingga dapat mengurangi risiko kesalahan dalam pencatatan dan kehilangan persediaan.

Penyimpanan Terorganisir

Aplikasi gudang ini umumnya dilengkapi dengan fitur pengaturan penyimpanan yang terintegrasi, sehingga perusahaan dapat mengatur penempatan barang dengan lebih efisien. Ruang gudang dapat dimaksimalkan dan barang dapat disimpan dengan lebih terorganisir.

Meningkatkan Layanan Pelanggan

Dengan proses pengiriman yang lebih cepat tentu dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan pengalaman yang lebih baik karena pesanan mereka diproses dengan cepat dan tepat. Jika pelanggan puas dan senang, besar kemungkinan mereka akan melakukan pembelian kembali dan menjadi pelanggan yang loyal.

aplikasi gudang tingkatkan layanan pelanggan

Fitur Aplikasi Gudang

Aplikasi gudang dilengkapi dengan beragam fitur yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi gudang. Berikut adalah beberapa fitur utama dari aplikasi gudang secara rinci:

Scan Barcode atau RFID (Radio Frequency Identification)

Fitur ini membantu mengidentifikasi dan melacak barang di gudang. Dengan menggunakan scanner, seperti barcode scanner atau RFID, Anda dapat mengakses informasi setiap barang dengan cepat, termasuk rincian produk dan lokasi penyimpanan.

scan barcode gudang

Manajemen Pesanan

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur manajemen pesanan yang membantu Anda memantau dan mengelola pesanan secara efisien. Fitur ini mencakup penerimaan pesanan, pengaturan pengiriman, dan pemantauan status pesanan dari awal hingga selesai.

aplikasi gudang fitur manajemen pesanan

Laporan dan Analisis

Fitur ini menyediakan laporan tentang performa gudang serta analisis data yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan. Anda dapat membuat laporan tentang inventaris, penjualan, atau kinerja operasional gudang lainnya. Analisis data ini membantu Anda dan tim memahami tren, mengidentifikasi masalah, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi.

Integrasi Sistem

Aplikasi gudang dapat terhubung dengan sistem supply chain management (SCM) atau sistem enterprise resource planning (ERP) perusahaan. Integrasi ini memudahkan transfer data antar departemen, memastikan informasi konsisten dan akurat di semua level perusahaan.

Update Otomatis

Fitur ini memastikan bahwa aplikasi gudang selalu ter-update dengan fitur-fitur terbaru dan perbaikan bug. Dengan update otomatis, perusahaan dapat memastikan bahwa mereka selalu menggunakan versi terbaru dari aplikasi, yang mungkin menghadirkan peningkatan fungsionalitas dan keamanan.

Daftar Rekomendasi Aplikasi Gudang Beserta Harganya

Berikut adalah daftar beberapa aplikasi gudang beserta perkiraan harganya:

MASERP

MASERP adalah software ERP yang memiliki fitur multi gudang dan dengan dilengkapi kode gudang yang sudah terintegrasi dengan persediaan stok barang dan pelaporannya. Selain itu, MASERP juga dilengkapi dengan fitur quantity minimum dan maxium yang akan memudahkan perusahaaan dalam mengelola persediaan dengan mengatur jumlah minimal dan maksimal stok persediaan. 

Tentunya dengan pengelolaan stok yang sesuai di gudang dan aplikasi menjadi salah satu cara dalam menjaga kepuasaan konsumen. Pencatatan ketersediaan stok barang di sistem MASERP dilakukan dengan perpetual serta periodik melalui fitur stock opname yang akan memudahkan dalam mengelola persediaan barang berdasarkan jurnal dan kategorinya.

Dalam satu sistem MASERP tidak hanya ada fitur persediaan barang dan multi gudang, tetapi juga meliputi semua departemen dari pembelian, penjualan, keuangan, akuntansi, supplier, pelanggan, aset tetap, manufaktur, multi company, multi currency, dan masih banyak lagi.

Zoho Inventory

Zoho Inventory adalah solusi manajemen gudang yang komprehensif yang memungkinkan perusahaan untuk mengelola inventaris dengan mudah, melacak pesanan, dan memantau stok secara real-time. Fitur-fiturnya mencakup manajemen inventaris, pelacakan pesanan, integrasi dengan layanan pengiriman, dan laporan analitis yang mendalam.

Harga berlangganan Zoho mulai dari sekitar Rp 700.000 hingga Rp 3.500.000 per bulan, tergantung pada paket yang dipilih. 

Fishbowl Warehouse

Fishbowl Warehouse adalah aplikasi gudang yang dirancang untuk mengoptimalkan operasi gudang dalam perusahaan kecil hingga menengah. Dengan fitur-fitur seperti manajemen inventaris, pengelolaan pesanan, pelacakan pengiriman, dan integrasi dengan sistem penjualan, Fishbowl Warehouse membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas gudang. Anda dapat berlangganan aplikasi ini dengan biaya $4,395 untuk semua user

Wasp Inventory Control

Wasp Inventory Control adalah solusi manajemen inventaris yang ramah pengguna dan terjangkau. Aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk melacak inventaris dengan mudah, mengelola pesanan, dan memantau aktivitas gudang secara real-time. Fitur-fitur tambahan seperti barcode scanner, laporan analitis, dan integrasi dengan sistem akuntansi membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk perusahaan kecil dan menengah. Anda perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 14.950.000 untuk lisensi satu pengguna untuk menggunakan sistem ini. 

Oracle Warehouse Management Cloud

Bagi perusahaan dengan skala yang besar, Oracle Warehouse Management Cloud adalah solusi manajemen gudang berbasis cloud yang menyediakan fitur-fitur canggih yang akan cocok untuk mengatur persediaan stok gudang dalam jumlah besar.

Dengan integrasi yang kuat dengan sistem Oracle ERP, aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola operasi gudang mereka dengan efisien, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi biaya keseluruhan rantai pasokan. Untuk biaya per tahunnya, Anda perlu mengeluarkan biaya dari mulai $25,000 yang tergantung pada paket yang dipilih. 

Kesimpulan

Dengan memilih dan menerapkan aplikasi gudang yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, Anda dapat membawa perusahaan Anda ke level yang lebih tinggi dalam dunia bisnis yang berubah dengan cepat ini. Jangan ragu untuk memanfaatkan keunggulan teknologi ini untuk meraih kesuksesan yang lebih besar dalam bisnis Anda.

Software ERP memang memerlukan investasi yang lumayan mahal, tetapi jika bisnis Anda membutuhkan solusi menyeluruh bagi operasional bisnis, menggunakan software ERP MASERP adalah solusi terbaik dalam mengoptimalkan proses ini.

MASERP dapat digunakan untuk lebih dari satu entitas perusahaan tanpa biaya tambahan. Dengan database SQL server, MASERP kuat menampung jutaan transaksi dan tidak akan corrupt.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang software MASERP yang akan memberikan banyak kemudahan pada perusahaan Anda, langsung saja konsultasikan apa yang Anda butuhkan kepada konsultan ahli kami sekarang. Gratis!