Pilih Mana BISNIS Atau KERJA?

Bisnis atau kerja sebagai karyawan? Pertanyaan ini pasti akan datang pada saat Kamu menginginkan memulai usaha sendiri, dan manakah yang lebih Kamu pilih? Bisnis sendiri atau bekerja sebagai karyawan? Banyak yang akan memilih mempunyai bisnis sendiri, namanya juga manusia pasti tidak akan puas dan selalu ingin lebih.

Untuk membangun suatu bisnis sendiri tidaklah mudah, banyak mitos mitos yang bersebaran seperti pengusaha itu keren, jadi bos tinggal ongkang – ongkang kaki, jadi bos waktunya lebih fleksibel, usaha sendiri untung lebih besar pendapatan lebih jauh besar dibanding yang bekerja. Namun masalah yang akan dihadapi untuk memulai bisnis adalah peluang. Jika tidak ada peluang yang tetap tentunya bisnis Kamu belum bisa dijalankan. Selain itu belum lagi Kamu akan memikirkan modal awal yang harus Kamu kumpulkan dan lagi memikirkan bisnis apa yang akan Kamu jalankan, dan membangun market dan produknya secara perlahan tentunya sudah membuat Kamu pusing. Oleh karena itu banyak yang memilih menjadi karyawan dibandingkan membuat usaha sendiri, tetapi tidak sedikit juga yang memilih untuk membangun bisnis sendiri, tergantung dari setiap persepsi orang.

Semua bidang yang Kamu pilih mau itu karyawan atau pebisnis pasti memiliki resiko tersendiri. Contoh pada saat Kamu menjadi karyawan resiko pemotongan gaji atau pemecatan tentunya ada dan jika Kamu menjadi pebisnis bisa saja bisnis anda sepi, keuntungan tidak seperti yang diharapkan dan bisnis anda bangkrut. Tentunya ada jalan untuk menghindari hal tersebut dengan memprediksi dan mengaturnya sebelum Kamu melakukan perencanaan yang matang. Oleh karena itu setiap Kamu memilih jalan mana yang akan Kamu ambil dipikirkan dan direncanakan secara matang. 

Jadi Kamu pilih mana? Bisnis atau kerja? Bekerja keras untuk membesarkan usaha Kamu sendiri atau bekerja keras untuk membesarkan perusahaan orang lain? Salam  Sukses.