10 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Banyak pengusaha baru yang sukses dalam membangun bisnisnya, tetapi tidak sedikit pula yang gagal. Saat memulai bisnis baru tentunya ada proses naik turunnya bisnis, meminimalisir kesalahan dalam membangun suatu bisnis adalah salah satu kunci untuk membangun bisnis yang sukses, berikut 10 kesalahan fatal pengusaha yang biasa dilakukan oleh pebisnis pemula berikut dengan solusinya:

1. Asal Bertindak.
Kebanyakan pebisnis pemula tidak memikirkan efek jangka panjang saat pengambilan tindakan, sebelum memulai bisnis baru disarankan untuk mempelajari ilmu bisnis yang akan dijalani secara cukup. Banyak pebisnis pemula yang langsung mengambil tindakan untuk memulai bisnis baru tanpa persiapan karena terpancing motivator yang mereka dengar atau seminar yang diikuti. Selain itu pebisnis juga harus melihat peluang bisnis sebelum memulai bisnis.

2. Langsung Berinvestasi Tanpa Mengetahui.
Sebelum menginvestasikan uang Kamu untuk membuat suatu bisnis, biasakan lah untuk melihat peluang bisnis tersebut, dan luangkan lah waktu untuk mengujinya, dan konsultasikan ide bisnis Kamu pada para ahli yang sudah sukses di suatu forum atau komunitas. Hal tersebut akan memberikan Kamu gambaran jalan bisnis yang akan Kamu jalankan.

3. Tidak Memiliki Tujuan Dalam Berbisnis.
Apakah Kamu memiliki tujuan dalam berbisnis? Atau hanya ikut ikutan teman atau saudara  Kamu yang sudah sukses dalam menjalani bisnis. Ini merupakan kesalahan yang banyak dilakukan oleh pebisnis awal. Sebelum memulai bisnis baru Kamu harus mengevaluasi apa yang bisnis yang ingin Kamu jalankan, sesuaikan dengan minat Kamu karena dengan memulai bisnis sesuai dengan minat Kamu tentunya Kamu akan memiliki pondasi hati yang kuat dan memiliki alasan atau kekuatan dalam mempertahankan bisnisnya.

4. Lama Untuk Take Action.
Meskipun Kamu sudah mempersiapkan segala hal dengan baik dari ilmu bisnis , perencanaan bisnis , dan tujuan bisnis, tapi Kamu harus segera take action , sebab banyak perencanaan bisnis yang gagal karena terlalu lama merealisasikan perencanaan bisnis tersebut, jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk mewujudkan setiap perencanaan bisnis Kamu. Sebaiknya Kamu tidak berlebihan dalam mempersiapkan dan membangun berbagai perencanaan dalam satu waktu tapi tak semuanya tidak terealisasikan dengan baik.

5. Terlalu Mudah Percaya.
Banyak kejadian penipuan terjadi didunia bisnis , tak sedikit yang menjadi korban penipuan oleh karena itu untuk pebisnis pemula harus berhati hati dan jangan terlalu mudah percaya atau Kamu akan ditipu , seperti perkataan yang cukup familiar didunia bisnis yaitu “Bisnis itu kalau tidak menipu ya ditipu”.

6. Terlalu Banyak Menerima Masukan Bisnis.
Terlalu banyak masukkan bisnis yang Kamu terima dapat membuat Kamu berhasil, tetapi juga dapat membuat Kamu menjadi gagal. Jika Kamu tidak menerimanya juga dapat menghilangkan peluang bisnis Kamu. Lalu harus bagaimana? Simple saja terimalah masukkan bisnis yang khusus bergerak dibidang bisnis yang sama dengan Kamu.

7. Ingin Cepat Sukses.
Salah satu kesalahan fatal pengusaha dan sifat buruk yang dimiliki setiap pebisnis pemula yaitu selalu ingin cepat. Pebisnis yang memiliki sifat seperti ini sebaiknya diubah , mengapa? Bisnis adalah sesuatu yang dilakukan dengan memiliki proses. Proses bisnis yang harus dilalui dapat terjadi dengan cepat maupun lambat tergantung dari cara pebisnis mengelola perusahaannya. Yang terpenting Kamu harus mengetahui proses bisnis yang Kamu jalankan dan tidak terburu buru dalam mengambil keputusan yang dapat mengakibatkan kesalahan dalam bisnis Kamu.

8. Tidak Memprioritaskan Konsumen.
Produk yang dibuat sempurna dan konsep yang telah di buat secara luar biasa menjadi tak berguna jika tak sesuai dengan keinginan konsumen . Kamu juga harus mengenali kebutuhan dan trend sekarang ini sebelum meluncurkan produk terbaru Kamu.

9. Kurangnya Relasi Bisnis.
Relasi adalah salah satu hal yang penting saat Kamu memulai bisnis Kamu. Jika Kamu tak pernah berkomunikasi dengan konsumen atau ahli industri, maka Kamu akan dengan mudah kehilangan berbagai peluang usaha yang ada. Sebagai pembisnis Kamu harus menjadi seseorang yang banyak dikenal orang.

10. Salah Mempekerjakan Orang.
Orang – orang yang bekerja untuk Kamu adalah salah satu hal yang membuat Kamu dapat sukses, penting untuk Kamu untuk mencari pegawai yang telaten dapat bekerja dengan cepat dan jujur, selalu memberikan yang terbaik, dan yang memiliki kepedulian tinggi pada perusahaan.

Demikian 10 kesalahan fatal pengusaha pemula yang bisa saya bahas. Semoga artikel ini dapat membantu kamu para pengusaha yang masih baru dalam menghadapi rintangan bisnis. Salam Sukses.