Saat ini internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat. Bahkan bisnis juga dilakukan melalui internet. Salah satunya adalah bisnis e-commerce yang sedang naik daun. Apa saja sih strategi pemasaran bisnis melalui internet marketing? Yuk, kita simak artikelnya sebagai berikut.

Website Marketing

Teknologi yang semakin canggih juga memberi dampak yang lumayan pesat terhadap perkembangan bisnis. Saat ini para pebisnis tidak hanya menggunakan sistem berjualan dengan cara door to door atau telepon tetapi sudah menggunakan internet (Internet Marketing). Dengan memanfaatkan fasilitas internet, para pebisnis bisa membuat website profile perusahaan serta menawarkan produk-produk diwebsite. DiIndonesia sendiri saat ini sudah ada transaksi jual beli secara online melalui website. Hal ini pula yang menjadi pemicu utama suksesnya e-commerce. Sebagian konsumen lebih suka berbelanja online melalui website dikarenakan mereka bisa melihat gambar barang serta harganya tanpa harus datang ke toko terdekat yang mungkin jaraknya lumayan jauh. Dengan membeli secara online melalui website juga lebih efisien karena tidak banyak memakan waktu lama, cukup sekali klik maka barang akan langsung diantar ke tempat konsumen. Untuk menarik perhatian calon konsumen, para pebisnis harus mengelola websitenya dengan memberikan design yang menarik dan bagus yang membuat konsumen bisa nyaman berbelanja melalui website kita, menjelaskan secara detail mengenai informasi akan produk yang dijual, stock barang dan harga juga harus selalu diupdate dan untuk lebih meningkatkan pengunjung diwebsite kita harus menggunakan trik-trik marketing dengan cara memberi diskon kepada calon konsumen dan sering membagi voucher belanja gratis melalui jejaring sosial agar website kita lebih banyak dikunjungi dan dikenal oleh banyak orang.

E-mail Marketing

Selain melalui website, kita juga dapat melakukan promosi melalui e-mail marketing dengan cara menyebarkan e-mail secara massal atau personal yang berisi penawaran produk secara terperinci disertai dengan nomor kontak perusahaan sehingga jika ada yang tertarik maka bisa langsung menghubungi kita. Walaupun peluang yang didapatkan lumayan kecil namun tidak ada salahnya jika kita mencoba.

Manfaat adanya pemasaran melalui internet antara lain sebagai berikut :

  1. Pemasaran melalui internet tidak terbatas oleh waktu, tidak seperti bisnis offline lainnya. Layanan pemasaran bisnis melalui internet bisa diakses konsumen selama 24 jam karena internet memiliki sistem otomatis yang dapat memberikan respon dengan cepat bila ada pesanan maupun permintaan dari para konsumen sehingga permintaan produk dari konsumen dapat Anda layani kapan saja dan dimana saja selama ada jaringan internet.
  2. Pemasaran melalui internet juga menjangkau pasar lebih luas. Melalui bisnis internet, Anda dapat menginformasikan produk Anda hingga ke seluruh daerah di nusantara, bahkan menjangkau pasar luar negeri.
  3. Dengan memakai strategi pemasaran melalui internet. Dapat meningkatkan image perusahaan Anda dimata para konsumen, sehingga memberikan nilai lebih bagi bisnis Anda untuk menghadapi persaingan bisnis yang ada.
  4. Mengurangi biaya pemasaran, karena pemasaran melalui internet lebih tertarget dan biayanya relatif lebih rendah dibandingkan biaya pemasaran offline yang biayanya lebih besar untuk membuat brosur, spanduk, banner dll.
  5. Memudahkan pelaku usaha untuk menjalin hubungan dengan para konsumen. Karena melalui internet dapat terjalin komunikasi yang interaktif antara konsumen dengan pelaku bisnis, misalnya saja melalui email marketing, kotak saran atau ruang comment, serta forum diskusi antar konsumen sehingga bila komunikasi terjaga dengan baik, loyalitas konsumen terhadap bisnis Anda juga dapat meningkat.

 

Sampai saat ini, pemasaran bisnis melalui internet sangat membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan produk mereka. Mudahnya memasarkan produk melalui online, serta banyaknya manfaat yang diberikan internet marketing menjadi solusi tepat bagi Anda yang memiliki problem pemasaran produk. Yuk mari segera coba dan terapkan strategi bisnis internet marketing ini.

Sumber : bisnis ukm.