Mengurus sistem pembelian dengan sistem manual pasti meribetkan kita. Apalagi jika kita hanya mencatat melalui buku. Tetapi lain halnya jika kita sudah menggunakan software akuntansi.

Dengan software akuntansi, kita hanya perlu melakukan input data ke dalam program.

Diartikel kali ini, saya akan membahas mengenai sistem pembelian melalui software akuntansi. Yuk kita simak infonya dibawah ini.

 1

 

Gambar diatas merupakan fitur dari sistem pembelian pada software akuntansi dari MAS Software.

Fitur sistem pembelian pada umumnya dimulai dari Purchase Order, Terima Barang, Faktur Pembelian dan Pelunasan Hutang.

  • Purchase Order (pesanan pembelian) adalah bentuk yang dipergunakan oleh bagian purchasing untuk memesan barang atau barang dagangan. Biasanya dipersiapkan beberapa lembar tembusan, dengan berbagai warna kertasnya. Yang asli diberikan kepada pemasok. Pesanan pembelian ini merupakan otorisasi mengirimkan barang dagangan dan untuk menyampaikan tagihan berdasarkan harga-harga yang terdaftar. Tembusan karbon dari pesanan pembelian biasanya diedarkan ke bagian pembelian, bagian akuntansi, bagian penerimaan  dan bagian keuangan.
  • Terima Barang disini dijelaskan sebagai fitur bukti terima barang dari supplier.
  • Faktur Pembelian adalah bukti transaksi pembelian barang secara kredit. Faktur pembelian diterima dari pihak penjual.
  • Pelunasan Hutang adalah pembayaran hutang ke pihak penjual atau supplier.

Purchase Order

Dengan fitur Purchase Order ini, kita dapat menginput data – data pembelian ke supplier. Dalam menu Purchase Order, kita dapat mengisi Form Purchase Order, Purchase Order Item serta rincian transaksinya. Untuk lebih lengkapnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini,

2

3

Kita juga bisa melakukan pencetakan. Form pencetakan terlihat seperti gambar dibawah ini

4

Terima Barang

Dalam menu Terima Barang terdapat fitur form bukti penerimaan barang, proof of receipt Item dan account journal details seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini,

5

7

Faktur Pembelian

Dalam menu Faktur Pembelian ditawarkan fitur form pembelian melalui BPB, purchase bill items dan account journal details. Menu lebih lengkap terlihat pada gambar dibawah ini. 

9

10

Pelunasan Hutang

Dalam menu Pelunasan Hutang terdapat fitur create pembayaran hutang, cash transaction item, detail pelunasan faktur, dan account journal details.

12

13

 

Perlu diketahui bahwa account journal detail adalah jurnal otomatis untuk memposting setiap transaksi ke dalam laporan keuangan. Kita juga bisa menginput jurnal secara manual. Account journal detail seperti yang disebutkan diatas terlihat pada gambar dibawah ini. 

14

Gimana? Apakah Kamu tertarik menggunakan software akuntansi untuk mengurus sistem pembelian Kamu?

Jangan salah memilih software akuntansi. Pilihlah software akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan Kamu.