Peran Penting Database Pelanggan Bagi Bisnis Anda

Semakin banyak pelanggan Kamu semakin tinggi bisnis Kamu, tingkat kesuksesan dan keberhasilan bisnis Kamu bisa saja di nilai dari berapa banyak pelanggan aktif Kamu yang ada. Lalu jika pelanggan Kamu sudah banyak, bagaimana cara Kamu mengelola database pelanggan tersebut?

Jadi, Apa Peran Penting Database Pelanggan?

Database pelanggan pun juga memiliki makna dan peran penting dalam bisnis Kamu, Kamu akan lebih mudah follow up pelanggan lama Kamu yang sudah tidak ada kabarnya, Kamu juga dapat dengan mudah menawarkan pelanggan pelanggan lama Kamu dengan produk baru Kamu. oleh karena itu penting adanya database pelanggan bagi bisnis Kamu.

Apa informasi yang harus dibutuhkan untuk membuat suatu database pelanggan? Minimal Kamu harus mengetahui nama dan nomor yang dapat dihubungi, dengan adanya no telepon dan nama pelanggan Kamu dapat menelpon langsung atau sms untuk follow up nama email, alamat, tanggal lahir, jenis kelamin dan lain lain. Ada beberapa cara alternative yang bisa kamu praktekkan untuk mendapatkan database pelanggan, berikut diantaranya

PAMERAN

Pameran merupakan salah satu hal yang sering di gunakan setiap pengusahan untuk mempromosikan produk produknya, nah pada saat pameran berlangsung biasanya pengunjung diminta untuk menuliskan buku tamu dari situlah Kamu dapat menjaring data pelanggan yang dating untuk dijadikan database pelanggan Kamu.

MEDIA SOSIAL

Media social bukan menjadi trend lagi tetapi sudah menjadi kebiasaan atau kebutuhan setiap orang, buatlah suatu kuis atau event di media social bisnismu, dari sana mintalah nama dan nomor telepon dari setiap partisipan.

SEMINAR

Kamu suka ikut seminar? Bawalah kartu nama Kamu dan pada saat sesi sebelum atau selesai seminar biasakanlah untuk menukar kartu nama Kamu dengan orang lain, dari relasi tersebut akan menambah relasi prosepek Kamu. dan data tersebut dapat dibuat menjadi suatu data pelanggan.

Keberhasilan persaingan bisnis kamu di masa depan tergantung dari bagaiamana cara kamu mengelola data customer Kamu. dengan pengolahan data yang baik dan terstruktur Kamu akan membuat banyak peluang untuk meningkatkan kedekatan Kamu dengan pelanggan.

Berikut info yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat & salam sukses!