Memulai Usaha Sendiri

Pernahkah Kamu berpikir untuk memulai usaha sendiri dalam hidup Kamu?

Ada banyak aneka peluang usaha yang dapat Kamu jalankan, seperti franchise, rumah makan, menjual program kantor misalnya menjual software seperti software akuntansi lalu bisnis property misalnya menjual apartemen,rumah dan lain sebagainya.  

Namun, bagi sebagian orang mungkin ada yang merasa takut jika harus berbisnis sendiri karena takut tidak ada pelanggan, takut mengalami kerugian , takut usaha yang dijalankan tidak dapat berjalan dengan lancar maupun takut akan kompetisi bisnis.

Beberapa orang tidak sanggup meninggalkan pekerjaan mereka sebagai karyawan karena sudah nyaman dengan pendapatan yang diterima setiap bulannya. Mereka tidak berani mengambil resiko jika mengalami kegagalan.

Jika itu adalah hal-hal yang Kamu rasakan, maka mulai dari sekarang Kamu harus mengubah pola berpikir Kamu. Bukalah jendela pikiran Kamu. Pernahkah Kamu mendengar “Thinking out of the box” ? Cobalah untuk berpikir sesuatu di luar batasan masalah yang ada. Jika orang lain bisa sukses dalam berbisnis, kenapa kita tidak bisa?

Kuatkan Mental

Dalam memulai sebuah usaha, tentunya Kamu akan mengalami jatuh bangun dalam berbisnis. Tidak semua bisnis dapat berjalan lancar. Semua bisnis pasti ada lika-likunya. Jika Kamu mengalami keterpurukan, mendapat hinaan karena usaha yang dijalankan maka kuatkanlah mental Kamu. Semua yang dijalankan pasti ada prosesnya. Justru, Kamu harus belajar dari kesalahan – kesalahan yang Kamu alami karena kesalahan – kesalahan dalam berbisnislah yang akan membuat usaha Kamu berkembang lebih baik dan membuat Kamu tahu dimana kekurangan dan kelebihannya.

Berani Mengambil Resiko

Jika Kamu sudah memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha. Tentunya, Kamu harus bisa perkirakan resiko apa saja yang mungkin terjadi nantinya. Kamu harus mempersiapkan diri sejak dini jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Kamu harus berani mengambil resiko apapun yang terjadi. Jangan pernah takut akan resiko yang ada, hadapi saja karena semua pasti ada solusinya.

Sikap Pantang Menyerah

Jangan pernah menyerah ditengah jalan jika suatu saat Kamu dihadapkan dengan masalah yang berat dan jangan pernah menghindari masalah yang ada. Hadapi semua permasalahan karena jika Kamu menghindar, maka nantinya Kamu akan mengalami masalah lain yang sama namun bahkan lebih berat lagi.

Pantang menyerah dan mampu bangkit dari keterpurukan adalah bagian dari kekuatan seorang pengusaha untuk bisa bersaing dan terus membuat bisnisnya merajai pasar yang ada.

Tangkap peluang bisnis yang ada

Pernahkah Kamu mendengar “manfaatkan kesempatan dalam kesempitan“. Jika ada peluang untuk berbisnis maka tidak ada salahnya kita memanfaatkan kesempatan tersebut dalam kesempitan yang ada.  Jika Kamu mempunyai sebuah ide dan ingin mencoba berbisnis dengan ide yang Kamu punya, maka jangan menunggu terlalu lama sebelum nantinya orang lain merebut ide tersebut dari Kamu.

Tentunya, Kamu tahu bahwa kesempatan tidak datang dua kali. Jangan sampai Kamu menyesal nantinya.

Tidak perlu takut untuk berbisnis. Mari mencoba apa yang ingin Kamu lakukan karena Kamu tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya jika Kamu tidak mencoba.  

Jangan pernah takut untuk berbisnis. Kalau Kamu ingin sukses, maka kalahkan ketakutanmu itu. Tidak ada yang tidak mungkin. Tidak ada yang mustahil didunia ini. Semua pasti ada jalan keluarnya, hanya saja kita harus melalui sebuah proses yang mungkin cukup panjang. Hadapi semua rintangan. Jika Kamu gagal, coba terus, lagi dan lagi. Jangan menyerah.

Sukses selalu buat Kamu.