Hai diartikel kali ini, saya akan membahas mengenai tips jitu menghemat jutaan rupiah. Yuk simak terlebih dahulu artikel dibawah ini. 

Lakukan Evaluasi Terhadap Pengelolaan Keuangan Selama Ini

Ini adalah langkah pertama yang wajib Kamu lakukan. Mulai sekarang, buat anggaran bulanan per bulan dan catat setiap pengeluaran Kamu. Dengan demikian, Kamu membiasakan diri untuk melakukan prioritas dalam pengeluaran uang tiap bulannya.

Terapkan Gaya Hidup Hemat

Beranikan diri untuk mengurangi kebiasaan menghamburkan uang setiap minggu seperti jajan atau makan di restoran, menonton bioskop atau perawatan di salon. Biasakan juga mengurangi penggunaan listrik berlebihan di rumah.

Lunasi Kartu Kredit Kamu

Punya kartu kredit memang enak karena tidak perlu bawa uang tunai dalam jumlah banyak dan banyak promo yang ditawarkan kartu kredit. Pastikan Kamu membayar lunas tagihan kartu kredit tiap bulannya. Menunggak pembayaran bulanan hanya akan menambah besar utang Kamu.

Menabung Dengan Cerdas

Saat menerima gaji, langsung sisihkan sejumlah dana tetap setiap bulannya untuk masuk rekening tabungan. Tetapkan pula tujuan menabung untuk sesuatu yang Kamu sangat idam-idamkan. Misalnya, untuk berlibur ke luar kota bersama keluarga atau untuk membeli motor baru. Ini membantu Kamu agar tidak tergoda mengambil uang di rekening sebelum berhasil mewujudkan impian Kamu.

Minimal 10%

Besar dana yang ditabung setiap bulannya adalah minimal 10% dari pendapatan Kamu. Kalau Kamu mau lebih, itu malah lebih bagus lagi. Jika pendapatan Kamu meningkat dikemudian hari, naikkan pula jumlah uang yang ditabung.

Cicilan Maksimal 30%

Berhutang boleh-boleh saja, asalkan hutang yang kita miliki memiliki tujuan produktif. Misalnya, untuk membeli rumah, mobil atau apartemen dengan kredit dari bank. Agar kita masih bisa hidup nyaman dan kondisi keuangan tetap sehat, pastikan total cicilan yang kita miliki tiap bulannya sebesar 30% dari gaji.

Cerdas Berbelanja

Sebelum berbelanja, biasakan menulis daftar barang yang harus dibeli. Bandingkan harga dan kualitas barang. Jangan membeli barang yang tidak diperlukan. Perhatikan penawaran promo menarik yang disebarluaskan melalui aneka media komunikasi.

Bijak Gunakan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Kurangi belanja dengan kartu kredit. Disiplinkan diri dengan berkomitmen, hanya mengambil uang ke ATM seminggu sekali untuk menutupi kebutuhan selama seminggu.

Jika kita mendapat uang jutaan rupiah pastinya kita akan tergiur untuk membelanjakannya. Namun, Kamu harus dapat mengendalikan diri Kamu. Jangan sampai Kamu menghamburkan uang untuk hal – hal yang tidak penting. Tips-Tips yang disebutkan diatas akan sangat berguna jika Kamu mengatur diri Kamu untuk melakukannya. Walaupun pada awalnya terasa sulit, namun jika Kamu membiasakan diri melakukannya setiap hari maka nantinya Kamu akan terbiasa dengan sendirinya. Selain tips-tips yang disebutkan diatas, jika Kamu ingin mengatur keuangan Kamu, Kamu bisa menggunakan software akuntansi untuk membuat laporan keuangan secara cepat dan Kamu dapat melihat rincian pengeluaran dan pendapatan menggunakan fitur-fitur yang telah tersedia didalam software akuntansi. Software Akuntansi akan membantu Kamu lebih teliti dalam mengelola uang dan tentu dapat membantu Kamu untuk menghemat jutaan rupiah

Yuk, mari segera terapkan tips-tips diatas dalam hidup kita sehari-hari supaya kita dapat juga segera menghemat jutaan rupiah, dan menghindari pemborosan yang tidak diperlukan.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat & salam sukses selalu !