Saat ini, software akuntansi telah menjadi bagian dari kebutuhan perusahaan yang sangat diperlukan demi menunjang bisnis. Bagi Kamu yang belum memakai software akuntansi, diartikel kali ini saya akan menjelaskan kriteria memilih software akuntansi. Yuk, kita simak artikelnya dibawah ini

Memenuhi standar laporan keuangan Indonesia

Program dalam software akuntansi harus menghasilkan laporan keuangan yang memenuhi standar laporan keuangan diIndonesia. Software akuntansi juga seharusnya tersedia dalam bahasa inggris maupun Indonesia mengingat kebutuhan perusahaan yang sifatnya join venture antara pengusaha Indonesia dan pengusaha asing.

Memenuhi kebutuhan transaksi perpajakan terutama PPN dan PPh

Pilih software akuntansi yang tidak hanya mencetak laporan keuangan saja tetapi juga perpajakan seperti menghitung PPN, mencetak faktur pajak, memotong PPh. Hal ini akan sangat membantu staff pajak dalam menerbitkan dokumen atau menyusun laporan pajak.

Pilih Software Akuntansi yang sesuai dengan Bidang Usaha

Setiap perusahaan software akuntansi menawarkan software akuntansi yang bermacam-macam. Pilihlah software akuntansi yang sesuai dengan bidang usaha Anda. Namun, Kamu juga harus bisa memprediksi untuk membeli software akuntansi yang tetap bisa dipakai dimasa depan agar Kamu tidak membeli dua kali nantinya.

After Sales yang Terjamin

Setiap perusahaan software akuntansi menyediakan layanan support untuk setiap customer yang membeli produk software akuntansi yang ditawarkan. Ada yang free atau dikenakan biaya maintenance. Pilihlah perusahaan yang menyediakan after sales yang bagus sehingga kebutuhan Kamu dapat ditangani dengan cepat.

Dikembangkan oleh pengembang terpercaya

Belilah software akuntansi dari perusahaan yang terpercaya, sudah terkenal dan bagus company profilenya. Biasanya perusahaan yang bagus menawarkan software akuntansi yang lebih bagus fiturnya maupun tampilan desainnya serta lebih akurat dan sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan.

User friendly

Dalam memilih software akuntansi pilihlah yang user friendly Semakin user friendly suatu software akuntansi maka user akan semakin nyaman mengoperasikannya. Dengan demikian, diharapkan semoga semakin mudah pula mengimplementasikannya.

Teknologi yang digunakan merupakan teknologi terkini

Pilihlah software akuntansi yang menggunakan bahasa pemrograman yang terkenal alias tidak jadul. Software akuntansi yang dijual juga harus up to date serta tidak ketinggalan zaman sehingga user dapat dengan mudah mengoperasikannya. Dengan menggunakan teknologi terkini, setidaknya software tersebut akan dapat dipakai minimal lima tahun kedepan atau bahkan lebih.

Mudah Customize

Pilihlah perusahaan software akuntansi yang menawarkan software akuntansi yang bisa direquest untuk customise. Kebutuhan tiap perusahaan berbeda-beda, pasti ada salah satu perusahaan software akuntansi yang mau menerima permintaan customise dari konsumennya.

Perlu Kamu ketahui bahwa membeli software akuntansi tetap menguntungkan sampai 5 bahkan 10 tahun kedepan, karena biaya untuk software akuntansi hanya terjadi sekali saja, pada saat pembelian pertama. Jika hal ini menguntungkan demi kelangsungan bisnis Kamu, kenapa Kamu tidak mencoba membeli software akuntansi yang bisa Kamu pakai agar memudahkan pekerjaan Kamu maupun karyawan Kamu. Bahkan kerjaan akan lebih efisien, apalagi jika Kamu memiliki banyak kantor cabang dengan ratusan karyawan. Software akuntansi akan menjadi pilihan yang tepat bagi kebutuhan bisnis Kamu.

Sekarang Kamu sudah mengetahui bagaimana cara memilih software akuntansi yang berkualitas. Semoga artikel ini dapat berguna bagi Kamu,