5 Tips Menjadi Master Dalam Sebuah Bidang

Jika kalian pernah mendengar seminar yang dibawakan oleh seorang motivator di Indonesia Bong Chandra, diseminarnya selalu dikatakan untuk selalu menjadi master dalam satu bidang.

Apabila kita mengerjakan hal yang sama selama satu tahun maka kita akan terbiasa, apabila kita mengerjakan hal yang sama selama dua tahun maka kita akan menjadi seorang yang ahli, apabila kita mengerjakan hal yang sama selama tiga tahun maka kita akan menjadi seorang pakar dan apabila kita mengerjakan hal yang sama selama lebih dari lima tahun maka kita akan menjadi seorang master.

Saya akan membagi tips untuk menjadi seorang master dalam suatu bidang.

Tips Pertama Untuk Menjadi Master, Temukan Passion!

Temukanlah passion yang ada dalam diri kita. Jika kita sudah memiliki passion maka kita akan terlarut untuk mengerjakan apa yang sangat kita sukai tanpa peduli waktu dan segala rintangan maupun hambatan yang ada. Kalau kita sudah suka mengerjakan suatu hal maka tidak peduli seberapa sulitnya hal yang dikerjakan, seberapa beratnya hal tersebut, kita tidak akan pernah menyerah begitu saja. Percayalah, jika kalian sudah menemukan passion kalian, kalian pasti akan mengalami hal ini.

Tips Selanjutnya, Tidak menyerah!

Ketika kalian mendapatkan sebuah panggilan untuk melakukan sesuatu maka kerjakanlah. Seorang yang sudah menjadi seorang master, mereka tidak pernah menyerah dan terus mencoba. Tidak peduli apa perkataan orang lain yang penting terus mencoba sampai mencapai titik menuju pintu kesuksesan.

Jangan Pernah Meremehkan Hal-Hal Kecil!

Jika ingin menjadi seorang master dalam suatu bidang maka kita perlu mengerjakan sesuatu secara sungguh-sungguh dan tidak meremehkan hal-hal kecil. Karena bisa saja hal kecil tersebut merupakan kunci penting yang bisa membuat kalian menuju kemenangan.

Jangan Lupa, Latihan Tanpa Henti!

Pernahkah kalian mendengar istilah practice makes perfect? seperti yang sudah saya katakan diatas bahwa untuk menjadi seorang master dalam satu bidang diperlukan kurun waktu lebih dari 5 tahun yang mana berarti kita melakukan latihan yang sama berulang-ulang hingga bisa menjadi seorang master. Dalam hal ini, kita dilatih untuk terus melatih diri kita selama bertahun-tahun.

Jika kalian benar-benar menyukai suatu bidang maka yakinlah kalian tidak akan pernah merasa lelah, misalnya ketika kalian suka bernyanyi, maka seberapa lama kalian bernyanyi, kalian tidak akan pernah merasa lelah, bahkan kalian sendiri mungkin tidak akan sadar akan waktu karena saking terlarut dengan apa yang disukai.

Selalu Terbuka Untuk Terima Kritik dan Saran!

Menjadi seorang master pasti membutuhkan pelatihan berulang-ulang. Dalam melatih diri, juga diperlukan saran dan kritik yang membangun dari orang lain. Seseorang itu tidak bisa menilai dirinya sendiri, kita perlu menerima kenyataan akan diri kita maka dari itu kita perlu meminta orang-orang terdekat untuk menilai kita berdasarkan sudut pandang mereka.

Justru dari kritik dan saran yang diberikan oleh orang lainlah, kita bisa mengetahui dimana letak kesalahan dan kekurangan kita dengan begitu maka kita bisa belajar dari kesalahan tersebut dan memperbaiki serta mengembangkan diri kita agar lebih baik lagi.

Dalam hidup ini, semua orang pasti bisa menjadi master dalam suatu bidang jika mereka tidak berhenti untuk mencoba dan tidak menyerah.

Lihatlah, ada begitu banyak profesi didunia ini, kita bisa menjadi seorang akuntan seperti auditor dibidang akuntansi, kita juga bisa menjadi seorang programmer seperti programmer software akuntansi dibidang teknologi informasi dan lain sebagainya.  Jika Anda mencintai apa yang dikerjakan saat ini maka percayalah maka Anda akan bisa menjadi Master suatu hari kelak!

Salam sukses!