Jangan Bingung! Ganti Software Laporan Keuangan Biasa dengan ERP

Selama ini, ‘bingung’ telah menjadi kata yang sangat familiar bagi Anda dan para pemilik perusahaan berkembang lainnya sebelum mengenal software laporan keuangan yang tepat: ‘Kebingungan’ ketika sampai saatnya untuk menutup buku di akhir bulan.

Bisnis yang di jalani tiba-tiba menjadi ‘membingungkan’ ketika volume order melewati batas maksimal, akhirnya bisnis Anda tidak bisa keep-up dan banyak customer yang kecewa. Selalu ‘bingung’ ketika audit stok barang di gudang, bingung menghitung 1,2,3….9…

“Duh, tadi sampai mana ya?”

Bagaimana supaya semuanya menjadi mudah?

Anda turuti Google yang menyarankan-mu untuk memakai software laporan keuangan.

Muncul sederetan nama perusahaan yang menawarkan software laporan keuangan dengan segala macam fitur hebat yang diberikan oleh software mereka. “Software laporan keuangan terbaik negri” lalu “ Daftar 10 software laporan keuangan yang sedang trend.” Dan masih juga kamu ‘bingung’ memilih software laporan keuangan yang paling tepat, yang dapat mengikuti business flow  perusahaan Anda.

Setelah melalui berbagai riset dan banyak perbandingan, Anda masih saja ‘bingung’ dan tidak dapat menemukan software laporan keuangan yang dapat menyesuaikan bisnis perusahaan Anda dan akhirnya Anda mencoba untuk memakai banyak software laporan keuangan untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis:

  • software laporan keuangan A untuk memudahkan staff akuntan-mu mengatur piutang dan hutang
  • Software laporan keuangan B untuk Sales memasukkan pesanan customer
  • Software laporan keuangan C untuk karyawan melacak shipping dan receiving
  • Software laporan keuangan D …
  • Software laporan keuangan E …
  • Software laporan keuangan F …
  • Software laporan keuangan Z …

Sekarang Anda ‘BINGUNG’ juga karena terlalu banyak menggunakan software laporan keuangan untuk mengatur proses bisnis yang berbeda-beda. Bukannya mendapatkan data yang akurat, tapi Anda malah semakin kebingungan dan kerepotan karena sumber data nya berbeda-beda dan memang semua itu belum tentu dapat memenuhi kebutuhan bisnis-mu yang terus berkembang.

Jangan bingung! Sudah seharusnya Anda terlebih dahulu mengetahui kebutuhan sistem perusahaan yang sedang berkembang agar Anda tahu bahwa sudah saatnya Andamove-on dari software laporan keuangan biasa ke software Enterprise Resource Planning (ERP) yang dapat menjadi solusi dari ‘kebingungan’-mu, karena software ERP dapat mengintegrasikan semua fungsi bisnis yang tadinya harus dikerjakan secara parsial oleh software laporan keuangan A, B, C, D dirangkum dalam satu sumber database secara akurat dan real-time.

Berikut beberapa tanda bahwa perusahaann Anda lebih membutuhkan software ERP daripada software laporan keuangan biasa:

Karyawan menjadi kesulitan dalam bekerja

Anda membutuhkan Software yang berbeda-beda untuk fungsi bisnis yang berbeda-beda juga

Ketika berbagai fungsi bisnis end-to-end di kerjakan oleh karyawan menggunakan software yang berbeda, itu dapat mendatangkan malapetaka dalam proses bisnis yang seharusnya berjalan mulus. Tanpa data yang akurat semua akan menjadi kacau, begitu pula dengan tidak adanya data yang update dari akuntan akan mencacatkan semua, mulai dari marketing hingga ke payroll.

Software ERP dapat mengintegrasikan semua data ini kedalam satu database secara akurat dan real-time, dan ini akan sangat menghemat waktu dan efisiensi kerja karyawan Anda, kamu bisa fokus untuk mengembangkan bisnis Anda lebih cepat!

Bos yang kebingungan

Kamu tidak memiliki akses yang mudah untuk mengetahui informasi tentang perusahaan-mu sendiri

Bayangkan ketika dalam suatu reuni bersama rekan bisnis Anda, Anda ditanyakan berbagai macam hal yang berhubungan dengan skala kesuksesan perusahaan seperti rata-rata sales margin, dapatkah Anda menjawabnya dengan mudah?

Bagaimana jika ditanyakan  berapa order keseluruhan per hari, penjualan dan skala-skala lainnya? Apa saat itu Anda harus menelpon staff yang memegang software yang berbeda?

Dengan software ERP, eksekutif perusahaan dapat mengetahui semua operasional bisnis secara holistik, dan para staff dapat lebih mudah mengerjakan pekerjaan mereka karena semua informasi berasal dari satu sumber.

Software ERP untuk Analisa Perencanaan

Jika perusahaan Anda sudah menggunakan software ERP, sudah seharusnya sales executive dapat mengetahui semua transaksi customer secara lengkap dan tidak harus melihat data nya secara terpisah-pisah.

Business-woman yang frustasi

Anda menggunakan software laporan keuangan yang berbeda-beda dan software warisan perusahaan yang ketinggalan jaman.

Anda mencampur-adukkan kinerja software on-premise dengan software bisnis yang ketinggalan jaman, warisan dari masa kepemimpinan orang-tua.

Terpikir untuk meng-upgrade nya, dengan bantuan tim IT yang Anda miliki, tapi ini akan menyulitkan mereka. Tidak hanya itu, upgrade sistem juga akan memakan waktu yang sangat-sangat lama.

Daripada meng-upgrade sistem yang sudah jelas sangat tidak efektif dan merugikan, sudah saatnya Anda menggunakan software ERP yang teknologinya dapat langsung dianalisa ketika sebuah perusahaan membutuhkan perubahan besar dalam proses bisnis.

Anda dapat memodifikasi software MASERP sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan oleh karena itu menggunakan software ERP seperti MASERP adalah sebuah keputusan yang sangat cerdas bagi setiap pemilik perusahaan yang terus berkembang.

Tidak perlu berganti software laporan keuangan yang akan selalu membuat ‘bingung’ di akhir bulan dan di akhir tahun lagi, karena semua data yang ingin Anda ketahui sekarang didapatkan dari sumber data yang sama.

Display Dashboard Software MASERP

Anda sekarang sudah membutuhkan lebih dari sekedar laporan keuangan, Anda membutuhkan sebuah software yang ter-integrasi dan dapat merekam semua proses bisnis secara end-to-end.

Berinvestasi software ERP yang tepat adalah jawabannya agar bisnis Anda berkembang. Klik disini untuk mengenal lebih dalam tentang software ERP yang dapat mewujudkan impian perusahaan-mu.

By |2019-04-08T13:38:44+07:00March 19th, 2019|Software|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment