fbpx

6 Cara Mengatur Keuangan Bisnis Anda

Dalam mengelola keuangan bisnis, tentu ada proses jatuh bangunnya karena hidup ini seperti roda yang berputar, terkadang kita berada diatas maupun dibawah.

Kamu tidak harus menyerah jika bisnis yang dijalankan mengalami kegagalan. Justru dari kegagalan tersebutlah Kamu harus belajar bagaimana caranya untuk lebih berkembang sehingga tidak mengalami kegagalan yang kedua kalinya.

Hal utama dalam menjalankan sebuah bisnis adalah modal. Jika kita tidak mempunyai modal yang cukup, bagaimana kita bisa menjalankan bisnis. Kamu juga harus belajar bagaimana caranya memutar balikkan modal agar tidak mengalami kerugian.

6 Cara Mengatur Keuangan Bisnis Anda

 

Dapat Menahan Diri

Jika mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan pastinya Kamu akan tergiur untuk memakainya. Namun Kamu harus ingat, keuntungan yang didapatkan sebaiknya dipergunakan dengan sebaik mungkin. Jika Kamu membuka usaha menjual mainan, maka keuntungan yang didapatkan dapat Kamu pakai untuk membeli mainan yang lain untuk dijual. Kalaupun Kamu ingin memakainya untuk bersenang-senang, setidaknya tidak perlu berlebihan hingga menghabiskan semua hasil keuntungan yang didapatkan.

Melakukan Prediksi

Sebagai seorang pebisnis, Kamu harus bisa memprediksi apa yang akan terjadi ke depannya. Jika Kamu merasa bisnis yang dijalankan tidak mengalami keuntungan yang banyak tetapi lebih sering mengalami kerugian, tentunya Kamu harus segera menutup bisnis Kamu dan segera mencari peluang bisnis yang lain. Dalam hal ini, Kamu juga harus bisa melihat situasi dan kondisi karena jika Kamu mempunyai karyawan, Kamu juga harus memikirkan apa yang akan terjadi dengan mereka.

Kamu harus bisa mengatur keuangan Kamu antara keuntungan dari bisnis dan gaji karyawan.

Buat Laporan Keuangan Secara Rutin

Untung melihat untung ruginya bisnis yang dijalankan, pastinya Kamu harus membuat laporan keuangan terlebih dahulu mengenai pemasukan yang diterima maupun pengeluaran.

Hal ini sangat penting bagi seorang pebisnis. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan laporan keuangan yang akurat. Mungkin Kamu bisa mempekerjakan seorang akuntan yang ahli dibidangnya atau membeli software akuntansi yang menyediakan banyak fitur yang bisa digunakan untuk membuat laporan keuangan dengan cepat dan hasil yang lebih bagus dibandingkan dengan membuatnya secara manual.

Investasi

Jika Kamu merasa mempunyai uang yang cukup dan ingin mendapatkan keuntungan lebih maka investasi mungkin dapat menjadi salah satu pilihan terbaik yang dapat Kamu pilih.

Banyak jasa-jasa perusahaan yang menawarkan investasi. Kamu dapat berkonsultasi dengan orang yang sesuai dibidang tersebut. Investasi akan mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit, jadi cermatlah dalam menentukan investasi pilihan Kamu.

Menabung

Kamu tentunya harus memiliki tabungan seperti tabungan untuk masa depan, tabungan dihari tua, tabungan pendidikan, asuransi kesehatan dan lain sebagainya. Hasil keuntungan dari bisnis seharusnya Kamu tabung sebagian karena tabungan tersebut akan bermanfaat bagi Kamu sendiri nantinya jika Kamu memerlukannya secara mendesak suatu hari nanti.

Buat Rencana Pengeluaran

Dalam berbisnis pasti terjadi banyak pengeluaran baik itu mendesak maupun tidak. Sebaiknya Kamu membuat rencana pengeluaran terlebih dahulu sebelum menggunakan uang. Jangan menggunakan uang tanpa direncanakan atau dalam keadaan terdesak karena bisa saja uang yang dipakai itu adalah uang yang akan digunakan untuk keperluan yang lebih penting. Ini juga dikenal dengan istilah Budgeting.

By |2018-08-01T15:55:26+00:00March 10th, 2017|Tips Bisnis|0 Comments

About the Author:

Jeffery Wunady
Jeffery telah mendalami bidang akuntansi dan penerapannya di dalam perusahaan sejak tahun 2010. Dia selalu mendorong perusahaan untuk mengimplementasikan komputerisasi akuntansi untuk membantu kesukseskan mereka.

Leave A Comment